Sejuknya Bercengkerama di Bukit Teletubbies Blitar

Bukit Teletubbies Blitar. Mendengar nama Teletubbies tentu terbesit perbukitan hijau dan tontonan TV anak-anak yang booming tahun 2000'an. Bukit Teletubbies dengan bentuk bukit-bukit hijau yang cantik selalu menggoda wisatawan serta pendaki yang berada di Gunung Semeru maupun Gunung Bromo. Namun tidak perlu jauh-jauh kesana ataupun lelah mendaki untuk melihat cantiknya Bukit Teletubbies. Masih di Jawa Timur, Bukit Teletubbies hadir di Blitar untuk memberikan kepuasan terhadap siapapun yang penasaran dengan uniknya bukit yang dulu hanya dikenal lewat layar kaca.
gardu pandang
Gardu Pandang Sumberasri
Bukit Teletubbies Blitar berada di Perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Rute menuju Bukit Teletubies terbilang mudah karena dekat dengan lokasi Candi Penataran, tapi belum adanya petunjuk yang jelas, jangan sungkan bertanya pada penduduk sekitar.
Rutenya dari Blitar kota  -  Mayangkara - Tanggung - Dayu - Kedawung - Sumberasri. Dari pertigaan jalan kembar belok kanan dan lurus terus. Setelah bertemu SDN Sumberasri, belok kiri melewati jalan tanah. Sebenarnya bisa melalui rute Telaga Pacuh, tapi jalannya cukup susah dan membingungkan.

Melewati gapura kawasan wisata, diwajibkan melakukan registrasi tiket masuk. Setelah itu, dilanjutkan menyusuri jalan tanah keras menanjak untuk sampai di lokasi parkir. Sampai di lokasi parkir, warung-warung kecil berjajar rapi hingga di bawah tangga gardu pandang. Ada petunjuk arah wisata yang bisa dikunjungi, yaitu :
  1. Lurus ke Gardu Pandang, Gubug Asmoro, Bukit Cinta, Downhill Track. 
  2. Arah Kiri ke Pohon Cinta, Camp Area dan ATV/Motocross Track.
  3. Arah Kanan ke Kebun Coklat dan Candi Gambar Wetan, tapi tidak disarankan untuk dikunjungi karena lokasi yang jauh.
Bukit Teletubbies bisa disaksikan dari gardu pandang. Dari lokasi parkir berjalan menanjak sekitar 15 menit untuk sampai di gardu pandang. Bukit Teletubbies merupakan kebun tebu berbukit-bukit dengan latar belakang Gunung Kelud. Gardu pandang ini dulunya digunakan untuk memantau aktivitas Gunung Kelud. Kini, suasana di sekitar gardu pandang sangat berbeda, tampak cantik nan menyejukkan dengan adanya berbagai fasilitas menarik yang terus dikembangkan.
gardu pandang
Arah ke Gubuk Asmoro dan Bukit Cinta
Tidak hanya melihat luasnya kebun tebu yang membentuk perbukitan kecil, bersenang-senang di area wisata juga tidak kalah menarik. Balon udara, hammock, gubuk asmoro dan bukit cinta menjadi spot menarik untuk mendapatkan foto indah di Bukit Teletubbies Blitar. Ada tarif tertentu jika ingin berfoto di balon udara maupun hammock. Selain tarif lokasi foto, disediakan juga jasa photografer untuk membuat hasil potret lebih menarik.
balon udara
Action !
Lelah mencari spot foto, bercengkerama di bawah pohon, memandang luas hijaunya Bukit Teletubbies bak permadani sambil merasakan angin gunung yang sejuk adalah hal terakhir yang bisa dinikmati di atas. Menanti senja maupun camp untuk menanti sunrise sangat direkomendasikan untuk dicoba dan saksikan hiasan sang surya kepada ladang tebu.
bukit teletubbies
Bukit Teletubbies Blitar
Tips Mengunjungi Bukit Teletubbies Blitar :
  1. Gunakan kendaraan pribadi karena belum adanya angkutan umum. Sebaiknya menggunakan kendaraan roda 2.
  2. Kondisikan keadaan cuaca. Cuaca yang hujan akan mempersulit rute ke Bukit Teletubbies Blitar.
  3. Penjual makanan dan minuman hanya sampai batas tangga, jadi sebelum ke gardu pandang, bawalah bekal yang cukup untuk menghindari kelelahan karena turun lagi.
  4. Bawalah pelindung kepala karena siang hari sangat panas jika cuaca baik.
  5. Waktu terbaik melihat indahnya Bukit Teletubbies Blitar adalah menjelang sunrise dan sunset.
  6. Pemandangan Bukit Teletubbies akan sempurna bila tanaman perkebunan belum dipanen. 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Sejuknya Bercengkerama di Bukit Teletubbies Blitar"

Post a Comment

Welcome....!!!