Pendakian Gunung Arjuno 3.339 mdpl via Tretes

Pendakian Gunung Arjuno via Tretes. Gunung Arjuno tentu sangat menarik para pendaki gunung. Nama gunung yang sama dengan tokoh pewayangan ini selain mempunyai legenda tentang Arjuna, mempunyai jalur pendakian yang terbilang berat.  Gunung Arjuno berdiri gagah menjulang di samping Gunung Welirang, Gunung Kembar 1 & 2. Dengan tinggi 3.339 mdpl, Gunung Arjuno menjadi gunung tertinggi ke-3 di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung. Kemistikan pendakian Gunung Arjuno lebih menantang nyali pendaki gunung dengan adanya Alas Lali Jiwo.
gunung arjuna
Gunung Arjuno - Welirang
Gunung Arjuno merupakan gunung berapi istirahat yang terletak di Malang, Jawa Timur. Pendakian Gunung Arjuno bisa melalui beberapa jalur yaitu :
1. Jalur pendakian via Purwosari yang dikenal dengan pendakian spiritual.
2. Jalur pendakian via Lawang
2. Jalur pendakian via Batu
3. Jalur pendakian via Tretes 

Pendakian yang melalui Tretes adalah jalur yang sering dilalui pendaki karena dari jalur tersebut bisa sekalian mendaki ke Gunung Welirang.

Basecamp - Pos 1

Jalur sampai ke pos terakhir Gunung Arjuno sama dengan jalur ke Gunung Welirang. Dari basecamp sampai ke pos 1 - Pet bocor, membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan jalan makadam tersusun rapi yang menanjak, cukup membuat lelah. Sampainya di pertigaan beloklah ke arah kiri menuju ke Pos 1 Di pos 1 tersedia warung kecil yang bisa digunakan istirahat sambil menikmati makanan dan minuman yang dijual disana.


Pos 1 - Pos 2

Dari Pos 1 menuju Pos 2 kop-kopan, memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan jalur bebatuan yang tidak tersusun rapi karena di sepanjang jalur ini sering dilewati hardtop untuk mengangkut belerang. Jalur bebatuan yang berliku akan terus berlanjut sampai Pos 2-Kop-kop'an. 
Pos 2 - kop-kopan lumayan luas untuk camp. Ada sumber mata air dan warung kecil untuk beristirahat. Bisa dibilang, logistik aman sampai Pos 2 ini.


Pos 2 - Pos 3

Dari Pos 2 - Kop-kop’an ke Pos 3 -  Pondokan, diperlukan sekitar 3 jam dengan jalur yang masih sama, menanjak dan berbatu. Dan dijalur ini pula dikenal adanya Tanjakan Asu atau Tanjakan Naga, jalur terjal menanjak yang panjang dan cukup melelahkan sebelum masuk ke Alas Lali Jiwo. Nama aneh dari tanjakan tersebut memang tercipta dengan beberapa cerita unik di sepanjang tanjakan ini. Nah, Tanjakan Unik di Jalur Pendakian Gunung-Gunung di Jawa tidak hanya ditemui di Gunung Arjuno. Nama-nama aneh telah melekat di setiap 'tanjakan' di gunung-gunugn lain yang cukup menyiksa.

Setelah melewati alas Lali Jiwo akan tiba di Pos 3 - Pondokan, yang ditandai dengan adanya rumah-rumah kecil tempat menyimpan belerang. Di dekat rumah penyimpanan belerang ini ada sungai tempat sumber air namun lokasi untuk menuju sumber air cukup kotor.
Pos Pondokan

Pos 3 - Lembah Kidang

Melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Arjuno, Lokasi camp yang nyaman bisa di Pondokan atau Lembah Kidang. Jika ingin camp di Lembah Kidang, dari pondokan ikuti jalur sampai persimpangan. Beloklah ke kiri melewati jalur sempit, ke arah puncak hingga sampai di Lembah Kidang dengan pemandangan rerumputan luas dan yang pasti, tanpa kidang. Dulu di area ini memang banyak kidang sehingga dinamakan Lembah Kidang. Seiring berjalannya waktu karena perburuan liar atau karena lokasi ini mulai sering dijamah manusia seperti pendaki,penambang dan pemburu, jarang ditemukan Kidang di 'area'nya' lagi.

Meski nyaman untuk camp, lokasi Lembah Kidang tidak seluas Pos 3 - Pondokan. Tak jauh dari Lembah Kidang bisa langsung menuju ke Sabana 2, tempat camp yang dekat dengan sumber air kecil dengan area yang sama dengan Lembah Kidang, tidak terlalu luas. Menuju Sabana 2 hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.
sabana 2 gunung arjuna
Camp Sabana 2 di Dekat Sumber Air

Lembah Kidang - Puncak

Perjalanan menuju ke puncak Gunung Arjuno tergolong berat karena harus melipir ke sisi kanan gunung. Setelah melipir harus naik-turun 3 bukit untuk sampai ke puncak Gunung Arjuno. Jalur pendakian terus menanjak tiada ampun, melewati padang rumput dan hutan pinus sampai bukit pertama. Dari puncak bukit sudah tampak Puncak Arjuno di belakang 2 bukit lagi
gunung arjuna
Puncak Arjuno tampak dari sisi bukit.
Puncak Gunung Arjuno berupa tumpukan bebatuan besar yang disebut dengan Puncak Ogal-Agil. Disebut Ogal-Agil karena di puncaknya ada sebuah batu besar yang jika dilihat sekilas tampak akan jatuh jika tertiup angin sedikit saja. Dari puncak Arjuno tampak juga puncak Gunung Semeru dan juga puncak Gunung Welirang
puncak gunung arjuna
Puncak Arjuno
Untuk turun dari puncak ke lokasi camp (Pondokan, Savana 2, Lembah Kidang) tidak dibutuhkan waktu lama. Sudah lelah, akan menjadi semakin lelah dan itu yang menyebabkan seringkali para pendaki bilang kalau di jalur Tretes, proses turun terasa lebih lama dibandingkan saat pendakian walaupun dari Pondokan sampai basecamp hanya diperlukan waktu lebih cepat dari pendakian sekitar 4 jam.

Itenerary pendakian Gunung Arjuno via Tretes :

Base camp - Pet Bocor : 20 menit
Pet Bocor - Kop'kopan : 3 jam
Kop'kopan - Pondokan : 3 jam
Pondokan - Lembah Kijang : 20 menit
Lembah Kijang - Savana 2 : 15 menit
Savana 2 - Puncak : 2 jam 45 menit

Baca Juga :
Tips Bertahan Dalam Badai Petir di Alam Bebas
Pendakian Gunung Kerinci 3.805 mdpl via Kersik Tuo
Percandian Arjuna - Kompleks Candi Hindu di Dataran Tinggi Dieng 

Share :

Facebook Twitter Google+

10 Responses to "Pendakian Gunung Arjuno 3.339 mdpl via Tretes"

  1. Mohon petunjuk om".abang" senior saya mau tanya klo dri stasiun malang baru naik apa yah biar sampe ke pos tretes?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke terminal Arjosari Malang trus cari bus yg turun di terminal Pandaan. di deket terminal itu nanti ada angkot atau ojek yg bisa ngantar ke bc..

      Delete
  2. kalo yg dr wonosari gimana ya , share dong :) thanks . rencana abis puasa brangkat dr lawang . thanks .

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari wonosari lawang bisa naek bus antar kota Malang-Sby, turun di 'Song-song Ojek'. Itu banyak ojek yg bisa nganterin ke basecamp, 15 menitan lah.. lurus doang jalannya,,

      Delete
  3. mohon bantuannya gan saya dari Jakarta naik bus jurusan apa yang terminal terdekat dari basecamp Tretes? thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa cari jurusan Malang atau Surabaya. Di malang atau Surabaya bisa lanjut bus tujuan terminal Pandaan. Di terminal Pandaan ntar bisa nyari angkot atau ojek buat antar ke bc,

      Delete
  4. minta infonya dong,,kalo trip via tretes ada rental tenda dan kompor ga??

    ReplyDelete
  5. Via tretes pegel kaki di jalan bebatuannya :D

    ReplyDelete
  6. Gan kan ada berita mahasiswa tersambar petir di jalur tretes apa jalur nya masih tetap buka atau di tutup sementara ?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kepastian buka tutup jalur pendakian bisa menghubungi basecampnya langsung gan,,

      Delete

Welcome....!!!