Gili Ketapang - Mengeksplorasi Pesona Pulau 'Bergerak' Probolinggo

loading...
loading...
Pulau Gili Ketapang Probolinggo. Area selat Madura tidak hanya populer dengan Gili Labak maupun Gili Iyang, sedangkan Probolinggo juga tidak hanya populer dikenal dengan adanya wisata Gunung Bromo yang sampai kini menjadi andalannya. Probolinggo memiliki tempat wisata baru yang mulai menjadi buah bibir di kalangan para traveler yang semakin memperlengkap destinasi wisatanya. Setelah wisata gunung, Probolinggo mengenalkan Gili Ketapang, wisata bahari yang lambat laun mulai menampakkan pesonanya.
pulau gili ketapang
Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili ketapang dengan luas 68 Ha, berada di wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Pulau menyerupai kecebong di tengah laut ini terletak sekitar 8 kilometer di pantai utara Probolinggo. Gili Ketapang merupakan sebuah desa kecil di Selat Madura, maka tak heran jika sebagian besar penduduknya adalah suku Madura dengan mata pencaharian sebagai nelayan. 

Akses menuju Gili Ketapang sangat mudah. Ada beberapa rute yang bisa dilalui untuk menuju tempat wisata di Probolinggo ini, yaitu :
  1. Dengan kendaraan pribadi dari Surabaya, ikuti jalur lingkar utara Jawa Timur sampai arah kota Probolinggo. Sampai di perbatasan, ikuti petunjuk ke arah kota, kemudian ikuti petunjuk arah ke Pelabuhan Tanjung Tembaga.
  2. Dengan bus atau kereta api, dari Teminal atau stasiun Probolinggo, bisa menggunakan jasa ojek. Di area stasiun bisa memilih transportasi seperti becak dan becak motor untuk menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga.
Sampai di Pelabuhan Tanjung Tembaga, satu transportasi yang bisa digunakan adalah kapal motor. Para nelayan tak segan akan segera menawarkan jasa untuk mengantarkan wisatawan ke Pulau Gili Ketapang. Kendaraan pribadi bisa diparkir di Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Kapal motor bisa mengangkut sekitar 20 orang. Biasanya Kapal motor pemberangkatan dari Probolinggo - Gili Ketapang ada saat jam 08.00 - 16.00, sedangkan dari Gili Ketapang - Probolinggo, kapal motor ada di jam 06.00 - 18.00. Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga ke Pulau Gili Ketapang memakan waktu sekitar 45 menit dengan pemandangan selat Madura yang 'panas-panas semilir'.

Tempat wisata Gili Ketapang merupakan tempat hilir mudik nelayan, tak heran jika di pesisir pantainya maupun dermaga terlihat banyak kegiatan nelayan. Kadang bau ikan juga sangat menggoda untuk segera disantap. Welcome to Gili Ketapang!. Pasir putih menyambut siapapun yang tiba di Pulau Gili Ketapang. Pasir putih indah dengan hiasan koral, potongan ranting pohon dan sampah yang cukup berserakan. 
pulau gili ketapang
Pesisir Gili Ketapang
Menurut masyarakat sekitar, dulunya Pulau Gili Ketapang bersatu dengan Ketapang Kecamatan Sumberasih. Akibat gempa bumi yang disebabkan meletusnya Gunung Semeru, sebagian daratan Desa Ketapang terpisah dari Probolinggo kurang lebih sejauh 5 mil. Itu Kenapa pulau ini dinamakan Gili Ketapang, yang dalam bahasa Madura berarti 'mengalir'. Bahkan mitosnya, Pulau Gili Ketapang bisa bergerak semakin menjauhi Pulau Jawa. 

Banyak kambing dan domba yang berkeliaran di sekitar desa, bahkan bisa dibilang kalau kambing memang hewan ternak yang paling mendominasi di  Gili Ketapang. Meski banyak hewan kambing, justru ada Gua Kucing di Gili Ketapang. Hm.... tanya kenapa?, tentu karena Gili Ketapang menyimpan aneka legenda yang sangat menarik.

Jangan ke Gili Ketapang jika hanya mengejar kondisi bawah lautnya yang mulai fenomenal. Ada beberapa lokasi unik yang bisa dikunjungi di Pulau Gili Ketapang. Aneka legenda yang menarik, tentu menjadikan tempat ini bisa disebut sebagai wisata religi. 

Berikut adalah beberapa tempat menarik di Gili Ketapang :

1. Gua Kucing
Gua Kucing menjadi tempat yang dikeramatkan di Pulau Gili Ketapang. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, tempat ini adalah petilasan Syech Isyap, penyebar agama Islam yang singgah dari perjalanan. Dia hidup di tempat ini bersama ribuan kucing.
gua kucing
Gua Kucing
Cerita lain yang beredar di masyarakat, Gua Kucing ini ada karena dulunya ada seekor kucing yang menggali tempat ini, sehingga disebut sebagai Gua Kucing. Tak heran jika di area Gua Kucing memang banyak hewan kucing, tapi tak lupa si kambing juga tetap hilir mudik di sekitar.

2. Gua Sumur Tujuh
Gua Sumur Tujuh masih satu area dengan Gua Kucing, letaknya tepat di pesisir menghadap ke laut. Ada jalan yang menuju ke dalam gua yang berada di bawah tanah. Setelah turun ke dasar gua, lanjutkan dengan jalan jongkok karena bagian dalam gua hanya mempunyai ketinggian sekitar 50 cm. Di area itulah ada 7 sumur kotak yang berasa asin. 
gua sumur tujuh
Gua Sumur Tujuh
Menurut cerita masyarakat sekitar, 7 lubang ini ditemukan begitu saja, sebelum akhirnya dibangun di bagian dalamnya untuk mencegah dari kerusakan, meski menghilangkan bentuk aslinya.

3. Area Gua Kucing
Selain Gua Kucing dan Gua Sumur Tujuh yang berbatasan langsung dengan pantai, berjalan-jalan ke belakang Gua Kucing juga merupakan salah satu tempat yang sangat menarik terutama untuk spot foto. Area luas dengan pepohonan rindang yang tumbuh di hamparan karang seakan-akan menyulap bahwa tempat ini tidak sedang di tepi pantai, lebih mirip seperti area lapangan yang tinggal menunggu waktu untuk dibabat habis.
gua kucing
Bagian Belakang Gua Kucing

Adanya karang-karang besar yang tersebar di area pepohonan rindang, serta beberapa area dengan kontur tanah yang lembek, kemungkinan dulu tempat ini ada karena surutnya air laut. Jadi, mitos tentang Gili Ketapang yang bisa bergerak mungkin benar, I do not think so, just maybe.

Mengeksplorasi bagian darat Pulau Gili Ketapang, selain dikenalkan dengan beberapa kambing, tempat bersejarah Gua Kucing, beberapa area menarik di pesisir dengan landscape lautan - pegunungan, it's time to touch the underwater.

Pulau Gili Ketapang memiliki dua jenis pantai dengan kontur yang berbeda. Bagian barat pulau ini memiliki pantai pasir sebagai dermaga penghubung antara pulau dengan Pelabuhan Tanjung Tembaga. Sementara bagian timur merupakan spot yang tepat untuk melakukan snorkling maupun free diving.

Banyak yang bisa menggambarkan bagaimana kondisi bawah laut Gili Ketapang. Di beberapa sisi di area yang tidak terlalu dalam, kebanyakan karang sudah rusak dan banyak dijumpai bulu babi di dasar lautnya. Namun jika teliti, ikan nemo tidak sulit untuk ditemukan. Di sisi yang lain, di area yang cukup dalam, justru bawah laut tidak jelas terlihat kecuali mau menyelam lebih dalam. Jika tidak cukup keruh, biota dan koral laut sangat beragam dan menarik. Ikan nemo tentu biota laut yang paling banyak dicari, tapi jangan lewatkan biota laut lainnya. Banyak jenis terumbu karang yang bisa dijumpai seperti Acropora Cervicurnis, Acropoda Micropthalma dan Sidesratra Siderea.
snorkeling gili ketapang
Nemo Fish
Pulau Gili Ketapang memang sangat menarik. Dari segi wisata, pulau ini menawarkan wisata bahari dan sejarah, hal ini akan dilengkapi dengan wisata kuliner yang mungkin ingin dicoba saat perut mulai lapar. Beberapa agen perjalanan wisata ramai-ramai membuka jasa open trip untuk mengantar wisatawan, tapi jika ingin sendirian, Gili Ketapang selalu menanti. 
gili ketapang
Cheers...
Tips berwisata ke Pulau Gili Ketapang :
  1. Jika menggunakan transportasi umum seperti ojek dan becak, catat nomor supir agar bisa menjemput ketika perjalanan pulang. Belum ada transportasi umum cuma-cuma di area Pelabuhan Tanjung Tembaga, sedangkan jarak antara pelabuhan dan jalan utama sangat jauh.
  2. Sebaiknya datang beramai-ramai agar biaya sewa kapal lebih murah.
  3. Area pantai menuju ke Gua Kucing cukup terjal karena dipenuhi batuan karang jadi gunakan alas kaki yang tepat. Selain itu banyak kotoran kambing di di sekitar.
  4. Ketika siang hari cuaca sangat panas, gunakan pelindung kepala. Bawalah sunblock untuk menghindari sinar UV berbahaya ketika di pantai maupun ketika berenang di laut.
  5. Berhati-hatilah ketika snorkling maupun free diving karena ada banyak bulu babi di dasar laut yang tidak terlalu dalam. 
  6. Untuk melihat terumbu karang lebih jelas, menyelamlah lebih ke dalam karena ada beberapa tempat dengan air cukup keruh yang membatasi pandang mata, sehingga free diving lebih tepat dilakukan daripada snorkling.
  7. Fasilitas sekitar seperti kamar mandi umum air tawar sudah tersedia dengan kondisi bagus dan bersih, buanglah kotoran (shampo, sabun, dst) pada tempat sampah yang disediakan.
  8. Fasilitas penginapan peziarah tersedia cukup nyaman. Bisa digunakan untuk bermalam. Jika ingin yang tidak antimainstream, bisa bermalam dengan tenda di sisi pantai.
loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Gili Ketapang - Mengeksplorasi Pesona Pulau 'Bergerak' Probolinggo"

Post a Comment