Air Terjun Tirto Galuh, Pesona Palung Sungai Kedung Malang - Manusia Lembah

Air Terjun Tirto Galuh, Pesona Palung Sungai Kedung Malang

Air Terjun Tirto Galuh - Kedung Malang. Blitar menyimpan banyak tempat wisata menarik yang sedang dikembangkan. Wisata sejarah, pantai, dan air terjun menjadi daya tarik utama wisata di Blitar Selatan. Tirto Galuh merupakan salah satu wisata air terjun yang cukup unik.

Bebatuan yang menyerupai palung yang ada di sungai membentuk aliran-aliran air seperti air terjun yang cukup banyak dan panjang sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

kedung malang
Air Terjun Tirto Galuh
Air Terjun Tirto Galuh berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Rutenya sangat mudah. Dari Kota Blitar ikuti arah menuju Tambak Rejo. Di perempatan Desa Gawang ambil arah ke kanan hingga menemui Monumen Trisula. Ikuti jalan hingga ada pertigaan yang terdapat petunjuk jalan menuju Air Terjun Tirto Galuh yang tak jauh dari pertigaan tersebut.

Sampai di lokasi parkir dan membeli tiket, jalan tanah padat akan mengantar hingga ke lokasi air terjun. Jalan turun ke air terjun sudah dibentuk seperti tangga sehingga memudahkan wisatawan untuk ke lokasi.

Air terjun Tirto Galuh merupakan tempat aliran sungai yang cukup lebar dan curam. Bebatuannya menyerupai kedung (palung) sehingga membentuk banyak aliran air. Wisata Air Terjun Tirto Galuh dikenal juga dengan nama Air terjun Kedung Malang.

Palung Sungai Air Terjun

Dengan area yang sangat luas, banyak tempat yang bisa digunakan untuk menikmati kesejukan air terjun ini. Pengunjung bisa naik ke atas, ke puncak Air Terjun yang bisa disebrangi dengan berjalan kaki jika aliran air tidak begitu besar.

Di area yang datar itu, akan nampak kumpulan air sungai yang memenuhi palung-palung yang menyerupai kolam-kolam kecil. Pengunjung disarankan berhati-hati karena di salah satu palung, ada yang memiliki arus yang bisa menenggelamkan.

Puncak Air Terjun

Jika ingin mengelilingi area Air Terjun Tirto Galuh, setelah menyeberang bisa kembali turun dan menyeberangi sungai tempat aliran air terjun, lalu menikmati Air Terjun Tirto Galuh dari seberang yang nampak gagah. Melanjutkan perjalanan akan kembali menyeberangi sungai pada batuan karang untuk kembali ke tempat utama. Di sebelah kiri Air Terjun, ada area lokasi untuk area flying fox dan juga berenang.

Area Wisata Air Terjun Tirto Galuh

Pengunjung tidak disarankan berenang di sungai yang berwarna kehijauan tersebut, selain itu juga diharapkan berhati-hati ketika berjalan menelusuri bebatuan pada air terjun yang curam dan licin.

Wisata Air Terjun Tirto Galuh Blitar atau Kedung Malang menjadi destinasi wisatawan dalam dan luar kota. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, warung dan kamar mandi sudah tersedia di area wisata yang masih dalam tahap perkembangan ini.