Nuansa Tenang Air Terjun Irenggolo yang Menyejukkan

Air Terjun Irenggolo Kediri. Kediri menjadi salah satu tempat sejarah dimana ditemukan banyak tempat wisata dengan latar belakang sejarah Kerajaan Kediri pada jamannya. Banyaknya wisata sejarah bukan berarti tidak adanya wisata alam di Kota Tahu ini. Kediri menyimpan wisata alam yang layak dicatat dalam daftar perjalanan wisata anda. Air Terjun Irenggolo merupakan salah satu wisata di Kediri yang cukup populer. Menyajikan suasana pegunungan yang alami, kesegaran Air Terjun Irenggolo memberikan kesejukan bagi wisatawan ketika berada di Kediri. 
air terjun irenggolo
Air Terjun Irenggolo Kediri
Air Terjun Irenggolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Untuk mengunjungi air terjun ini, ikuti arah menuju Besuki. Memasuki Dusun Besuki, petunjuk arah ke tempat wisata Air Terjun Irenggolo yang searah dengan Air Terjun Dolo. Jalan menanjak beraspal mulus akan mengantar hingga ke lokasi wisata di Kediri ini.
air terjun irenggolo
Area Wisata Air Terjun Irenggolo
Parkiran yang luas dikelilingi warung-warung pedagang makanan-minuman ringan akan menyambut siapapun yang datang. Untuk menuju lokasi Air terjun Irenggolo, wajib berjalan sekitar 15 menit menyusuri jalan cor-cor'an di tengah suasana alam Pegunungan Willis yang sejuk. Gemericik air terjun akan terdengar mendekati lokasi.

Meski terpaut tidak jauh dan sama-sama berada di lereng Pegunungan Willis, tempat wisata Air Terjun Irenggolo berbeda dengan Air Terjun Dolo. Aliran air terjun tidak langsung jatuh bebas, tapi mengalir deras di bebatuan berundak. Siapapun tentu berfikiran bahwa mendaki keatas di Air Terjun ini merupakan kegiatan yang menarik, tapi ingat, bahwa bebatuan tersebut sangat licin untuk dinaiki secara langsung.
air terjun irenggolo
Batuan Berundak Air Terjun Irenggolo
Aliran air yang tidak jatuh secara langsung ini memberikan nuansa tenang yang berbeda dengan wisata air terjun yang lain. Tentu sangat menarik menikmati air terjun yang tidak terlalu berisik sekaligus tidak menimbulkan pikiran negatif adanya longsor'an. Bermain-main air di tempat wisata ini'pun akan sangat menyenangkan.

Air Terjun Irenggolo yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl mempunyai dua tingkatan yang masing-masing berundak-undak. Ada sebuah jalan setapak untuk ke tingkat-2. Disini, mandi di bawah kucuran air terjun dari tebing setinggi 80 meter tersebut patut dicoba.
air terjun irenggolo
Cheers...
Konon, nama Irenggolo berasal dari nama Iro Manggalo, seorang panglima yang bertapa di sekitar air terjun hingga akhir hayatnya. Ada beberapa kegiatan adat menarik yang bisa disaksikan di area wisata Air Terjun Irenggolo ini, yaitu :
  1. Nyadran : Dilaksanakan setiap bulan Suro penanggalan Jawa dan setiap ada hajatan. Dilakukan untuk mendapat perlindungan dan ucapan terimakasih kepada Tuhan. Selain itu untuk menghormati penguasa Pegunungan Willis dan mengenang Iro Manggolo sebagai pendahulu desa tersebut.
  2. Sesaji Tirti Husodo : Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Pegunungan Willis setiap bulan Sura untuk mengenang Resi Wasis Curigonoto, yang merupakan cikal bakal desa setempat, sekaligus memohon keselamatan pada Tuhan.
Tips Mengunjungi Air Terjun Irenggolo :
  1. Gunakan sandal anti selip di sekitar lokasi air terjun.
  2. Bebatuan berundak di air terjun cukup licin. Berhati-hatilah ketika menaiki undakan batu.
  3. Fasilitas kamar mandi sudah tidak terawat. Jika ingin ke toilet bisa menumpang di pemilik warung sekitar. 
  4. Bawalah baju ganti jika ingin bermain di area air terjun.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Nuansa Tenang Air Terjun Irenggolo yang Menyejukkan"

Post a Comment

Welcome....!!!