Pulau Cilik - Bercengkerama Ringan di Tengah Panorama Menawan Karimun Jawa


Pulau Cilik Karimun Jawa. Kepulauan Karimun Jawa merupakan salah satu surga wisata bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Beberapa destinasi pulau pilihan tersedia, so choose where will you going. Dari 27 pulau di Kepulauan Karimun Jawa, tidak semua pulau selalu menyajikan suasana ataupun pemandangan yang menarik. Tapi tetap ada beberapa destinasi pilihan pulau yang akan membuat liburan tidak sia-sia, salah satunya adalah Pulau Cilik. Pulau Cilik (Pulau Kecil) menjadi salah satu tujuan pilihan ketika berada di Kepulauan Karimun Jawa. Dari namanya, pasti terbesit pulau ini tampak mungil, minimalis, sepi, teduh atau tidak berpenghuni?. Yay, you must going there.
Pulau Cilik Karimun Jawa
Pulau Cilik berada di Kepulauan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Pulau Cilik memiliki luas sekitar 2 Ha dan merupakan salah satu pulau populer dari 27 pulau yang membentuk Kepulauan Karimun Jawa. Dilihat dari ukurannya yang seluas 2 Ha, pastilah akan sangat memuaskan berkunjung di Pulau Cilik Karimun Jawa ini.

Berada di bagian timur Kepulauan Karimun Jawa, mengunjungi Pulau Cilik hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi laut, speedboat. Perjalanan dari dermaga Pulau Karimun Jawa ke Pulau Cilik membutuhkan waktu sekitar 1 - 1,5 jam perjalanan tergantung keadaan perahu dan cuaca. Jangan beranggapan bahwa perjalanan panjang akan sangat membosankan. Panorama kepulauan Karimun Jawa yang hijau gagah menjulang, melewati Pantai Nirwana dan Pantai Anora yang sepi, ditambah jernihnya air laut yang biru akan membuat perjalanan cukup singkat. Sesekali, tidur sambil menikmati angin laut juga tak salah dilakukan.

Sebuah dermaga akan mengakhiri perjalanan laut ke Pulau Cilik. Welcome to Cilik Island !. Jangan heran jika suasana di Pulau Cilik sangat tenang, bahkan suara ombak nyaris tidak terdengar karena gelombangnya yang sangat kecil. Pasir putih bersih yang lembut menyambut di bibir pantai dengan sapuan ringan ombak pantai utara.
Garis Pantai Pulau Cilik
Pulau Cilik Karimun Jawa ini sangat teduh dan bersih. Air laut yang bening dengan gelombang kecil dan nyaris tidak ada ombak membuat Pulau Cilik cocok untuk bermain air, berenang, snorkeling maupun free diving di area sekitar Pulau Cilik. Panorama laut biru dan kepulauan yang hijau membentang di garis horison sangat cocok untuk memanjakan mata sembari makan siang dengan sajian ikan laut khas Pulau Karimun Jawa. This is ideal atmosphere lunch for anyone.

Mencoba berkeliling Pulau Cilik yang hanya seluas 2 Ha, untuk menunggu sajian ikan bakar juga tidak ada salahnya. Adanya ayunan di atas laut dan juga di daratan disediakan agar siapapun bisa having fun sekaligus puas menikmati panorama pulau yang sangat tenang. Beberapa spot menarik tersedia luas di sekitar Pulau Cilik, dan that is time for hunting photo.
Nice Panorama
Try to Fly
Selain suasana yang begitu menenangkan, menikmati taman bawah laut di sekitar Pulau Cilik sangat tepat untuk dicoba. Laut yang tidak terlalu dalam sangat cocok untuk snorkeling maupun free diving. Dengan kondisi air laut yang jernih, spot Pulau Cilik Karimun Jawa menampakkan sekelompok angelfish, anemon laut, nemo fish, clownfish, lobster dan deretan terumbu karang penuh warna. Ada dua spot yang bisa dicoba di area Pulau Cilik yaitu spot Pulau Cilik dan spot kemloko Pantai Anora. Spot Pantai Anora lebih dalam dengan terumbu karang yang lebih beragam dan indah. Jadi, nikmati keduanya dan having fun with the wonderfull underwater Cilik Island !.

Underwater Spot Pulau Cilik
Tips Berwisata ke Pulau Cilik Karimun Jawa :
  1. Gunakan sunblock, topi, payung untuk melindungi dari panas menyengat.
  2. Bawalah bekal makan untuk dibakar di Pulau Cilik.
  3. Waspadai ikan nemo karena jika tersentuh bisa menyebabkan gatal-gatal.
  4. Jagalah kebersihan di area Pulau Cilik yang masih terjaga kebersihannya.
  5. Waktu yang baik untuk free diving adalah pagi hari di spot Pulau Cilik dan sore hari di Spot Pantai Anora, atau sebaliknya. Siang hari gunakan untuk makan siang karena panas terik tidak cocok untuk free diving. 

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Pulau Cilik - Bercengkerama Ringan di Tengah Panorama Menawan Karimun Jawa"

  1. Bansai ni pulau cilik. Tapi ane bingung itu ikan nemo kok tersentuh kulit bs gatal yah. Kalau ubur - ubur sih iya jika tersentuh bisa gatal meringis, nah ini nemo !
    Ah tak kesah lah. Keren sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kemarin memang gatal2 habis kesenggol ikan nemo,

      Delete

Welcome....!!!