Air Terjun Coban Talun dan Pesona Pelanginya

Air Terjun Coban Talun. Kota Malang memang identik dengan pariwisata. Adanya kawasan pegunungan membuat kota ini memiliki beberapa objek wisata berupa air terjun yang menjadi salah satu destinasi favorit bagi banyak orang, salah satunya adalah air terjun Coban Talun. Pesona pelangi yang indah menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke air terjun (coban) ini.
air terjun coban talun
Air Terjun Coban Talun
Coban Talun adalah salah satu wisata air terjun di malang. Berada di kawasan wisata Bumi Perkemahan Coban Talun yang ada di lereng barat Gunung Arjuna - Welirang. Terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, kota Batu, Malang. Lokasinya kurang lebih 15 km dari kota Malang. 

Rute menuju Coban Talun cukup mudah. Dari Terminal Arjosari Malang naik angkutan menuju Landungsari (ADL/AL) - Di Landungsari naik angkutan te terminal Batu (angkutan warna pink / ungu) - Dari terminal Batu dilanjutkan naik angkutan jurusan Selecta - Coban Talun (angkutan warna orange), setelah itu akan diturunkan di gerbang air terjun Coban Talun. Jika dari Surabaya bisa mengambil jalur Cangar melalui Trawas namun jalannya cukup berbahaya jika malam hari karena tidak ada penerangan serta kondisi jalan yang berliku dengan turunan curam.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun Coban Talun akan disuguhi pemandangan yang indah dengan kanan dan kiri pohon apel yang banyak ditanam oleh warga sekitar yang menggugah selera. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan berbatu namun cukup aman dilewati kendaraan roda empat. Setelah sampai di gerbang lokasi, kendaraan bisa diparkir di berbagai sudut area parkir. Selanjutnya kondisi jalan berganti menjadi jalan setapak.

Dengan tiket masuk Rp 5.000, ada dua tempat yang bisa dikunjungi. Pertama adalah Bendungan yang jaraknya cukup dekat. kedua adalah air terjun yang harus ditempuh dengan jalan kaki melintasi sungai dan hutan pinus yang ternyata merupakan bagian atas dari air terjun coban talun, sekitar 30 menit. Jika ada persimpangan maka beloklah kekiri, air Terjun Coban Talun ada di dasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus turun melewati jalan tanah berkelok-kelok disisi tebing yang cukup curam. Ada anak tangga yang disangga dengan kayu, namun sebagian sudah hilang, jadi pengunjung harus berhati-hati saat menuju ke lokasi. 
bendungan
Bendungan yang Menjadi Sumber Air Terjun
jalur ke air terjun coban talun
Jalan Setapak yang Harus Dilalui

Air terjun Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter kurang lebih 15 meter. Panorama alam di sekitar sangat indah, selain dikelilingi hutan pegunungan yang sejuk, kadang bisa menyaksikan pelangi di setiap sudut air terjun jika cuaca sedang cerah. Selain itu adanya bebatuan besar dan batuan berwarna putih mendominasi isi sungagi menambah keeksotikan air terjun Coban Talun ini. Di dasar air terjun terdapat kolam air dangkal sebagai kolam pelimpahan. Sungguh perpaduan alam yang sangat menawan.

air terjun coban talun
Keindahan Air Terjun Coban Talun
Karena sering digunakan sebagai area camping ground, kawasan wisata air terjun Coban Talun menyediakan fasilitas umum yang berhubungan dengan kegiatan alam seperti kamar mandi, WC, air bersih, persewaan tenda, kayu bakar, lampu minyak, generator dan perlengkapan lain. Ada warung makan yang berjejer rapi di pintu masuk bumi perkemahan, warung cinderamata dan oleh-oleh tanaman hias, buah khas apel Batu dan stroberi.

Tips wisata ke air terjun Coban Talun :
  1. Gunakan sandal anti selip karena jalan yang dilalui saat menuju air terjun cukup curam dan becek.
  2. Cukupkan perbekalan terutama air karena diperjalanan menuju air terjun membutuhkan tenaga ekstra.
  3. Apabila hujan turun, semua pengunjung diwajibkan meninggalkan lokasi karena ditakutkan terjadi banjir.

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Air Terjun Coban Talun dan Pesona Pelanginya"

  1. Kemarin Ke tempat ini... Memang Masih natural Banget Tempatnya,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, di Malang memang banyak wisata natural gitu gan.. :D

      Delete

Welcome....!!!