Kampung Anggrek - Wisata Cantik di Lereng Gunung Kelud

loading...
loading...
Wisata Kampung Anggrek. Letusan besarnya pada tahun 2014 tidak membuat area wisata Gunung Kelud benar-benar redup. Justru hal tersebut membuat Gunung Kelud semakin dikenal, sehingga beberapa tempat wisata baru mulai dibuka untuk memuaskan hasrat para wisatawan. Selain alam kehijauan yang luar biasa, Gunung Kelud menyimpan sisi cantik yang akan membuat kaum hawa tak sabar untuk mengunjunginya. Hm... Kampung Anggrek namanya, secuil keindahan yang kini mewarnai lereng Gunung Kelud.
Wisata Kampung Anggrek
Kampung Anggrek
Tempat wisata Kampung Anggrek berada di Dusun Sumberpetung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Berada sekitar 30 kilometer ke timur dari pusat kota Kediri dan sekitar 7 kilometer dari puncak Gunung Kelud. Tempat wisata ini ada di area perkebunan Sumber Sari Petung.

Rute ke Kampung Anggrek sama dengan rute ke tempat wisata Gunung Kelud. Setelah sampai di kawasan hutan di Desa Ngancar, ada persimpangan jika ke kiri ke Gunung Kelud, ke kanan ke Kampung Anggrek. Akses jalan juga sudah sangat baik dengan aspal mulus yang bisa dilalui kendaraan roda 4.

Meski di launching pada Agustus 2015, diresmikan pada awal tahun 2016, tempat wisata Kampung Anggrek mulai hits sekitar Oktober 2016. Sesuai dengan namanya, Kampung Anggrek bukanlah area yang dipenuhi tanaman anggrek saja, tapi di lokasi ini juga memberikan edukasi bagi pengunjung dengan adanya green house yang dibuka untuk umum, baik pelajar, mahasiswa maupun wisatawan.
Wisata Kampung Anggrek
Tempat Wisata Kampung Anggrek
Memasuki kawasan wisata di kediri ini, taman yang luas di sisi cafetaria akan menyambut pengunjung. Bukan saja anggrek yang menjadi komoditas utama tempat wisata, tanaman buah nanas yang menjadi ciri khas Gunung Kelud juga menghiasi area taman Kampung Anggrek, seperti nanas queen, nanas var.md2, nanas bogor, nanas madu, nanas spanish dan nanas medusae.

Bukan hanya jalan-jalan melihat taman anggrek, tempat wisata di Kediri ini selain untuk wisata, memang dibuka untuk edukasi dan pengembangan tanaman anggrek untuk jangka panjang. Ada sekitar 70 jenis koleksi anggrek yang ada di Kampung Anggrek, dimana sebagian anggrek diimpor langsung dari Taiwan dan Thailand. 
Wisata Kampung Anggrek
Koleksi Kampung Anggrek

Berikut adalah tempat utama yang menarik di Kampung Anggrek :



1. Laboratorium Kultur Jaringan

Dari banyak jenis anggrek, 6 genus diantaranya dikembangkan, yaitu: anggrek bulan (phalaenopsis), dendrobium, vanda, cymbiddium, oncidium dan cattleya. Budidaya anggrek dilakukan dengan cara kloning di Laboratorium Kultur Jaringan.Induk anggrek jenis unggul akan diteliti dan dikloning dengan harapan bisa memunculkan varietas anggrek yang berkualitas. Bahkan kloning aggrek yang dilakukan di Kampung Anggrek ini baru pertama dilakukan di Indonesia dan pastinya tidak sembarang orang yang bisa masuk ke laboratorium kultur jaringan tersebut.
Wisata Kampung Anggrek
Beautifully Orchid

Penelitian kloning anggrek ini masih dilakukan dan akan diproduksi massal sekitar 3,5 tahun mendatang untuk meningkatkan produksi tanaman dari 300 ribu/ tahun menjadi 1 juta/tahun. Pilihan yang tepat untuk membidik pasar ekspor.

2. Green House

Ada 5 green house di Kampung Anggrek yang penuh dengan berbagai jenis anggrek unik dan langka. Salah satu diantaranya adalah anggrek bulan hybride (Phalaenopsis hybride). Di dalam green house ini, kegiatan yang dilakukan yaitu pengumpulan induk anggrek, persilangan, aklimatisasi kecambah dan pembuahan. Karena dibuka untuk umum, hal ini tentu menjadi pengetahuan baru bagi masyarakat maupun pelajar.
Wisata Kampung Anggrek
Green House
Di dalam green house ini, kemolekan bentuk ratusan jenis anggrek warna warni akan menyambut siapapun yang datang dan kecantikan bunga nya terpampang di setiap sisi ruangan. Suasana yang teduh dan indah, pasti menjadi lokasi favorit bagi kaum hawa. Jika lelah, deretan gazebo tersedia di depan green house.

3. Taman Kelinci

Jangan heran jika ada taman kelinci di dalam Kampung Anggrek. Mendengar adanya taman kelinci, tentu tempat wisata di Kediri ini bisa dinikmati dari segala kalangan. Ada taman kelinci di area kampung anggrek yang bisa dikunjungi untuk menyaksikan kelinci-kelinci bermuka unyu-unyu.
Wisata Kampung Anggrek
Taman Kelinci

Taman kelinci merupakan kandang kelinci berukuran cukup luas dengan berbagai jenis kelinci di dalamnya. Jenis-jenis kelinci tersebut antara lain kelinci angora, kelinci LOP, kelinci belanda, kelinci english spot, kelinci himalaya, kelinci lion, kelinci satin, Netherland dawrf, kelinci new zealand, kelinci hotot, kelinci harlequin dan kelinci havana. Tapi jangan berfikir lebih jauh bahwa kelinci-kelinci ini suatu saat akan ikut dikloning. Hm... maybe.

Selain menjadikan anggrek sebagai icon utama tempat wisata, ada berbagai hiburan lain yang menarik di Kampung Anggrek yang membuat tempat wisata di kediri ini semakin membuat betah siapapun yang datang. Adanya green house, taman kelinci, patung raksasa gorila yang terbuat dari jagung dan tatanan taman yang dihiasi varietas nanas dan tanaman lain, membuat Kampung Anggrek tidak lepas dari acara selfie. Of course !

Sebagai tempat wisata populer di Kediri yang buka pada jam 07.30 - 16.30 siapapun pasti tergiur untuk berkunnjung. Lokasi wisata Kampung Anggrek tentu sudah membuat siapapun yang datang merasa nyaman dengan adanya berbagai fasilitas yang baik seperti gazebo yang tersebar di area wisata, musholla, kantin, toilet dan deretan tempat duduk. Ingin berlama-lama?, kenapa tidak?

Wisata Kampung Anggrek
Taman Kampung Anggrek

Tidak hanya memamerkan varietas unggulan, berbagai jenis bunga anggrek juga dijual dengan harga ekonomis. Untuk bibit bunga dijual sekitar Rp 25.000, untuk yang sudah berbunga dijual di kisaran Rp.30.000 - Rp100.000. Sedangkan bunga yang besar dan langka dijual di kisaran Rp.200.000. Orchid lovers, you must come in !.
Wisata Kampung Anggrek
With the Big Guy

Tips Mengunjungi Tempat Wisata Kampung Anggrek :
  1. Patuhi aturan yang ada di lokasi wisata seperti dilarang merokok di area green house, dilarang memetik tanaman, dan sebagainya.
  2. Laboratorium Kultur Jaringan hanya boleh dimasuki oleh petugas, jadi jangan sembarangan masuk.
  3. Jangan merusak tanaman yang ada di taman maupun wahana wisata lain.
  4. Jangan memberi makanan sembarangan pada kelinci di taman kelinci.
  5. Jagalah kebersihan di area wisata.
loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kampung Anggrek - Wisata Cantik di Lereng Gunung Kelud"

Post a Comment