Pendakian Gunung Sumbing 3.371 mdpl via Garung Jalur Lama

Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama. Gunung Sumbing merupakan gunung api dengan tinggi 3.371 mdpl yang terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah yaitu kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro bersandingan dengan Gunung Sumbing dan celah antara gunung tersebut dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan Wonosobo. Selain bersebelahan dengan bentuk gunung yang nyaris sama, trek yang ditawarkan juga tidak jauh beda, serta pemandangan alam yang indah bisa dinikmati sembari saling melihat salah satu dari gunung tersebut dari kejauhan, dan inilah sensasi yang dicari-cari para pendaki.
Gunung Sindoro
Gunung Sumbing
Untuk ke basecamp via Garung bisa menaiki bus tujuan Wonosobo dan berhenti di pos pendakian Garung. Kemudian tinggal berjalan masuk sekitar 1 kilometer. 

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung merupakan jalur pendakian favorit bagi para pendaki karena mudah diakses. Ada beberapa rute pendakian yang lain yaitu :
  1. Jalur Cepit Parakan
  2. Jalur Bogowongso
  3. Jalur Desa Garung
  4. Jalur Kaliangkrik
  5. Jalur Banaran
Pendakian Gunung Sumbing melalui Desa Garung mudah ditempuh dengan transportasi bus kota. Menuju ke basecamp dari jalan utama hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit jalan kaki.

Basecamp - Pos 1

Jalur pendakian Gunung Sumbing dari basecamp hingga ke pos 1 berupa jalan makadam menanjak panjang di tepi perkebunan penduduk yang bisa dilalui motor. Untuk menyingkat waktu bisa menyewa ojek dengan tarif Rp. 25.000. 

Pos 1 – Malim, berupa batas antara perkebunan dan pintu masuk hutan. Ada sebuah warung dengan tempat luas yang menjual makanan ringan dan minuman untuk beristirahat bagi para pendaki.
pos 1
Pos 1 - Malim

Pos 1 - Pos 2

Pendakian dari pos 1 ke pos 2 – Genus,  jalan berupa tanah padat dan sedikit menanjak, hanya ada beberapa dataran sempit untuk melepas lelah. Banyak percabangan untuk menuju ke pos 2 tapi masih tetap 1 jalur. Pos 2 ada di jalur pendakian, tidak terlalu luas dan juga tidak rata, bisa menampung sekitar 3 tenda.
Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
Trek Pendakian Menuju Pos 2
pos 2
Pos 2 - Genus

Pos 2 - Pos 3

Pendakian Gunung Sumbing dari pos 2 ke pos 3 – Seduplak Roto, trek akan semakin menanjak dengan tingkat kecuraman tinggi. Disini pendaki harus berhati-hati terlebih jika musim hujan karena akan sangat licin dan cukup berbahaya. Pendakian ke pos 3 tidak ada trek mendatar. Di Pos 3 bisa mendirikan sekitar 5 buah tenda.


Pos 3 - Pestan

Pos 3 ke Pestan, tidak membutuhkan waktu lama. Pestan merupakan dataran yang cukup luas yang bisa menampung puluhan tenda. Tidak disarankan untuk mendirikan tenda disini karena lokasi tidak ada pepohonan ataupun batu besar sehingga rawan badai, namun Pestan juga tempat camp favorit pendaki.
pestan
Pestan di Bagian Bawah

Pestan - Watu Kotak

Menuju ke puncak Gunung Sumbing, pendakian akan melewati Pasar Watu yang berupa bebatuan besar dengan trek yang terus menanjak di trek selepas Pestan ini. Pemandangan di sepanjang jalur sangat indah jika ditempuh pagi hari. Gunung Sindoro akan selalu nampak jelas di belakang dengan gagahnya.
Jalur sangat jelas dan ada sedikit tanah datar yang bisa digunakan untuk membuat 1 – 2 tenda. Selepas Pasar Watu, akan berlanjut di pos Watu Kotak yang pendakiannya semakin menanjak dengan trek full bebatuan besar dan terjal. Biasanya pendaki mendirikan tenda di pos terakhir ini sebelum summit ke puncak. Namun, lahan untuk mendirikan tenda di Watu Kotak sangat terbatas.
Lereng gunung sumbing
Pemandangan di Lereng Sumbing
pemandangan gunung sumbing
Pemandangan dari Watu Kotak

Watu Kotak - Puncak

Dari Watu Kotak ke Puncak Gunung Sumbing masih didominasi batu-batu besar yang masih menanjak. Sebelum ke puncak buntu, ada pertigaan dimana jika lurus akan ke Puncak Buntu dan bila belok kanan menuju Puncak Kawah dan Puncak Rajawali.

Puncak Kawah lebih tinggi dari Puncak Buntu meskipun bukan puncak tertinggi. Menuju ke Puncak Kawah pendaki harus melipir tebing kecil yang cukup ekstrim. Untuk menuju ke Puncak Rajawali, pendaki harus turun dan kemudian kembali menanjak dengan kemiringan curam.
kawah gunung sumbing
Kawah Gunung Sumbing
kawah gunung sumbing
"Tim Korban" di Puncak Gunung Sumbing
Itinerary pendakian Gunung Sumbing via Garung jalur lama:
Basecamp – Pos 1 : 1 jam
Pos 1 – Pos 2         : 50 menit
Pos 2 – Pos 3         : 1 jam
Pos 3 – Pestan        : 30 menit
Pestan – Pasar Watu : 90 menit
Pasar Watu – Watu Kotak : 2 jam
Watu Kotak – Puncak Buntu – Puncak Kawah : 1 jam.

Baca Juga : 
7 Tips Menghindari Kelelahan Saat Mendaki Gunung
Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Share :

Facebook Twitter Google+

7 Responses to "Pendakian Gunung Sumbing 3.371 mdpl via Garung Jalur Lama"

  1. thanks info Gunung Sumbing 3.371 mdpl via Garung Jalur Lama. Katanya ada jalur baru tapi biasanya sedikit yang lewat jalur baru jadi agak serem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur baru yang mana gan?, banyak jalurnya.. :D

      Delete
  2. Sumbing memang ajibb gan.. Tapi ngangenin...

    Mampir ke catatan pendakian Gn.Sumbing ane juga gan..

    http://www.menggapaiangkasadunia.web.id/2016/03/3371-kembali-menapaki-tanjakan-tiada.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba naik sumbing lewat bowongso...mantap

      Delete
  3. makasih kak, info jalur pendakian gunung sumbing via garungnya sangat membantu kami utk melakukan persiapan pra pendakian :)

    ReplyDelete
  4. Gunung sumbing , pengalaman tak terlupakan,, jika tak mengalami mungkin tak akan percaya,, naik sekitar jam 4, kira2 jam 8 kita sampai tengah2 antara pos2 dan 3,, karena suatu halangan terpaksa turun lagi ke base camp demi keselamatan.. dengan tempuh waktu kurang lebih setengah jam,, jika tak mengalami mungkin tak akan percaya, tp itulah aku alami bersama 2 orang temanku,,

    ReplyDelete
  5. 3371 mdpl semua trbyar tuntas ketika udah brada d puncak

    ReplyDelete

Welcome....!!!