Menyibak Pesona Pantai Cemara Sewu dan Fenomena Danau Cinta

loading...
loading...
Pantai Cemara Sewu Tulungagung. Wisata alam pantai merupakan idaman bagi banyak orang. Satu persatu tempat wisata pantai dihadirkan untuk memuaskan para wisatawan yang selalu mencari suasana baru. Cemara Sewu atau Cemoro Sewu, adalah nama salah satu pantai yang memberikan nuansa berbeda dari pantai-pantai lain di Tulungagung. Sesuai namanya, Pantai Cemara Sewu berada di samping hutan cemara rimbun. Nuansa yang teduh dan sunyi membuat tempat wisata Pantai Cemara Sewu ini cocok untuk menyepi, bersantai maupun bercengkerama, apalagi dengan adanya Danau Cinta yang akan membuat para wisatawan semakin jatuh cinta.
pantai cemara sewu
Pantai Cemara Sewu
Tempat wisata Pantai Cemara Sewu berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Berada sekitar 35 kilometer ke selatan dari Kota Tulungagung. Letaknya yang berada tepat di sebelah Pantai Sine, rute jalur ke lokasi wisata tidak susah, tetap menuju ke lokasi wisata Pantai Sine. Tiba di Pantai Sine, ada petunjuk ke arah tempat wisata Pantai Cemara Sewu.  
Pepohonan cemara akan menyambut siapapun yang memasuki 'wilayah' Pantai Cemara Sewu. Suasana yang teduh merupakan nilai plus dari tempat wisata Pantai Cemara Sewu ini. Ingin bercengkerama dimana?, tinggal pilih lokasi yang tepat untuk menikmati tarian ombak pantai selatan Tulungagung. 

Dulu, area yang kini dikenal dengan wisata Pantai Cemara Sewu merupakan hutan cemara Pantai Sine. Semakin berkembangnya pariwisata di Tulungagung serta adanya potensi pariwisata, area inipun dibuka untuk umum sebagai tempat wisata Pantai Cemara Sewu.
pantai cemara sewu
Cemara Sewu

Tak berbeda dengan Pantai Sine, kegiatan nelayan melaut bisa disaksikan dari Pantai Cemara Sewu meski dari kejauhan. Deretan perahu-perahu nelayan tampak kecil di sebelah bukit hijau Pantai Sine, terombang-ambing di 'lahan parkir' para nelayan. Berteduh di bawah rimbunnya pohon cemara merupakan angin segar saat siang hari. Panas terik matahari yang menyilaukan pasir putih pantai'pun lenyap di bawah ratusan pohon cemara yang berdiri kokoh. Menikmati angin semillir sambil bergantung santai di atas hammock tentu menarik untuk dicoba.
pantai cemara sewu
Sine dari Cemara Sewu
Selain tempat teduh dan tenang, ada salah satu pesona lain di Pantai Cemara Sewu yang sudah terkenal di kalangan muda-mudi di sekitar kawasan wisata, yaitu Danau Cinta. Mendengar namanya, siapapun akan penasaran dengan pesona baru ini. Ya... Pantai Cemara Sewu tidak lepas dari Danau Cinta dan Danau Cinta akan membuat wisatawan jatuh cinta dengan tempat wisata Pantai Cemara Sewu.

Antara Danau Cinta dan Song Bajul, mana yang menarik untuk lebih dulu dikunjungi?. Hm... Song Bajul adalah sebutan warga Sine untuk area yang kini ngetren dengan nama Danau Cinta. Perubahan nama dilakukan untuk menarik minat pengunjung dan mungkin, Song Bajul telah membuat sebagian besar wisatawan jatuh cinta. Menurut warga sekitar, konon bagi para single yang mandi di Danau Cinta bisa mendekatkan jodoh.
" Danau lagi surut, jadi masih single..."

Song Bajul atau Danau Cinta merupakan sebuah area yang cukup luas menyerupai danau. Air di Danau Cinta berasal dari aliran sungai yang bermuara menuju laut. Ketika debit air sungai tidak begitu besar, air sungai tidak bisa mengalir ke laut, sehingga membentuk sebuah danau di tepi Pantai Cemoro Sewu. Jika teduhnya ratusan pohon cemara tetap tidak bisa mengusir hawa panas dari terik matahari, jangan segan untuk menceburkan diri dan berenang di Danau Cinta.

Tempat wisata Pantai Cemara Sewu Tulungagung sudah dikelola dengan cukup baik dengan adanya beberapa warung di sekitar lokasi sekaligus petugas parkir. Sedangkan fasilitas masih minim, seperti belum adanya toilet umum yang lahan parkir resmi.

Tips Mengunjungi Pantai Cemara Sewu Tulungagung :
  1. Selain hari libur, lokasi wisata lumayan sepi, parkirlah kendaraan tidak jauh dari pandangan anda.
  2. Selain hari libur, bawalah makanan dan minuman sendiri.
  3. Jika menggunakan kendaraan roda 4, bisa diparkir sebelum masuk wisata Pantai Cemara Sewu. Jalur sempir di antara pohon cemara tidak cukup untuk kendaraan roda 4.
  4. Tempat teduh hanya di area pepohonan cemara. Jika ingin berjalan-jalan sampai ke ujung pantai, gunakan pelindung kepala dari terik matahari.
  5. Bawalah baju ganti jika ingin berenang di Danau Cinta.
  6. Song Bajul atau Danau Cinta terbentuk tergantung dari debit sungai. Masih ada kemungkinan Danau Cinta surut dan tidak bisa dinikmati dengan sempurna apalagi dibuat berenang. 
  7. Tergolong pantai selatan, berenang di kawasan pantai tidak direkomendasikan.
  8. Minimnya fasilitas kamar mandi, jangan segan untuk menumpang di penduduk sekitar.
  9. Jangan membuang sampah sembarangan karena area wiasta masih minim tempat sampah.  
 

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Menyibak Pesona Pantai Cemara Sewu dan Fenomena Danau Cinta"

Post a Comment