Menyibak Kesunyian Air Terjun Grenjeng yang Tersembunyi

Loading...
Air Terjun Grenjeng Blitar. Sekilas memang asing mendengar nama Air Terjun Grenjeng. Jangankan wisatawan luar kota, masyarakat asli kota Blitar'pun juga tidak semua tahu tentang Air Terjun Grenjeng. Namun popularitas sebuah tempat wisata di Blitar tidak hanya dilihat dari banyaknya orang yang tahu, justru karena tidak banyak orang yang tahu, Air Terjun Grenjeng digemari oleh traveler dan penggiat alam untuk menikmati secuil kesejukan di dalam kesunyian hutan. Hm... let's check it out !
air terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng berada di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Rute ke Air Terjun Grenjeng, dari kota Blitar ambil arah ke Kecamatan Panggungrejo, ke arah Pantai Serang Blitar. Sebelum pertigaan petunjuk arah ke tempat wisata Pantai Serang dan Pantai Pasir Putih Peh Pulo yang ditandai dengan pertigaan pohon besar, ambil arah kiri ke jalan kecil yang berjarak sekitar 20 meter sebelum pertigaan. Belum ada petunjuk arah ke Air Terjun Grenjeng di sekitar jalan, sehingga bisa menggunakan Google Maps (8°15’28.29″S 112°17’8.85″E) atau GPS (Gunakan Penduduk Sekitar). 

Kendaraan pribadi bisa dititipkan di rumah penduduk terakhir sebelum memulai trecking sekitar 700 meter, melewati perkebunan dan sawah penduduk. Setelah melewati sungai, ambil arah ke kiri. Kemudian berjalan mengikuti pematang ke arah kanan, jangan mengikuti arah sungai. Air Terjun Grenjeng akan nampak setelah melewati pohon perdu yang rapat. Layaknya membuka tabir kehidupan, this is time to enjoying.

Air Terjun Grenjeng merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Blitar yang belum resmi dibuka untuk umum, sehingga tak heran jika lokasi tidak mudah dicapai dengan kendaraan umum maupun roda empat. Air Terjun Grenjeng diapit oleh tebing hitam yang mengelilingi area air terjun. Ada kedung di bawah air terjun berketinggian sekitar 20 meter ini. Ingin berenang, bermain air dengan bebas, bercengkerama maupun camp sangat cocok dilakukan dan patut dicoba. Terlebih jika siang hari panas menyengat, mendinginkan diri di bawah air terjun akan sangat menggoda. Jika waktu yang tepat memberi kesempatan, sensasi private waterfall bisa didapat. 
air terjun grenjeng
Kedung Air Terjun Grenjeng
Debit Air Terjun Grejeng tergantung musim. Jika musim kemarau, debit air tidak terlalu besar dan bisa saja kering kerontang. Sedangkan saat musim hujan, debit air yang besar akan mengundang wisatawan untuk berkunjung.

Meski samar-samar belum ada yang mengenal Air Terjun Grenjeng, para traveler tentu tidak asing dengan nama air terjun ini. Apalagi suasana yang masih sepi, sejuk, alami dan tersembunyi adalah suasana kebanggaan para traveler. Walaupun tergolong sepi pengunjung - kecuali masyarakat sekitar, tidak menutup kemungkinan adanya beberapa pengunjung yang datang untuk mampir selepas berwisata ke Pantai Peh Pulo maupun Pantai Serang, terutama ketika hari libur. Atau malah belum mengetahui bahwa ada wisata air terjun di dekat kedua pantai tersebut. Yay, try an come in.
Cheers...

Tips Berwisata ke Air Terjun Grenjeng Blitar :
  1. Pipilih waktu yang tepat untuk wisata yang menyenangkan, tentu bukan saat musim kemarau.
  2. Gunakan kendaraan pribadi roda dua untuk mempermudah perjalanan maupun parkis karena mendekati lokasi air terjun, jalan berbatu makadam dan tidak ada angkutan umum yang menjangkau ke lokasi.
  3. Titipkan kendaraan pribadi di rumah penduduk yang berada di dekat lokasi. (rumah terakhir).  
  4. Jika tidak paham lokasi, bisa bertanya ke penduduk sekitar.
  5. Gunakan sandal anti selip untuk trecking dan menyeberangi sungai.
  6. Berhati-hatilah ketika berenang di bawah air terjun karena cukup dalam.
  7. Waspadai ketika musim hujan, debit air bisa sangat deras dan bisa saja terjadi banjir atau tanah longsor.
  8. Bawalah bekal makanan dan minuman karena tidak ada fasilitas warung makan. 
  9. Untuk kamar mandi bisa menumpang di penduduk sekitar karena belum ada fasilitas.
  10. Bawalah sampah kembali dan jangan mengotori area Air Terjun Grenjeng yang masih alami.
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Menyibak Kesunyian Air Terjun Grenjeng yang Tersembunyi"

Post a Comment