Panorama Pantai Molang Untuk Si Bolang

loading...
loading...
Pantai Molang Tulungagung. Berwisata ke pantai-pantai populer masih menjadi tujuan para wisatawan. Tapi tidak semuanya menyukai keramaian. Pantai yang sepi justru lebih membius para traveler untuk berbondong-bondong menikmati alam yang masih alami sekaligus jauh dari keramaian. Banyak pantai-pantai baru yang keasriannya masih sangat terjaga. Di Tulungagung, Pantai Molang menjadi wisata pantai yang cukup populer dan mulai mengundang wisatawan dari luar daerah. Jadi, ada apa di Pantai Molang?
Pantai Molang
Pantai Molang terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Berada sekitar 38 kilometer dari pusat Kota Tulungagung dan 25 kilometer dari Kademangan, Blitar.

Rute Pantai Molang Tulungagung bisa diakses dari beberapa jalur, sebagai berikut:
  1. Dari Blitar : Kademangan ke selatan - Desa Suruhwadang - Dari Kecamatan Kademangan ke kanan - Desa Maron - Pertigaan purkesmas pembantu Maron ke kanan - Pertigaan candi Desa Panggungduwet ke kanan - Pasar Puser ke kiri - Pucanglaban
  2. Dari Tulungagung : Pasar Ngunut ke selatan - Pasar Panjerejo terus ke selatan - Ke selatan sebelum Desa Ngubalan - Pasar Puser ke selatan - Pucanglaban.
Arah ke Pantai Molang sama dengan arah ke Pantai Kedung Tumpang. Di Pucanglaban, petunjuk arah ke Pantai Molang sudah jelas. Jalan ke Pantai Molang sudah diaspal bagus, meski di beberapa titik ada area jalan aspal yang rusak. Ke Pantai Molang bisa diakses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, meski agak susah. Selepas melewati Tambak Udang, jalur ke Pantai Molang cukup susah. Pantai Molang bersebelahan dengan Pantai Pacar dan Pantai Lumbung yang terpaut tidak terlalu jauh, tapi akses jalan masih mudah ke Pantai Molang.

Pantai molang menyuguhkan hamparan pasir putih yang sangat bersih. Lautan biru dengan deburan ombak khas pantai selatan tersaji di sejauh mata memandang. Tak jauh di depan, dataran karang yang bergurat indah mengundang siapapun untuk menanjakinya. Pantai Molang mempunyai dua bagian yang dipisahkan oleh muara sungai. Di seberang sungai, ada dataran karang luas yang sangat menawan. Jangan segan menyeberang sungai melewati jembatan alami untuk berkunjung ke dataran karang.
Dataran Karang Pantai Molang
Menyaksikan deburan ombak yang keras sambil bercengkerama di dataran karang merupakan salah satu hal yang menarik. Tak jarang penduduk sekitar tampak memancing ataupun mencari biota laut di sekitar dataran karang sambil menunggu senja tiba. Dataran karang ini diapit oleh laut dan perbukitan hijau, sehingga jangan bermimpi untuk bermain di pasir putih di sekitar areanya.

Pantai Molang belum dibuka menjadi tempat wisata resmi, namun pesonanya sudah menggiurkan banyak traveler. Pantai selatan yang berhadapan dengan Samudra Hindia ini memiliki ombak besar yang bisa disaksikan atraksinya ketika menghempas dataran karang ini. Amazing !

Bukan hanya menikmati pesona di dataran karang, menyusuri pasir putih Pantai Molang yang lembut juga tak kalah seru. Beberapa karang besar tersebar di bagian kanan pantai, salah satu spot menarik untuk menikmati sunset. Area pantai yang luas cocok bagi siapapun yang tak jenuh menikmati Pantai Molang dan memutuskan untuk camping ceria. Tentu sangat menyenangkan !
Waiting for Sunset

Tips wisata ke Pantai Molang Tulungagung :
  1. Pantai Molang bisa diakses dengan mobil meski agak susah.
  2. Jangan segan bertanya ke penduduk sekitar jika rute jalur membingungkan.
  3. Kondisi di area pantai sangat panas dan minim tempat berteduh, bawalah pelindung kepala.
  4. Bawalah makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung makan.
  5. Tidak ada kamar mandi. Fasilitas hanya gubuk kecil untuk parkir dan bercengkerama.
  6. Ombak pantai selatan yang besar, lebih baik tidak berenang.
  7. Jika air laut sedang pasang, tidak disarankan untuk ke dataran karang.
 
loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Panorama Pantai Molang Untuk Si Bolang"

Post a Comment