Pesona Pantai Sine, Primadona Wisata Baru Kabupaten Tulungagung - Manusia Lembah

Pesona Pantai Sine, Primadona Wisata Baru Kabupaten Tulungagung

Pantai selatan menjadi primadona baru setelah Jalur Lintas Selatan (JLS) dibangun, khususnya di Jawa Timur. Tak hanya Malang Selatan, Blitar dan Tulungagung menawarkan banyak wisata pantai menarik, salah satunya Pantai Sine. Meski sudah lama dikenal, pantai di Tulungagung ini kembali eksis dan banyak dikunjungi wisatawan.

Masyarakat Jawa Timur, khususnya Tulungagung sepertinya tidak perlu ke Bali untuk menikmati sunrise romantis layaknya Pantai Sanur maupun pantai yang membentang panjang dengan ombak yang keras layaknya Pantai Kuta. Pantai Sine menjadi obat dahaga bagi para penggemar pantai yang menyukai suasana romantis terbitnya sang surya.

Pantai Sine tulungagung

Lokasi & Rute


Tempat wisata Pantai Sine berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur. Berada sekitar 35 kilometer ke selatan dari kota Tulungagung. Akses jalan ke Pantai Sine sudah sangat baik dengan aspal mulus hingga ke lokasi. 

Dari Tulungagung bisa melalui JLS Pantai Sine. Sedangkan dari Blitar bisa mengikuti arah ke Pantai Pasur. Rutenya yaitu Blitar - Kademangan - Bakung - Bululawang. Setelah sampai di Simpang Pasur Bululawang, belok kanan ke arah JLS Blitar - Tulungagung dan ikuti jalan hingga ada petunjuk lokasi wisata. 

Daya Tarik Pantai Sine 


Daya tarik wisata Tulungagung ini tampak justru saat menyusuri JLS Pantai Sine. Dari atas tebing atau tepi JLS, panorama pantai dari ketinggian sangat indah dan mengundang. Tak heran kawasan atas tebing ini pernah menjadi tempat berjualan para pedagang karena sangat ramai dikunjungi. 

Setelah para penjual ditertibkan, kawasannya tampak bersih dan memikat. Kawasannya terbentang luas dibatasi oleh sungai di sebelah barat dan timur. Bagian timurnya dikenal dengan nama Pantai Cemoro Sewu dengan kawasan yang lebih sejuk karena dinaungi pepohonan rindang. 

Pantai Sebelah Barat


wisata tulungagung

Pantai ini merupakan teluk yang sudah ditemukan sejak lama dan menjadi perkampungan nelayan. Sehingga tak jauh di perairannya maupun di tepian pantai ada perahu-perahu nelayan yang siap digunakan. Kawasan sebelah barat Pantai Sine tidak terlalu ramai wisatawan, karena kebanyakan lebih suka ke bagian timur. 

Namun, pesona di sebelah barat tak kalah indah, dengan sungai dan bukit karang hijau yang membatasinya. Kawasannya sangat luas dan area sungainya bisa digunakan untuk berenang. Jika lapar, sudah ada beberapa warung yang siap menyajikan menu andalan. 

Rata-rata pantai di Tulungagung memang tidak menghadap ke timur. Jadi, bisa dibilang Pantai Sine adalah sunrise beach khas Tulungagung. Keindahan Pantai Sine tampak menjelang pagi, tepat saat matahari mulai muncul di ujung garis horison lautnya.

sunrise Pantai Sine

Garis pantai panjang dan luas yang diiringi deburan ombak khas pantai selatan dan dibatasi perbukitan di seberang lautan, membuat pemandangan alamnya begitu sempurna. Inilah kenapa Pantai Sine disebut sebagai Pantai Kuta'nya Tulungagung, meski bukan sunset yang disuguhkan disini. Istimewa !

Cemoro Sewu & Danau Cinta




Di sebelah timur kawasannya, ada Pantai Cemoro Sewu menawarkan suasana lebih hidup. Pasalnya, aktivitas wisatawan banyak dilakukan disini, karena tidak terlalu jauh dari pintu masuk. Sesuai namanya, kawasan ini sangat teduh dan banyak ditumbuhi pohon cemara, sehingga cocok untuk bersantai. 

Area Cemoro Sewu dulunya terpisah dengan Pantai Sine. Kini, dua tempat wisata ini bisa dikunjungi dengan satu tiket saja. Keunikan lainnya dari Cemoro Sewu adalah adanya Danau Cinta yang pernah fenomenal di kalangan kaum muda lho!

pantai cemoro sewu

Selain pemandangan alam pantai yang menawan, kegiatan budaya juga bisa disaksikan di Pantai Sine. Ada beberapa acara budaya menarik yang biasa dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu, seperti pagelaran kesenian wayang kulit, larung sesaji dan mencuci barang-barang kuno yang dilaksanakan pada tanggal satu suro.

Fasilitas Pantai Sine


Berbagai fasilitas sudah tersedia di lokasi wisata Pantai Sine, seperti area parkir luas, tempat pelelangan ikan, kamar mandi & toilet, gazebo, mushola,dan berbagai warung makan di sekitar lokasi. Ke depannya, kawasan wisata ini akan terus dikembangkan agar lebih nyaman dan aman.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional


Harga tiket masuk Pantai Sine dibanderol Rp. 5.000 belum termasuk parkir Rp. 5.000 untuk motor. Jam operasional kawasan wisata hari Senin - Jumat jam 05.00 - 19.00, Sabtu 24 jam dan Minggu jam 00.00 - 19.00. Harga tiket masuk dan jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu.

JLS Pantai Sine

Tips :


  1. Datanglah saat cuaca baik.
  2. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi dan sore hari.
  3. Jika ingin menghindari keramaian hindari berkunjung di akhir pekan dan hari libur nasional.
  4. Bawalah pelindung kepala seperti topi dan payung. Bawalah sunblock jika perlu.
  5. Bawalah tikar untus bersantai di tepi pantai.
  6. Jangan lupa bawa baju ganti jika ingin berenang atau berman air.
  7. Ombak Pantai Sine cukup besar dan jika ingin berenang sebaiknya di tepiannya saja atau di area sungai.
  8. Bawalah peralatan camp sendiri jika ingin camping
  9. Jangan mengotori kawasan wisata Pantai Kedung Tumpang dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Wisata Pantai Sine Tulungagung :

 
  • Lokasi : Sine, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66281
  • HTM : Rp. 5.000
  • Jam Buka : Senin - Jumat 05.00 - 19.00 ; Sabtu 24 jam ; Minggu 00.00 - 19.00.
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto, camping.
  • Fasilitas Umum : Area parkir luas, tempat pelelangan ikan, kamar mandi & toilet, gazebo, mushola, warung makan.
  • Wisata Terdekat : Pantai Dlodo, Pantai Kedung Tumpang, Pantai Kelinci, Pantai Lumbung, Pantai PacarPantai MolangPantai Pasur.