Uji Adrenalin di Kolam Penangkaran Hiu Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar Karimun Jawa. Pulau Menjangan merupakan salah satu wisata di Kepulauan Karimun Jawa yang sangat populer. Selain paling dekat dengan pulau utama Karimun Jawa, Pulau Menjangan Besar menawarkan beberapa hal yang menarik para wisatawan, salah satunya adalah adanya tempat penangkaran hiu. Bukan hanya adanya penangkaran hewan laut buas saja, Pulau Menjangan Besar juga menawarkan hiburan serta pesona alam yang memikat. Tak salah kalau pulau satu ini menjadi pulau tujuan paling favorit di kalangan wisatawan. Waow, lets check it out !
pulau menjangan besar
Pulau Menjangan Besar
Pulau Menjangan Besar berada di Kepulauan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Berada paling dekat dengan pulau utama, hanya membutuhkan sekitar 10 menit menggunakan speedboat untuk ke Pulau Menjangan Besar.
pulau menjangan besar
Dermana Pulau Menjangan Besar
Sampainya di dermaga Pulau Menjangan Besar, penangkaran hiu kebanyakan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Menyaksikan beberapa hiu di sebuah kolam dari jarak dekat tentu sangat mengesankan, apalagi selama ini hiu dikenal sebagai binatang laut paling berbahaya, bisa mendekatinya saja akan jadi hal yang luar biasa. Tidak hanya itu, siapapun bisa masuk ke dalam kolam penangkaran, are you ready to test your adrenaline?. Jadi, daripada hanya melihat dari atas, turunlah ke panggung arena untuk mencoba sensasi di kolam hiu. Pawang kolam penangkaran akan menggunakan umpan ikan untuk mengundang para hiu mendekat. Waow! enjoy the suspense.
penangkaran hiu
Kolam Penangkaran Hiu
Hiu di lautan kepulauan Karimun Jawa dulunya selalu ditangkap, dimakan dan dijual. Karena itulah nelayah di Kepulauan Karimun Jawa berencana menangkar hiu-hiu tersebut untuk mencegah kepunahan. Para nelayan menangkap hiu dengan dipancing mulai dari ukuran 2 kg - 45 kg. Mereka menggunakan pancing karena kebanyakan hiu mati jika ditangkap dengan jaring. Hiu yang sudah ditangkar, dikembangbiakkan dan akan dilepas di laut setelah berumur 15 tahun. Penangkaran hiu di Kepulauan Karimun jawa sudah berumur sekitar 46 tahun. Selain di Pulau Menjangan Besar, penangkaran hiu ada juga di Pulau Tengah.

Selain hiu, ada beberapa biota laut yang ditangkar seperti penyu, burung elang jawa, bintang laut serta ikan buntal. Lega berfoto dengan para hiu, kurang lengkap jika tidak bersama biota laut lainnya. Berbagai jenis bintang laut dengan bentuk unik dan beragam sampai ikan buntal dengan pose lucu mengembangnya bisa menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Have fun while there on this island. 
penangkaran hiu
Area Penangkaran Pulau Menjangan Besar
Lelah menyapa serta bermain adrenalin dengan biota laut,mencoba water sport akan kembali mengajak siapapun untuk kembali memacu adrenalin. Banana boat bisa menjadi salah satu alternatif menyenangkan yang bisa dicoba. Atau ingin duduk santai menikmati senja?, duduklah santai di mini resto Pulau Menjangan Besar sambil menyaksikan keasyikan para wisatawan berpacu dengan adrenalin di sisi kolam penangkaran hiu.
pulau menjangan besar
Cheers...

Tips Mengunjungi Pulau Menjangan Besar :
  1. Biaya sandar kapal dan berfoto dengan biota laut bisa diperhitungkan lebih dulu. 
  2. Konfirmasilah dengan pawang jika ingin berfoto dengan hiu.
  3. Biasanya untuk wanita berhalangan, tidak masalah jika ingin masuk ke kolam hiu, tapi bertanyalah kepada guide atau pawang terlebih dahulu.
  4. Tetaplah tenang saat berada di kolam hiu.
  5. Berjalanlah berlahan ketika ada di kolam hiu, pijakkan telapak kaki ke dasar dengan baik, jangan menggantung.
  6. Jangan masukkan tangan ke dalam air karena hiu bisa menganggapnya sebagai umpan.  

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Uji Adrenalin di Kolam Penangkaran Hiu Pulau Menjangan Besar"

Post a Comment

Welcome....!!!