Suasana Romantis dan Aura Mistis Telaga Rambut Monte

Loading...
Wisata Telaga Rambut Monte Blitar. Telaga Rambut Monte merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang cukup populer. Telaga indah yang berada di sekitar perkebunan teh ini menyimpan banyak hal unik. Tidak hanya tempat untuk sekedar refreshing, Telaga Rambut Monte menyimpan cerita sejarah dan legenda yang sangat menarik. Dengan adanya Candi Rambut Monte yang berdiri di rimbunnya pohon-pohon tinggi yang menaungi tempat wisata tersebut, Telaga Rambut Monte tidak lepas dari cerita mistis dan misteri ikan dewa.
telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Tempat Wisata Telaga Rambut Monte berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Blitar. Rute jalur yang bisa dilalui yaitu Blitar - Garum - Talun - Wlingi - Desa Semen - Tulungrejo - Krisik. Sudah ada petunjuk jalan untuk mengantarkan siapapun yang ingin melihat pesona telaga ini.

Akses jalan menuju lokasi wisata Telaga Rambut Monte sudah beraspal baik meski mendekati lokasi banyak bagian aspal yang rusak, namun masih dalam skala wajar untuk kendaraan. Akses jalan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Meski padat pengunjung, suasana tenang dan sunyi akan tetap menyambut siapapun yang datang. Suguhan pemandangan alam yang hijau sangat memanjakan mata, ditambah air telaga kebiruan bening yang selalu sejuk dipandang. Warung-warung yang berada di pojok-pojok telaga menambah suasana nyaman untuk mengunjungi tempat wisata di Blitar ini

Tidak hanya berkeliling memutari Telaga Rambut Monte, ada bangungan beton yang dibangun untuk menikmati pemandangan telaga dari atas. Dulu sebelum dibangun, bangunan ini hanya berupa bangunan kecil dari kayu yang menjorok ke telaga. Kini bangunan di sisi telaga sudah dipugar disertai kolam renang di sisinya yang dilengkapi dengan kamar bilas. Jadi mau memilih berenang di tempat keramat atau di kolam renang, tinggal pilih !
telaga rambut monte
Area Wisata Telaga Rambut Monte
Keadaan sunyi, tenang dan nyaman yang menghadirkan suasana romantis, kemistisan tempat wisata di Blitar ini juga masih bisa dirasakan di area wisata maupun dari kegiatan masyarakat sekitar. Setahun sekali di lokasi ini diadakan iring-iringan segala jenis kesenian dengan mengorbankan kambing (wedhus kendit). Kambing akan disembelih di desa dan dibawa ke lokasi Rambut Monte, kemudian setelah genduren (slametan), daging dibagikan ke orang-orang desa. Upacara ini bertujuan untuk melancarkan rejeki masyarakat sekitar.

Seluk Beluk Sejarah Telaga Rambut Monte

Tempat wisata Telaga Rambut Monte dibuka menjadi tempat wisata sejak tahun 1976 dan dikelola swasta. Pada tahun 1996 tempat wisata ini dikelola oleh pemerintah daerah. Dulu Telaga Rambut Monte tidak seluas sekarang. Dengan berakhirnya G30S/PKI pada tahun 1965, telaga ini dilebarkan oleh mantan-mantan tahanan PKI yang masih hidup.

Asal Usul Nama Rambut Monte 

Nama Rambut Monte tentu sangat unik jika didengar. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi asal mula telaga ini diberi nama Rambut Monte.
  1. Dari segi legenda : Pada jaman Majapahit, ada seseorang bernama Mbah Monte yang berperang melawan rahwana dan seekor naga yang kemudian dikutuk menjadi Candi Rambut Monte. Telaga yang berada di bawah candi inipun diberi nama Telaga Rambut Monte, mengikuti nama candi.
  2. Dari segi alam : Keluarnya sumber air dalam telaga berupa gelembung-gelembung udara yang panjang menyerupai monte, sehingga disebut Rambut Monte.
  3. Dari segi mistis : Mbah Rambut Monte beserta Mbah Ratu Bakah adalah tetua penunggu telaga, sehingga telaga tersebut dinamakan Telaga Rambut Monte. Sehingga pada hari Jum'at Legi, Jum'at Kliwon dan Selasa Kliwon, siapapun bisa mengadakan ritual perorangan di candi untuk ujub pribadi. 


Ada beberapa hal yang menarik dari tempat wisata Telaga Rambut Monte Blitar yang membuat tempat wisata ini sangat populer dan menarik untuk dikunjungi.

1. Candi Rambut Monte

Candi Rambut Monte adalah bangunan pertama yang akan dilihat ketika memasuki lokasi wisata. Adanya candi ini menandakan bahwa lokasi ini merupakan tempat bersejarah. Disamping candi tersebut terdapat artefak "lingga yoni" yang merupakan lambang kesuburan. Adanya artefak ini juga menandakan bahwa Candi Rambut Monte ini ada di jaman kerajaan Hindu di Indonesia.
candi rambut monte
Candi Rambut Monte
Dulu ada beberapa patung (artefak) di lokasi Telaga Rambut Monte sebelum kejadian G30S/PKI. Sebagian patung dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan beberapa patung sempat ditemukan di Bali oleh Dinas Purbakala.

Candi Rambut Monte yang berbentuk monyet dan batu relief naga'pun dikaitkan dengan cerita Mbah Monte. Mbah Monte dari Majapahit bertempur melawan Rahwana dan seekor naga dimana akhirnya dimenangkan oleh Mbah Monte. Akhirnya Mbah Monte mengutuk keduanya menjadi candi.


2. Telaga Rambut Monte

Telaga inilah yang menjadi andalan di tempat wisata Rambut Monte. Telaga bening dan segar di tengah rimbunnya pepohonan menambah kesejukan di lokasi wisata. Berdiam diri atau merenung di tepi telaga adalah pilihan yang tepat untuk menikmati suasana alamnya, tentu saja sebelum berfoto-foto ria.
telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Telaga ini mempunyai sumber air dibagian tengah, menimbulkan efek warna biru tosca. Kesejukan Telaga Rambut Monte tampak sempurna dengan adanya puluhan ikan Sengkaring. Meski air yang bening membuat sumber air tampak tidak dalam, justru kedalaman sumber air ini tidak bisa diperkirakan karena memang sangat dalam dengan dasar air berupa lumpur. Jadi, jika ingin berenang memang sudah disediakan kolam renang yang lebih aman di sisi telaga.

Telaga Rambut Monte ini pada jamannya digunakan untuk ritual mencuci dan merendam pusaka seperti keris. Air telaga yang dalam membuat jalannya ritual harus menggunakan perahu untuk mencuci pusaka di atas sumber air. Seiring berjalannya abad, perahu ke telaga sudah tenggelam di dasar telaga.


3. Ikan Sengkaring

Ikan Sengkaring (Tor Soro / Tor Tambra) hidup di dalam Telaga Rambut Monte. Ikan asli indonesia ini disebut juga Ikan Dewa. Di berbagai daerah lain disebut Ikan Udikan, Kambangan, Tambram, Kancra, Jurung dan Semah dengan penyebaran di Sumatra, Kalimantan dan Jawa. 
ikan sengkaring
Ikan Sengkaring Telaga Rambut Monte
Ikan Sengkaring termasuk ikan yang dikeramatkan di berbagai daerah. Di Jawa Timur, ikan purba yang hampir punah ini hanya ditemui di dua lokasi yaitu Pemandian Banyu Biru Pasuruan dan Telaga Rambut Monte Blitar. Merupakan ikan yang dikeramatkan, tidak ada berani yang menangkap, membunuh atau memasak ikan ini. Di Padang, Sumatra Barat, mengambil ikan Sengkaring dilakukan pada waktu-waktu tertentu dengan upacara yang dilakukan oleh pemuka agama setempat.

Ada beberapa mitos yang menjadi asal mula adanya Ikan Sengkaring di Telaga Rambut Monte, yaitu :
  • Ikan Sengkaring adalah wujud dari murid Mbah Monte yang dikutuk karena tidak melakukan perintah, yaitu menjaga Candi Rambut Monte.
  • Ikan Sengkaring adalah wujud dari prajurit-prajurit Majapahit yang dikutuk.
Kedua cerita mitos itu selalu jadi bumbu cerita asal mula adanya Ikan Sengkaring di tempat wisata Telaga Rambut Monte meski tidak ada literatur sejarah yang mengulas tentang'nya di sekitar area. Jadi, jangan pernah berfikiran untuk membawa alat pancing ikan di telaga ini. 

4. Sumber Dandang

Sumber Dandang merupakan sebuah bendungan kecil yang berada tak jauh dari Telaga Rambut Monte. Dulu sebelum dibendung, lokasi yang mirip telaga ini digunakan untuk mandi warga desa karena air terasa hangat ketika pagi dan dingin ketika siang. Warna air Sumber Dandang tak jauh beda dengan Telaga Rambut Monde, berwarna kebiruan di bagian sumber airnya. 
sumber dandang
Sumber Dandang
Tempat ini diberi nama Sumber Dandang karena ketika malam, suara aliran airnya mirip dengan suara air mendidih di dalam panci (dandang) dan suara itu kadang mengganggu warga sekitar. Sejak adanya korban wisatawan tenggelam, di lokasi Sumber Dandang ada larangan keras untuk mandi.

Seiring banyaknya pengunjung, suasana mistis di Telaga Rambut Monte seolah-olah menguap. Berubahnya beberapa keadaan di sekitar lokasi serta tidak adanya literatur sejarah yang menjelaskan seluk beluk candi, telaga dan ikan sengkaring bisa menghapus beberapa cerita mistis hingga terjadi terhapusnya mitos. Mitos, yang dilain sisi berfungsi untuk menjaga keadaan alam dari pengerusakan manusia'pun pada akhirnya dipandang sebelah mata. 
telaga rambut monte
Cheers...

Tempat Wisata Telaga Rambut Monte yang mempunyai cerita sejarah, keindahan alam bahkan cerita mistis, akan mengundang siapapun untuk menikmati kesejukan lokasinya. Namun tetap ingat untuk tidak mengusik aura mistisnya.
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Suasana Romantis dan Aura Mistis Telaga Rambut Monte"