Ranu Gumbolo - Sensasi Pegunungan di Pinggiran Kota Tulungagung

loading...
loading...
Ranu Gumbolo Tulungagung. Siapa yang tidak tertarik melihat pemandangan menawan pegunungan seperti matahari terbit di pucuk Ranu Kumbolo?. Bagi banyak orang, Ranu Kumbolo atau pernah disebut Ranu Gumbolo, adalah surga di Gunung Semeru dan mayoritas pendaki gunung'lah yang bisa menikmati keindahannya. But now, pesona pemandangan ala Ranu Kumbolo buka hanya bisa disaksikan di film saja. Jika ada suatu tempat yang pesonanya nyaris sama dengan Ranu Kumbolo, kenapa tidak mencoba?. Tanpa alat pendakian, menikmati hawa alam yang segar bisa dicoba di Ranu Gumbolo Tulungagung.
ranu gumbolo
Ranu Gumbolo Tulungagung
Ranu Gumbolo berada di kompleks Waduk Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. Rute jalan sangat mudah diakses dari Surabaya maupun Kediri, dengan penunjuk arah yang jelas dan kondisi jalan yang baik untuk dilewati roda dua maupun roda 4.

Waduk Wonorejo sangat besar dan indah, dengan air melimpah yang dikelilingi perbukitan. Besarnya kapasitas air yang mencapai 3,85 juta meter persegi, ditambah pemandangan sekelilingnya yang hijau segar, membuat tempat ini tampak sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Tak salah jika tempat wisata di Tulungagung ini sangat diminati wisatawan dari dalam maupun luar kota.
ranu gumbolo
Welcome to Ranu Gumbolo
Keindahan waduk semakin lengkap dengan adanya tempat wisata Ranu Gumbolo yang fenomenal. Ranu Gumbolo merupakan sebuah area tak jauh dari Waduk Wonorejo, dimana ada view cantik yang pasti sangat tidak asing bagi para penggiat alam maupun pendaki gunung. Yah... sekilas tempat wisata di Tulungagung ini sangat mirip dengan Ranu Kumbolo yang ada di area Gunung Semeru.  
ranu gumbolo
Sungai di Ranu Gumbolo
Berbeda dari namanya 'ranu', tempat ini bukanlah danau maupun kolam, tapi merupakan aliran sungai tenang di sekitar Waduk Wonorejo. Suasana yang tenang, teduh, serta berada di bawah hutan pinus akan membuat siapapun merasa betah berlama-lama bersantai sambil menikmati pemandangan cantik yang dikelilingi perbukitan hijau. How the beautiful landscape !

Jika Ranu Kumbolo ada di ketinggian 2.400 mdpl dengan cuaca yang bisa berubah extreme, Ranu Gumbolo berada di ketinggian 182 mdpl dengan cuaca panas yang terberai karena lebatnya pepohonan pinus. Sudah ada beberapa gasebo, tempat duduk, hingga tempat selfie yang disediakan di area wisata Ranu Gumbolo. So let's choose, ingin tiduran di atas hammock?, bersenda gurau di bawah gasebo?, naik ke rumah pohon untuk melihat landscape dari ketinggian? atau menanti sunset di depan tenda dome?. This is second Ranu Kumbolo !
ranu gumbolo
Hutan Pinus Ranu Gumbolo
Ranu Gumbolo bukan hanya menyediakan ruang untuk bersantai dengan adanya berbagai fasilitas bangunan. Ingin having fun?, cobalah melintasi area sungai dengan sepeda air. Air sungai kehijauan yang nyaris tidak tampak mengalir sangat aman digunakan untuk bermain sepeda air, bahkan tenangnya sungai ini menjadi tempat yang cocok bagi siapapun yang hobi memancing. Sebelum dibuka menjadi tempat wisata, di lokasi ini banyak dimanfaatkan untuk memancing karena ada banyak jenis ikan di lokasi Ranu Gumbolo, seperti ikan gurameh, ikan nila, ikan mujair, ikan lele, bahkan ikan louhan. Petualang dan hobi memancing? maka sekali lagi, tempat ini cocok untuk camping.

Sejak diresmikan pada Juli 2016, tempat wisata Ranu Gumbolo terus dikembangkan. Berbagai fasilitas umum seperti lokasi parkir, gasebo, penjual makanan-minuman dan toilet sudah tersedia di area wisata.
ranu gumbolo
Waiting for sunset
Penamaan Ranu Gumbolo tentu bukan karena tempat ini sebuah danau atau kolam - karena tempat ini adalah sungai, tapi cenderung ke pesona alamnya yang menyerupai Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Sepintas, landscape di ujung Ranu Gumbolo memang mirip dengan dua bukit Ranu Kumbolo yang selalu mengapit sunrise. Sedangkan sunset juga tak kalah menawan ketika mulai lenyap di ujung aliran sungai Ranu Gumbolo. Hm... serupa namun tak sama.

Tips Mengunjungi Ranu Gumbolo Tulungagung :
  1. Gunakan sandal yang nyaman karena area wisata ini ada di daerah perbukitan.
  2. Pakailah pelindung kepala untuk melindungi dari panas yang menyengat di daerah lapang.
  3. Bawalah hammock untuk mengantisipasi habisnya tempat istirahat karena banyaknya pengunjung.
  4. Berhati-hatilah saat naik ke rumah pohon karena tidak ada pengaman. Jika selfie, kondisikan waktu selfie dengan pengunjung yang antri.
  5. Berhati-hatilah saat naik sepeda air, jangan mengayuh terlalu jauh dari lokasi start.
  6. Jagalah kebersihan di area wisata yang masih terjaga kebersihannya.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Ranu Gumbolo - Sensasi Pegunungan di Pinggiran Kota Tulungagung"

Post a Comment