20 Wisata Pantai Paling Populer dan Menawan di Malang Selatan - Manusia Lembah

20 Wisata Pantai Paling Populer dan Menawan di Malang Selatan

Wisata Pantai di Malang. Selama ini Kota Malang dikenal dengan kota pendidikan. Banyak mahasiswa - mahasiswi dari penjuru Nusantara yang mencari ilmu di kota berhawa sejuk ini. Adanya pendatang baru di setiap tahunnya, tak heran jika berbagai tempat wisata tersaji dengan apik dan menarik minat. 

Tidak jauh dari pesisir pantai selatan, Kota Malang memiliki berbagai wisata pantai yang sebagian besar sudah diresmikan menjadi tempat wisata. Sekedar untuk refreshing dari suasana padat kota pelajar, ada banyak pilihan untuk menghabiskan waktu libur dan berakhir pekan.

Pantai-pantai baru selalu menjadi buruan para traveler, tapi tidak semuanya telah resmi menjadi tempat wisata. Untuk itulah muncul beberapa statement tentang 'pantai tersembunyi' dan biasanya menyimpan panorama alam yang aduhai indahnya. Pantai tersembunyi ataupun tidak, keindahan pantai-pantai di Malang membuatnya semakin dikenal wisawatan yang ingin menikmati panorama menawan alamnya.

Berikut wisata pantai di Malang yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Balekambang

pantai balekambang
Pantai Balekambang
Siapapun yang datang ke Malang, harusnya mengenal pantai yang sudah menjadi andalan Kota Malang sejak 1985 ini. Pantai Balekambang adalah salah satu wisata pantai di Malang yang selalu menjadi tujuan liburan keluarga. Selain pemandangan yang menarik, Pantai Balekambang memiliki pura di atas batu karang yang dihubungkan dengan jembatan. Keunikan inilah yang membuat Pantai Balekambang disebut sebagai Tanah Lot'nya Jawa Timur.

Pantai Balekambang berada di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan menuju Pantai Balekambang sudah baik dan nyaman. Sebagai tempat wisata di Malang yang populer, berbagai fasilitas juga terus dikembangkan untuk menunjang pariwisata.

2. Pantai Bajul Mati

pantai bajul mati
Pantai Bajul Mati
Tidak akan ada Bajul Mati (Buaya Mati) di sekitar pantai ini kecuali didalam cerita turun-temurun bagaimana pantai ini ditemukan tahun 1890 silam. Pantai Bajul Mati memiliki teluk- teluk yang indah, ombak yang keras dan kontur yang curam, sehingga wisatawan tidak diperkenankan berenang. 

Untuk bermain air, ada muara sungai yang berada di sisi pantai. Pantai Bajul Mati terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada sekitar 58 kilometer dari Kota Malang dengan akses jalan yang baik.

3. Pantai Sendang Biru  

pantai sendang biru
Pantai Sendang Biru
Sendang biru merupakan surganya ikan segar, tak heran jika ada banyak perahu nelayan singgah di pesisir pantainya. Pantai Sendang Biru berada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur. 

Berada sekitar 67 kilometer dari Kota Malang dengan akses yang baik. Pantai Sendang Biru berhadapan dengan Pulau Sempu, sehingga di sekitar pantai cocok digunakan untuk berperahu maupun olah raga laut. Selain berburu ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), adanya Pulau Sempu menjadi pesona tersendiri di Pantai Sendang Biru.

4. Pantai Segara Anakan

pantai segara anakan
Pantai Segara Anakan
Pantai Segara Anakan ada di lokasi cagar alam Pulau Sempu yang bisa ditempuh dari Pantai Sendang Biru menggunakan perahu. Bisa dibilang Segara Anakan merupakan tempat wisata di Malang paling populer karena keindahannya yang sudah menarik minat wisatawan mancanegara. 

Segara Anakan berada di Pulau Sempu, Segara Anakan merupakan sebuah laguna yang dihubungkan oleh muara ke laut lepas pantai. Wilayah ini merupakan cagar alam, sehingga siapapun dihimbau untuk menjaga kebersihan dan kelestarian di Pulau Sempu.
 

5. Pantai Goa Cina

pantai goa cina
Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina terletak di Dusun TUmpak Awu, Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rute jalannya sama dengan rute ke Pantai Sendang Biru dengan akses jalan yang cukup baik dan sedikit terjal.

Pantai bernama asli Pantai Rowo indah ini populer dengan nama Goa Cina karena pernah ada peristiwa kematian seorang Cina di dalam Goa. Lokasi unik yang menjadi tujuan tentu adalah Goa Cina itu sendiri. 

Selain goa, panorama Pantai Goa Cina sangat memanjakan mata. Ombak khas pantai selatan yang berpadu dengan karang-karang akan membuat siapapun betah menyaksikannya dari bawah pohon kelapa yang teduh.

6. Pantai Tamban

pantai tamban
Pantai Tamban
Pantai Tamban berada di Dusun Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Tamban bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, sehingga panorama'nya nyaris sama yaitu adanya Pulau Sempu yang berhadapan dengan pantai. Bedanya, dari Pantai Tamban bisa menyaksikan panorama laut lepas di balik Pulau Sempu.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di tempat wisata pantai di Malang ini, seperti memancing, jet sky, diving, snorkeling maupun surfing. Ingin mencoba permainan atau menyeberang ke Pulau Sempu?, perahu nelayan siap mengantar !

7. Pantai Modangan

pantai modangan
Pantai Modangan
Pantai Modangan terletak di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada sekitar 65 kilometer di barat daya Kota Malang. Di pantai ini terdapat muara sungai yang menjadi batas antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Akses jalan yang dilalui cukup terjal dan susah, sebaiknya menggunakan kendaraan roda 2.

Pantai Modangan memiliki karakteristik ombak yang indah, pasir putih yang lembut dan bersih, serta bebatuan hitam di sebelah kanan pantai. Meski tergolong sepi seperti terisolasi dengan akses yang tidak mudah, pantai ini sangat dikenal di kalangan traveler. Mungkin itulah alasan kenapa pada tahun 1850'an ratusan pasukan Pasukan Diponegoro menyembunyikan diri di pantai ini.

8. Pantai Ngliyep

pantai ngliyep
Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada 62 kilometer di selatan Kota Malang dengan akses jalan yang baik. Pantai ini dikenal pada tahun 1980, sebelum Pantai Balekambang dan Sendang Biru dikenal

Wisata pantai di Malang ini memiliki area yang luas, hamparan pasir putih lembut dan pepohonan rindang. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing curam dan hutan tropis yang melengkapi kenikmatan alami di Pantai Ngliyep. Bukan hanya panorama pantai sekitar, ada sebuah teluk yang bisa dinikmati di sisi bukit sebelah kiri. Selain itu ada petilasan di pulau kecil bernama Gunung Kombang yang bisa dikunjungi.

9. Pantai Sipelot

pantai sipelot
Pantai Sipelot
Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan mendekati lokasi pantai lumayan susah karena beberapa ruas jalan berlubang. Pantai bernama asli Spelot ini juga memiliki Air Terjun Coban Sipelot dan untuk mencapainya, perlu diantar nelayan menggunakan perahu menyeberangi teluk.

Pantai Sipelot menyajikan warna laut yang biru, hamparan pasir putih yang luas dengan garis pantai yang melingkar seperti danau. Pantai ini berada di sebuah teluk, sehingga ombak pantainya tergolong tenang. 

Di sebelah timur terdapat muara dan didekatnya ada tebing-tebing tiknggi dengan bebatuan besar di sisi pantai. Adanya beberapa fasilitas yang sudah dikembangkan tentu membuat semakin betah berlama-lama mengeksplore wisata pantai di Malang ini.

10. Pantai Tiga Warna

pantai tiga warna
Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna (8°26'22"S-112°40'39"E) berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Merupakan area konservasi, peraturan tempat wisata di Malang ini cukup ketat, salah satunya memiliki kuota wisatawan.

Sesuai namanya, Pantai Tiga Warna memiliki keunikan yaitu air yang nampak berbeda karena faktor kedalaman air. Aktivitas favorit yang bisa dilakukan di panta ini adalah snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang bawah lautnya. Menjadi kawasan konservasi, pantai ini sangat dijaga kebersihannya, sehingga wisatawan wajib membawa sampah pulang.

11. Pantai Kondang Merak

pantai kondang merak
Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Burung Merak di pantai ini sudah punah tahun 1980. Pantai ini memiliki terumbu karang yang menawan, sehingga snorkeling menjadi daya tarik di Pantai Kondang Merak

Adanya batu karang yang berjajar tak jauh dari bibir pantai, membuat ombak di pantai ini sangat nyaman bagi para nelayan dan juga aman untuk wisatawan. Menikmati suasana pantai yang tenang dengan sajian kuliner ikan laut, tidak lengkap jika tidak camp semalam di pantai ini.

12. Pantai Kondang Iwak

pantai kondang iwak
Pantai Kondang Iwak
Pantai Kondang Iwak berada di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada sekitar 70 kilometer ke selatan Kota Malang. Wisata pantai di Malang ini menawarkan hamparan pasir putih bersih layaknya panorama Pantai Kuta Bali. 

Di hamparan pasir putih yang bersih ada batu karang besar menjorok ke laut yang menambah keindahan Pantai Kondang Iwak. Di sebelah barat pantai terdapat muara air tawar (kondang), dimana yang suka memancing bisa menyalurkan hobinya.

13. Pantai Lenggoksono

pantai lenggoksono
Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono terletak di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan yang dilalui cukup susah meski beberapa bagian sudah dicor. Bagi penyuka kegiatan memancing, Pantai Lenggoksono bisa menjadi salah satu destinasi.

Memiliki pemandangan yang indah, pantai di Malang ini menjadi tempat konservasi lpbster mutiara, lobster pasir dan lobster batu. Di kawasan ini terdapat goa lobster sebagai tempat bertelur lobster. Itulah yang menjadikan tempat ini dijadikan sebagai wilayah ekowisata.

14. Pantai Banyu Anjlok

pantai banyu anjlok
Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok terletak di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Berada sekitar 68 kilometer dari Kota Malang dengan akses jalan yang cukup susah ketika mendekati pantai. Rute yang mudah bisa menyewa perahu nelayan dari Pantai Lenggoksono. 

Keunikan wisata pantai di Malang ini adalah adanya air terjun mini yang menghadap ke bibir pantai, sehingga berwisata ke pantai ini tidak akan membosankan. Menikmati panorama pantai selepas sore juga tidak kalah menarik. Menanti sunset di atas bukit akan menambah kesan eksotis Pantai Banyu Anjlok.

15. Pantai Clungup

pantai clungup
Pantai Clungup
Pantai Clungup berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kebupaten Malang, Jawa Timur. Menuju pantai ini tidak mudah karena harus berjalan kaki setelah menitipkan motor sekitar 200 meter dari Sendang Biru. Itulah kenapa pantai ini masih sepi dan bersih. 

Pantai Clungup memiliki hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Gelombang ombak cukup tenang karena dilindungi beberapa pulau kecil di lepas pantai. Pemandangan pulau-pulau kecil dan karang-karang akan sangat memanjakan mata. Pantai ini aman digunakan untuk bermain air karena tidak terlalu dalam. Suasana yang sepi dan tenang sangat cocok untuk camping.

16. Pantai Gatra

pantai gatra
Pantai Gatra
Pantai Gatra berada di Dusun Sendangbiru, Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini masuk di kawasan hutan lindung, sehingga kebersihan dan kelestarian tempat wisata di Malang ini sangat dijaga dengan adanya peraturan yang ketat.

Setelah melewati Pantai Clungup, akan sampai di Pantai Gatra. Pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat'nya Malang Selatan. Pantai ini dikelilingi rimbunan pepohonan hijau. Gugusan pulau-pulau karang yang berpadu dengan deburan ombak dan gradasi warna laut menjadikan tempat wisata di Malang ini cocok untuk menenangkan diri.

17. Pantai Ngantep

pantai ngantep
Pantai Ngantep
Pantai Ngantep berada di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berbeda dengan wisata pantai di Malang lainnya, Pantai Ngantep memiliki karakter yang berbeda. Pantai ini cocok untuk selancar karena memiliki gulungan ombak yang sangat memikat. 

Selain menjadi salah satu spot surfing dan pasir putih yang lembut, Pantai Ngantep dikenal sebagai pantai religi karena adanya pendopo di puncak bukit bernama Gunung Batok. Meski jarang dikenal selain para peselancar, fasilitas di Pantai Gatra cukup lengkap seperti kamar mandi, mushola, camp area dan penginapan. 

18. Pantai Jembatan Panjang

pantai jembatan panjang
Pantai Jembatan Panjang
Jika wisata pantai di Malang banyak dikenal karena keindahannya, Pantai Jembatan Panjang dikenal karena kisah mistisnya. Pantai Jembatan Panjang berada di Dusun Sumber Jamber, Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Berada di sebelah barat Pantai Balekambang, sekitar 62 kilometer dari Kota Malang. 

Pantai Jembatan Panjang menyajikan hamparan pasir putih yang membentang luas, hutan yang masih asri dan gelombang yang tenang akibat terhalang sebuah pulau. Keunikan wisata pantai di Malang ini adalah adanya jembatan putus sebagai penghubung ke pulau dan konon memiliki mitos tersendiri. Nilai artistik ini menjadikan di lokasi pantai sering dijadikan tempat pemotretan.

19. Pantai Batu Bengkung

pantai batu bengkung
Pantai Batu Bengkung
Pantai Batu Bengkung kini mulai naik daun dan cukup populer di sosmed. Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada paling barat dari pantai-pantai lain di Malang Selatan. 

Keunikan pantai ini adalah adanya kolam alami yang terbentuk dari deburan ombak yang terjebak di cekungan karang di pinggir pantai, tapi jika surut, air di kolam alami tidak ada. Ombak di pantai ini sangat besar, jadi tidak diperkenankan berenang. Namun, momen sunset yang indah bisa dinikmati sembari camping ceria.

20. Pantai Sendiki

pantai sendiki
Pantai Sendiki
Pantai Sendiki terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada sekitar 68 kilometer dai Kota Malang. Pantai ini mulai naik daun seiring pengembangan fasilitas di dalamnya, sehingga kini mulai menjadi wisata pantai favorit di Malang.

Pantai Sendiki dikelilingi oleh hutan hijau, memiliki garis pantai yang cukup panjang melengkung. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti voli pantai, berjemur, hingga menelusuri hutan di sebelah pantai. Selain menikmati suasana pantai dengan camping, ada penginapan dengan konsep rumah pohon yang semakin membuat wisata pantai di Malang ini semakin unik dan menarik.

Itu adalah 20 wisata pantai di malang yang populer dengan panorama alam yang mempesona, serta selalu menarik minat wisatawan. Masih banyak deretan wisata pantai di Malang yang bisa dikunjungi, namun belum populer. Cepat atau lambat, pantai-pantai tersembunyi lainnya akan menampakkan diri dan bersiaplah berpetualang !.