De Karanganjar Koffieplantage - Tempat 'Ngopi' Unik Anti Mainstream

Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar. Bagi sebagian besar orang, kurang lengkap rasanya jika berbincang santai alias nongkrong dilakukan tanpa ngopi. Kopi memang masih berada di puncak klasemen dalam hal menjadi teman setia ngobrol, khususnya kalangan remaja maupun dewasa. Menikmati kopi anti mainstream tentu menjadi hal menarik. Bukan hanya dikhususkan untuk para pecinta kopi saja, namun bisa membuat siapapun jatuh cinta. Sebut saja De Karanganjar Koffieplantage, perkebunan yang disulap menjadi pusat kopi unik anti mainstream.
perkebunan kopi karanganyar
Perkebunan Kopi Karanganyar
Perkebunan Kopi Karanganyar berada di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kabupaten Blitar. Rute arah menuju tempat wisata di Blitar ini tidak susah. Dari Kota Blitar ikuti arah ke Nglegok - searah dengan tempat wisata Candi Penataran. Sampainya di pertigaan penataran, ambil arah ke kanan dan ikuti arah hingga menemukan perempatan Kantor Desa Modangan, kemudian ambil arah kiri. Ikuti arah ke Kampung Melon dan lanjutkan mengikuti jalan hingga sampai ke area perkebunan.

Tempat wisata Perkebunan Kopi Karanganyar kini menjadi icon wisata baru di Blitar yang sangat diminati wisatawan dari berbagai kalangan. Bukan hanya para pecinta kopi, photografer maupun pecinta sejarah juga bisa menikmati kegemarannya disini. Spot-spot menarik, cafe klasik dan beberapa museum berdiri megah dan unik di area 300,0600 Ha. Seperti sulap, nama Perkebunan Kopi Karanganyar mulai meluap di kalangan wisatawan.
perkebunan kopi karanganyar
De Karanganjar Koffieplantage
Perkebunan Perkebunan Kopi Karanganyar dikelola oleh pihak swasta PT.Harta Mulia dengan luas sekitar 300,0600 Ha dengan komoditi utama cengkeh, durian, ketela dan kopi. Kini produk utama yang masih dilanjutkan adalah cengkeh dan kopi. Tempat wisata Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar ini masih terus pada tahap perkembangan. 

Ada beberapa lokasi menarik di tempat wisata Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar ini yang tidak boleh dilewatkan :

1. Rumah Loji

Rumah Loji merupakan tempat tinggal orang tua Bupati Blitar Herry Noegroho (masa jabatan 2006 - 2016) yang memiliki Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar ini. Siapapun yang masuk tidak akan keluar dengan kepala kosong karena guide akan menjelaskan sejarah dan perkembangan Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar. Tour Rumah Loji buka jam 10.00 - 12.00 dan 13.00 - 16.00.
rumah loji
Rumah Loji

2. Onze Grootouders Cafe

Ini pasti menjadi angin segar bagi para pecinta kopi yang biasanya merajalela ketika berada di suatu daerah yang mempunyai rasa kopi khas. Disini, berbagai sajian kopi khas nusantara disajikan di dalam ruangan klasik yang sangat menarik. Kopi bisa dinikmati di dalam maupun diluar. Suasana di luar cafe tidak kalah unik dengan suasana di luar. Jika di hari minggu, jangan lewatkan Live Keroncong Music.
perkebunan kopi karanganyar
Cafe dan Ruang Pengolahan Kopi
Dekorasi unik berbaur seni di area cafe menjadi spot tujuan fotografer. Mulai dari bangunan layaknya tembok istana, sepeda kuno hingga motor Harley Davidson terpajang di depan cafe. Tatanan seni seperti jendela-jendela berwarna-warni hingga rongsokan kursi yang disulap menjadi lokasi menarik untuk berfoto menjadi sajian yang sangat tidak membosankan.
perkebunan kopi karanganyar
Klasik
Ingin membawa kopi nusantara atau kopi khas? Beberapa kopi khas daerah-daerah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke bisa dibeli di sisi kanan cafe, di ruang pengolahan kopi. Ruang pengolahan kopi ini merupakan sarana edukasi untuk mengenal proses pengolahan kopi dan klasifikasi jenis kopi. Jadi, jangan keluar dari tempat ini tanpa membawa bungkusan kopi. Tapi ingat, jangan beli tanpa membayar.

3. Museum Purna Bakti

Musium Purna Bakti berada di kanan Onze Grootouders Cafe. Musium ini merupakan replika kantor Bupati Herry Noegroho. Musium ini memang berupa ruang kerja, lengkap dengan meja dan kursi serta beberapa seritifikat, cinderamata, penghargaan dan foto dokumentasi Bapak Bupati Herry Noegroho. Kapan lagi berada di Kantor Bupati?, meski hanya replika.
museum purnah bhakti
Museum Purna Bhakti
  

4. Museum Pusaka

Museum Pusaka ada di belakang Musium Purna Bakti. Berisi pusaka-pusaka (khususnya keris) koleksi Bupati Herry Noegroho. Memasuki area Museum Pusaka seperti masuk ke area sakral, dan itu pasti. Keris pemberian Bapak Presiden Joko Widodo, Keris Panglima Sudirman, Keris Kamandanu - yang ditemukan di laut, beberapa tombak dan sapu jagat ada di museum ini. Keris-keris ini dimandikan ketika bulan Suro. Nah... sakral bukan?. Masing-masing keris yang dipajang dilengkapi dengan sejarah yang tentunya sangat bermanfaat untuk wisatawan. Karena 'siapapun tidak akan keluar dengan kepala kosong'.
museum pusaka
Museum Pusaka
museum pusaka
Koleksi Pusaka

5. Rumah Joglo

Rumah Joglo adalah bangunan khas Jawa yang ditemukan juga disini, letaknya tak jauh bersebrangan dengan  Museum Pusaka. Melihat dari jauh, rumah joglo ini sudah menunjukkan ciri khasnya yaitu tulisan jawa sebagai ungkapan perkenalan. Tidak kalah dengan Onze Grootouders Cafe, RUmah Joglo menyajikan Live Gamelan di hari Minggu.

6. Pabrik Kopi 

Lokasi ini adalah jantung dari Perkebunan Kopi Karanganyar, dulunya. Di area pabrik kopi bekas Belanda ini bisa melihat tempat penjemuran kopi dan cengkeh, lokasi penggorengan dan lokasi pemilihan biji kopi. Lokasi pabrik tua ini sudah tidak digunakan dan hanya digunakan untuk penjemuran dan pemilihan biji kopi. Tak heran ada mobil klasik tua tak terpakai terparkir di depan area pemilihan biji kopi.
pabrik kopi
Pabrik Kopi Tua
pabrik kopi
Area Pabrik Kopi Tua
Di area pabrik kopi tua ini bisa dilihat kolam renang tua yang sudah tidak digunakan dan beberapa area lain yang bisa dijadikan spot foto klasik menarik.

Tempat Wisata Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar buka mulai jam 08.00 - 17.00 dan terus melakukan proses pengembangan seiring meningkatnya wisatawan yang berkunjung. Tahap pengembangan meliputi Bukit Karanganyar untuk tempat outbond yang dilengkapi dengan rumah pohon. Wow !

Menggabungkan wisata sejarah dan edukasi, lokasi sejuk dihiasi dekorasi seni yang unik dan instagramable, ditambah sajian kopi Nusantara dari Sabang hingga Merauke, tentu bukan hanya pecinta kopi yang ingin bersantai di tempat wisata Blitar ini bukan?

Tips Wisata di Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar :
  1. Jasa guide dibuka jam 09.00 - 17.00, berbeda dengan jam buka tempat wisata. 
  2. Untuk mengunjungi Rumah Loji wajib menggunakan guide dan bisa bergabung dengan kelompok wisatawan yang lain.
  3. Taati beberapa aturan ketika tour Rumah Loji karena pada beberapa area tidak diperbolehkan untuk mengambil foto. 
  4. Merupakan area yang dibuka untuk umum, jangan merusak atau mengotori barang-barang di dalam museum.
  5. Jangan melakukan vandalisme pada dinding-dinding pabrik kopi yang sudah tidak terpakai.
  6. Jagalah kebersihan di area wisata. 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "De Karanganjar Koffieplantage - Tempat 'Ngopi' Unik Anti Mainstream"

Post a Comment

Welcome....!!!