Kampung Melon - Mengenal Budidaya 'Mister Melon' Kabupaten Blitar

Kampung Melon Blitar. Pecinta buah melon mungkin jarang, tapi jika ada sebuah tempat bernama Kampung Melon, siapapun pasti tergiur untuk mengunjungi tempat wisata di Blitar yang sedang booming ini. Kampung Melon belum terlalu populer namun berpotensi menjadi agrowisata menarik di Kabupaten Blitar. Tempat wisata Kampung Melon bukan hanya menyajikan buah melon sebagai daya tarik utama, namun menggabungkan wisata yang berbasis edukasi. Selain mengundang para wisatawan, tempat wisata ini'pun mengundang para pelajar yang ingin mempelajari budidaya melon modern.
kampung melon
Kampung Melon
Tempat wisata Kampung Melon berada di Desa Modangan, Nglegok, Kabupaten Blitar. Lokasinya searah dengan Wisata Candi Penataran. Dari pertigaan, jika ke kiri ke arah wisata Candi Penataran, maka ke kanan adalah rute ke Kampung Melon. Petunjuk jalan sudah terpampang jelas di setiap percabangan jalan. Tempat awal yang bisa disinggahi adalah di sekretariat Kampung Melon. Dari sekretariat ke lokasi, jalan tetap lurus dan belok kanan di perempatan. Kemudian lurus hingga menemukan masjid kemudian belon kanan di jalan setapak di pinggir persawahan, terus jalan hingga menemukan persimpangan dan belok kanan lagi, akan tampak lokasi wisata Kampung Melon.
kampung melon
Sekretariat Kampung Melon
Blitar, kota yang sangat cocok untuk budidaya berbagai tanaman perkebunan memiliki potensi agrobisnis yang lambat laun mulai dikembangkan seperti Kampung Coklat, Kebun Kopi Karanganyar, Agrowisata Jeruk dan Agrowisata Belimbing, tak beda halnya Kampung Melon. Bermodal dari para petani setempat yang berinisiatif menumbuhkan wisata berbasis agro yang unik sekaligus meningkatkan potensi wisata Desa Modangan, jadilah Dusun Karanganyar Timur menjadi pusat wisata Kampung Melon. Kini Desa Modangan yang dulunya jarang dikenal oleh masyarakat Blitar, kini mulai dilirik dan diburu.

Diresmikan pada 12 Maret 2016, tempat wisata Kampung Melon menyajikan berbagai hal yang menarik. Bukan melon biasa yang ada di tempat ini. Budidaya melon tanpa biji menjadi ikon utama di Kampung Melon, yang mana varietas asli Blitar ini sudah menembus pasar ekspor ke Thailand. Bahkan benih yang dinamakan 'Mister Melon' telah diekspor hingga Amerika. Bisa dibayangkan kualitas buah melon di Kampung Melon pasti berbeda dari yang lain.

kampung melon
Agrowisata Kampung Melon
Tanaman melon ditanam dan dibudidayakan di dalam 12 green house di tempat berbeda yang berjajar agar bisa berlangsung sepanjang musim. Diapit oleh persawahan yang asri, ada beberapa wahana menarik yang bisa dinikmati seperti kolam renang anak dan flying fox. Mempelajari budidaya melon di dalam green house juga sayang untuk dilewatkan. Namun sebelumnya, singgahlah di sekretariat untuk memperoleh pengarahan. Perlu diketahui, letak sekretariat dan lokasi wisata Kampung Melon memang terpaut cukup jauh.
kampung melon
Sebagian Green House Tanaman Melon
Buah Melon bisa dinikmati langsung di Kampung Melon atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Buah melon yang dihasilkan rasanya manis karena melon dipanen jika sudah jatuh sendiri dari pohonnya. Jika sedang ada bazar, Kampung melon dipenuhi stand yang menjual banyak jajanan tradisonal dan jajanan khas yaitu berbagai olahan buah melon. Tentu sangat menyenangkan menikmati berbagai olahan melon di tengah heningnya suasana persawahan yang sejuk dan jauh dari keramaian.

Desa Modangan selama ini dikenal sebagai penghasil buah melon terbesar. Kampung Melon yang buka untuk umum di hari Sabtu - Minggu ini' pun mengundang para pecinta buah, pecinta melon, pecinta agrobisnis dan semua masyarakat luas untuk menjajal rasa manis melon andalannya. Apalagi mendekati musim panen, bersiaplah memburu buah melon yang dijual dengan harga ekonomis tersebut. Tertarik ? come on !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kampung Melon - Mengenal Budidaya 'Mister Melon' Kabupaten Blitar"

Post a Comment

Welcome....!!!