Pendakian Gunung Merbabu 3.142 mdpl via Wekas

loading...
loading...
Pendakian Gunung Merbabu via Wekas. Gunung Merbabu sangat terkenal di kalangan pendaki dan pecinta alam Indonesia. Selain mudah diakses dengan medan yang tidak terlalu berat, pemandangan di sepanjang jalur pendakian sangat indah dan cukup memanjakan mata untuk menikmati sunrise maupun sunset. Gunung api bertipe Strato berketinggian 3.142 mdpl ini bersebelahan dengan Gunung Merapi, kadang pendaki melakukan pendakian ke dua gunung tersebut yang istilah populernya adalah 2M.
pendakian gunung merbabu via wekas
Gunung Merbabu
Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara.

Dari terminal kota Magelang bisa dilanjutkan naik bis kecil yang beroperasi sekitar jam 9'an menuju Wekas, jika hari libur maka bis ini tidak ada. Atau bisa menggunakan sewa jasa angkutan kota dengan tarif Rp200.000/mobil (negoisasi), akan langsung diantar ke depan pos pendakian via Wekas.
Ada beberapa jalur pendakian gunung Merbabu yang bisa dilalui untuk mendaki ke gunung Merbabu :
  1. Jalur Kopeng Tekelan
  2. Jalur Wekas
  3. Jalur Kopeng Cunthel
  4. Jalur Selo
  5. Jalur Suwanting
Jalur pendakian gunung Merbabu via Wekas merupakan jalur terpendek dan terdapat banyak sekali sumber air sehingga jarang pendaki menjumpai trek datar yang membentang. Wekas merupakan desa terakhir menuju puncak. Dari terminal Magelang bisa naik bus atau angkutan kota yang bisa mengantar langsung ke basecamp

Basecamp - Pos 1

Dari basecamp menuju pos 1 Gunung Merbabu akan melalui jalur makadam menanjak melewati rumah warga dan ladang penduduk. Di setengah perjalanan sebelum masuk ke hutan, pendaki akan menjumpai sebuah makam yang dipercaya sebagai makam seseorang yang menemukan kampung tersebut. Kemudian trek mulai berupa tanah padat akan terus menanjak hingga ke pos 1.

Pos 1 - Pos 2

Selepas pos 1 menuju pos 2 jalur masih terus menanjak dengan trek yang sama. Di sepanjang jalur pendakian terdapat pipa-pipa air. Pos 2 merupakan tempat terbuka dan datar yang mampu menampung puluhan tenda dan disini tempat yang strategis untuk mendirikan tenda jika tidak ingin melanjutkan perjalanan ke pos 3.
pos 2
Pemandangan di Sekitar Pos 2

Pos 2 - Pos 3

Jalur selepas pos 2 berupa bebatuan bercampur tanah menanjak berkelok-kelok hingga akhirnya sampai di pos persimpangan pemancar yang biasanya disebut pos 3, bisa juga disebut titik pertemuan dari jalur Thekelan dan Cunthel. Di sekitar bibir kawah ini ada beberapa lokasi datar yang bisa digunakan untuk camp.
pos 3
Pemandangan Pertemuan Jalur Tekelan dan Cunthel

Pos 3 - Puncak Gunung Merbabu

Jalur pendakian Gunung Merbabu mulai terbuka hingga bertemu dengan persimpangan jalur Kopeng yang berada di atas pos V (Watu tulis). Dari persimpangan menuju pos Helipad membutuhkan waktu 15 menit.
pendakian gunung merbabu via wekas
Trek menuju Puncak Merbabu
Pendakian ke puncak Gunung Merbabu dilanjutkan dengan melewati pungungan trek terbuka dengan pemandangan lembah yang indah. Setelah sampai di persimpangan, bisa memilih jika ke kanan menuju Puncak Kenteng Songo dan jika ke kiri menuju Puncak Syarif.

Menuju ke puncak Kenteng Songo, trek cukup terjal. Akan bertemu persimpangan lagi, jika ke kiri (ke bawah) jalur lebih landai,jika ke kanan, jalur cukup menanjak karena melewati punggungan ondorante. Jalur ini cukup ekstrim san sangat menarik karena akan disuguhi sensasi melipir tebing yang disebut juga jembatan setan. Melipir tebing ini hampir mirip dengan melipir tebing puncak 17 Gunung Raung yang dikenal sebagai gunung dengan trek terekstrim di Jawa.
ondorante
Jembatan Setan
puncak kenteng songo
Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu
gunung merapi
Gunung Merapi dari Puncak Kenteng Songo
puncak syarif
Puncak Syarif Gunung Merbabu
Di puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu akan tampak jelas Gunung Merapi yang gagah menantang. Di arah barat tampak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang selalu menemani di sepanjang jalur pendakian via Wekas. Sementara di kejauhan ke arah timur tampak Gunung Lawu dengan puncaknya yang memanjang. Dari puncak, pendaki bisa memilih jalur jika ingin turun melalui jalur lain.

Tips Pendakian Gunung Merbabu via Wekas :
  1. Merupakan jalur pendakian Gunung Merbabu yang pendek, siapkan fisik dan tenaga untuk trek yang full menanjak.
  2. Dari basecamp hingga Pos 2 ada pipa-pipa air. Jangan melubangi pipa-pipa air tanpa menutupnya kembali karena air untuk kebutuhan penduduk di kaki gunung.
  3. Pos 2 adalah tempat camp yang strategis karena ada sumber air, tempat yang luas dengan bonus landscape tebing yang menarik.
  4. Waspadalah dengan banyaknya kera abu-abu di sekitar Pos 2. Meski strategis untuk camp, tidak menutup kemungkinan kera-kera bisa mengganggu dengan mencuri logistik.
  5. Camp di area tower maupun area terbuka di sepanjang bibir kawah juga merupakan tempat yang cocok, tapi tidak terlindung dari angin kencang. Jadi kondisikan cuaca.
  6. Gunakan tali jika tidak yakin atau ragu melintasi jembatan setan.

Itinerary Pendakian Gunung Merbabu via Wekas:
Basecamp - Pos 1 : 1,5 jam
Pos 1 - Pos 2 : 2 jam
Pos 2 - Pos 3 (bibir kawah) : 2 jam
loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Pendakian Gunung Merbabu 3.142 mdpl via Wekas"