Menyibak Pesona Tersembunyi Air Terjun Coban Rais

loading...
loading...
Air Terjun Coban Rais. Kota Batu sudah lama dikenal memiliki banyak wisata alam yang sangat menarik. Berada di dataran tinggi, membuat Kota Batu menjadi tujuan wisata yang diminati masyarakat sekitar Kota Malang maupun luar kota yang lain. Wisata alam yang sangat populer di Kota Batu adalah air terjun. Bukan hanya Air Terjun Coban Rondo, ada banyak air terjun tersembunyi yang bisa dikunjungi di Kota Apel ini, salah satunya adalah Air Terjun Coban Rais. 
Air Terjun Coban Rais
Air Terjun Coban Rais
Air Terjun Coban Rais terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur (7° 58' 1.55" S  112° 30' 1.23" E ). Berada sekitar 7 kilometer dari Kota Batu. Akses jalan yang dilalui ke tempat wisata di Batu ini sudah cukup baik seiring dengan bertambahnya spot wisata baru di Coban Rais. 

Coban Rais merupakan salah satu air terjun di Batu yang cukup populer, disamping Air Terjun Coban Rondo maupun Air Terjun Coban Talun. Coban Rais dulunya mempunyai nama Coban Sabrangan, terletak di tengah hutan lebat yang lumayan menantang untuk dicoba. Jadi jangan berharap akan langsung sampai di air terjun selepas parkir motor. So, welcome to adventure
Air Terjun Coban Rais
Gerbang Masuk Wisata Coban Rais
Kini Coban Rais merupakan area wisata keluarga yang sudah dikembangkan. Bukan hanya air terjun, tempat wisata di Batu ini menawarkan berbagai spot menarik sekaligus wahana bermain yang bertema alam dengan berlatar belakang pegunungan. Berbagai spot permainan menarik seperti Bukit Bulu, ayunan, Bukit Bunga, Rumah Pohon dan juga hammock. Ada tarif tertentu untuk masuk ke area wahana wisata jika ingin mencoba masing-masing sensasinya. Jika tidak, air terjun menanti di balik hutan.

Untuk ke Air Terjun Coban Rais, setelah melewati area wahana wisata tersebut ikuti jalan setapak hingga ke lereng bukit. Gunung Panderman akan tampak di lereng bukit, menunjukkan seberapa jauh perjalanan yang akan ditempuh ke Air Terjun Coban Rais di lereng Gunung Panderman. 
Air Terjun Coban Rais
Berlatar Gunung Panderman
Tetap ikuti jalan melipir lereng bukit di jalan setapak. Jalan setapak akan berdampingan dengan sungai jernih yang mengalir di sepanjang jalur awal. Tetap ikuti jalan hingga sampai di area terbuka di atas jembatan. Perjalanan akan dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang mulai berbatu dan sedikit menanjak, melewati rimbunnya tumbuhan perdu dan pepohonan hutan. Tak jarang perjalanan akan melipir dan menyeberangi sungai. 

Ketika mendekati lokasi, jalur akan lebih menanjak dan terjal. Setelah melwati sisi tebing di area yang terbuka, lokasi air terjun di Batu ini tidak jauh lagi dan suara deburannya mulai terdengar. Lokasi Air Terjun Coban Rais ditandai dengan area lapang yang tidak cukup luas dengan latar belakang air terjun yang menyembul dari tebing yang tinggi. 
Air Terjun Coban Rais
Area Air Terjun Coban Rais
Air Terjun Coban Rais berada di ketinggian 1.025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Dikelilingi tebing yang hijau membuat suasana di sekitar terkesan sejuk, serta sangat alami. Kesunyian yang ada hanya terpecah dari suara gemuruh aliran Air Terjun Coban Talun yang deras dan tinggi. Berada di air terjun, seolah-seolah ada di tengah hutan terpencil yang bisa dinikmati sesuka hati. 

Menyajikan pemandangan indah, suhu yang sejuk, hamparan tebing-tebing hijau yang luas dikelilingi semak yang segar, ditambah suara gemericik air terjun yang menjadi suguhan utama, membuat siapapun tergoda untuk merasakan kesegarannya. Selain bercengkerama dalam kesunyian natural, mencoba sensasi guyuran air terjun bisa menjadi cara refreshing yang menarik. Jika terik matahari cukup panas, atau lelah karena perjalanan panjang di tengah hutan, basah-basahan akan sangat menyegarkan.
Air Terjun Coban Rais
Cheers...

Tips Mengunjungi Air Terjun Coban Rais :
  1. Dari parkiran tersedia ojek hingga ke area wahana wisata. Jika ditempuh dengan jalan kaki membutuhkan waktu sekitar 25 menit.
  2. Bawalah makanan dan minuman sendiri karena perjalanan ke lokasi Air Terjun Coban Rais bisa memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.
  3. Gunakan sandal gunung yang sesuai dengan medan yang terjal, menanjak dan sering menyeberangi sungai.
  4. Pada musim-musim tertentu, waspadai adanya ulat bulu di sepanjang jalur hutan ke arah Air Terjun Coban Rais.
  5. Jika bertemu persimpangan, keduanya adalah jalur yang sama ke arah air terjun, hanya beda sebutan yaitu jalur lama dan jalur baru.
  6. Berhati-hatilah ketika berada di bawah air terjun. Jika kapasitas air terlalu besar, hindari bermain-main di bawah air terjun. 
  7. Tidak ada faslitas apapun di area air terjun. Jadi jika ingin basah-basahan, kamar ganti hanya ada di dekat parkiran.
  8. Berada di tengah hutan yang masih alami, jangan merusak alam dengan melakukan vandalisme ataupun membuang sampah sembarangan. 

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Menyibak Pesona Tersembunyi Air Terjun Coban Rais"

Post a Comment