Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl via Tamiajeng - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl via Tamiajeng

Jalur pendakian Gunung Penanggungan merupakan jalur yang ramah pendaki. Gunung ini cocok untuk pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman. Tidak hanya untuk kegiatan alam bebas saja, kawasan gunung ini juga terdapat banyak candi yang bisa dijelajahi.

Gunung Penanggungan merupakan gunung api istirahat di Jawa Timur. Memiliki nama lain Gunung atau Puncak Pawitra yang berarti kabut, puncaknya memang sering berkabut. Bentuk Gunung Penanggungan dari kejauhan tampak seperti Gunung Semeru, tak heran banyak yang mengatakan bahwa Gunung Penanggungan adalah miniatur gunung tertinggi di Jawa itu.

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan terletak di dua kabupaten yaitu Pasuruan dan Mojokerto. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung idaman para pendaki, khususnya daerah Surabaya yang tidak mempunyai waktu banyak untuk mengunjungi alam pegunungan.

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Penanggungan, yaitu : 

Transportasi ke Basecamp Tamiajeng


Desa Tamiajeng berada di ketinggian 680 mdpl dan menjadi jalur pendakian yang digemari sebagian besar pendaki.  Ada beberapa alternatif cara ke basecamp, yaitu :
  1. Dari Surabaya : Dari Terminal Bungurasih naik bus tujuan Terminal Pandaan atau Malang. Dari Terminal Pandaan naik L300 jurusan Terminal Pandaan - Trawas dan turun di Pasar Kesiman. Dilanjutkan dengan ojek motor ke pos awal pendakian Tamiajeng.
  2. Dari Malang : Dari Terminal Arjosari naik bus ke Terminal Pandaan, kemudian sama seperti cara diatas.
  3. Jika naik kendaraan pribadi, dari Pandaan bisa langsung ke arah Tretes. Jika ada percabangan (ke kiri ke Pacet), ambil lurus - jalan yang lebih kecil. Lanjutkan sampai Terminal Trawas, lalu lurus sampai pasar dan sampai di pertigaan BRI belok kanan. Tembus jalan raya lebih besar belok kanan dan lurus hingga pos pendakian. 

Info dan Tips : 
  • Tarif bus dari Bungurasih ke Pandaan mulai Rp.30.000+.
  • Mobil L300 bisa ditemui di Terminal Pandaan mulai jam 06.00 - 16.00 dengan tarif Rp.10.000 - Rp. 15.000/orang.
  • Tarif ojek motor dari Pasar Kesiman ke pos awal pendakian ±Rp.5.000.
  • Jika datang malam, bisa naik L300 dan turun di Pertigaan Prigen (± Rp.7.000/orang). Kemudian lanjut ojek motor ke pos pendakian Tamiajeng dengan tarif Rp.20.000 - Rp.25.000.
  • Lokasi pos pendakian letaknya dekat dengan Universitas Ubaya kampus 3.

Peta Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng


peta jalur pendakian Gunung Penanggungan

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng adalah jalur resmi paling populer, karena waktu pendakiannya cukup singkat. Di sekitar basecamp juga sudah terdapat banyak warung untuk melengkapi kebutuhan pendaki. 

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan


Pos Pendakian - Pos 2


Jalur Pendakian Gunung Penanggungan memiliki 4 pos sebelum sampai di puncak bayangan. Jarak antar tiap pos tidak terlalu jauh, dengan trek menanjak konstan. 

Selepas loket pendakian, jalur berbatu akan menuntun hingga Pos 1. Jalur pendakian yang landai dan teduh akan mengantar hingga ke pos 2. Adanya penjual minum dan makanan kecil di pos 2, bisa dimanfaatkan untuk mengisi logistik atau beristirahat sejenak.

Pos 2 - Pos 4


Setelah dari pos 2, trek tanah padat mulai menanjak. Dari sini pendakian mulai terasa melelahkan, ditambah minimnya bonus alias area datar di sepanjang jalur. Tanjakan ke Pos 3 masih terbilang ramah dan stabil. Jarak pos 2 dan Pos 3 terbilang dekat tapi terasa lama karena full tracking.

Pos 3 berupa shelter kecil di tepi jalur pendakian Gunung Penanggungan. Untuk lanjut ke Pos 4, tenaga ekstra kembali dibutuhkan, karena jalurnya semakin menanjak daripada sebelumnya. Jalur ini lumayan licin, apalagi saat musim hujan.

Pos 4 - Puncak Bayangan


Selepas pos 4, jalur pendakian Gunung Penanggungan semakin menanjak berbelok-belok. Trek dari pos 4 menuju puncak bayangan ini sangat berdebu di musim kemarau dan licin di musim hujan. Jadi wajib hati-hati guys!

Dibutuhkan waktu 2 jam trekking normal dari basecamp sampai di puncak bayangan jika tidak terlalu banyak berhenti atau istirahat. Puluhan tenda akan nampak memenuhi puncak bayangan karena tempat ini adalah satu-satunya tempat yang paling cocok untuk camp.

puncak bayangan
Pagi Hari di depan Gunung Arjuna-Welirang

Pos Bayangan - Puncak Penanggungan


Kemiringan lereng Gunung Penanggungan sekitar 45 derajat. Trek berupa  pasir dan bebatuan hingga puncak. Pendakiannya cukup terjal dan curam, sehingga wajib berhati-hati. 

Meski tidak tinggi, lereng gunung yang terbilang curam ini bisa membuat beberapa pendaki ngesot ketika menuruni puncaknya. Maka disarankan agak tidak berlari ketika turun. 

sunrise
Sunrise di Lereng Penanggungan

jalur pendakian Gunung Penanggungan
Medan yang Harus Dilalui

Jalur pendakian Gunung Penanggungan dari Puncak Bayangan ke Puncak Pawitra dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam jika tidak terlalu banyak berhenti. Dari puncak tampak deretan Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Kawi, Gunung Butak dan juga Gunung Semeru

Di puncak gunung, ada kawah mati yang sudah ditumbuhi rumput ilalang menyerupai lapangan. Sehingga di lapangan itu juga bisa mendirikan tenda jika ingin turun melewati jalur lain.

Puncak Gunung Penanggungan
Pemandangan dari Puncak

Tips Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng :


  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  2. Kondisikan bekal air karena tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian Gunung Penanggungan. Namun, dengan waktu pendakian yang singkat dan trek yang tidak begitu berat seperti gunung yang lain, tidak perlu membawa banyak bekal air. Cukup dikondisikan untuk memasak dan kebutuhan pribadi saja.
  3. Jika ingin tektok, pendakian bisa dimulai dini hari untuk mengejar sunrise.
  4. Tempat camp bisa di puncak bayangan, puncak dan lapangan di dekat puncak. Camp di puncak atau lapangan disarankan untuk yang ingin lintas jalur.
  5. Puncak bayangan merupakan area terbuka luas yang rawan badai. Pertimbangkan kondisi cuaca sebelum melakukan pendakian.
  6. Biasanya sebelum siang kabut akan turun menutupi Puncak Pawitra. Untuk menuruni puncak Gunung Penanggungan hingga ke pos bayangan perlu berhati-hati karena jalur yang terjal dan curam bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak lihai hati-hati. Batu yang dipijak kadang tidak lekat dengan tanah dan bisa membahayakan pendaki yang lain.
  7. Jika cuaca buruk, sebaiknya tidak melanjutkan pendakian ke puncak.
  8. Untuk pendakian yang lebih aman dan nyaman, bisa menyewa jasa guide pendakian gunung Penanggungan atau ikut pendakian bersama komunitas pecinta alam.
  9. Jangan merusak dan mengotori kawasan gunung dengan membuat sampah sembarangan dan vandalisme.
Puncak Bayangan
Cheers... KOMPAAS di Puncak Bayangan


Video Pendakian Gunung Penanggungan klik DISINI.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Penanggungan :


Pos Perijinan - Pos 1 : 15 menit
Pos 1 - Pos 2 : 15 menit
Pos 2 - Pos 3 : 30 menit
Pos 3 - Pos 4 : 30 menit
Pos 4 - Pos bayangan :30 menit
Pos bayangan - Puncak Pawitra : 50 menit

Informasi Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng :


  • Tinggi : 1.653 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano
  • Wilayah : Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto.
  • Pengelolaan : Taman Hutan Raya Raden Soerjo
  • Letusan Terakhir : ±200 M
  • Puncak : Puncak Penanggungan / Pawitra
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Pos Bayangan, Lapangan (bawah puncak)
  • Durasi Pendakian Normal : 1 - 2 hari.
  • View Gunung :  Gunung ArjunoGunung WelirangGunung KawiGunung ButakGunung Semeru
  • Wisata Sekitar : Petirtaan Jolotundo, Vanda Waterworld.
  • Lokasi Basecamp Tamiajeng : Jl. Tamiajeng, Tamiajeng, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Tamiajeng : 0812-3215-2477
  • Simaksi : Rp.10.000/orang