Pesona Alam dan Momen Menarik Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar. Blitar tidak hanya dikenal sebagai kota proklamator. Blitar masih menyimpan beberapa tempat wisata sejarah maupun wisata alam. Daerah Blitar selatan, merupakan gudangnya wisata alam pantai yang keindahannya sudah sering dibicarakan oleh masyarakat lokal yang kemudian membuat wisatawan luar kota melirik beberapa destinasi Wisata Pantai di Blitar. Serang yang selama identik dengan Banten, ada juga Pantai Serang di Blitar. Walaupun sama-sama menjadi tempat wisata pantai, Pantai Serang di Kota Patria ini tentu berbeda.
pantai serang blitar
Pantai Serang Blitar
Pantai Serang berada di Desa Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. Berada sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Blitar dan membutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan ke Pantai Serang sudah beraspal cukup bagus hingga ke lokasi wisata pantai. Setelah dikelola pemerintah, wisatawan akan lebih mudah berwisata ke Pantai Serang, jika sebelumnya jalan masih makadam berbatu dan kebanyakan rusak.

Deretan pohon pinus di kanan kiri jalan akan menjadi gapura masuk mendekati lokasi wisata Pantai Serang. Lokasi parkir sudah tersedia di sekitar lokasi beserta deretan warung-warung penjual makanan dan minuman. 

Pesisir tempat wisata Pantai Serang Blitar ini sangat teduh dengan adanya pepohonan rindang yang didominasi pinus. Banyak meja kursi berderet di tepi pantai seolah mengajak wisatawan untuk duduk sejenak menikmati angin semilir sambil beristirahat dari perjalanan panjang. Di setiap meja sudah tersedia buku nota, bolpoin dan daftar menu. Siapa saja bisa hanya duduk atau memesan menu yang disediakan. Meski hanya ada beberapa menu standart untuk sedekar mengganjal perut lapar, tentu saja minum kelapa original maupun bakar adalah menu favorit yang cocok dihidangkan di pinggir pantai. 
Lalu, jika tidak mendapat tempat di bawah pohon yang rindang? Bukalah payung lebar di tengah meja yang siap menjadi benteng dari teriknya sinar matahari.
pantai serang blitar
Sebagian Deretan Tempat Bercengkerama
Garis Pantai Serang cukup panjang dengan ombak khas pantai selatan yang besar. Pasir di bibir pantainya berwarna kecoklatan namun cukup lembut untuk ditelusuri. Di sebelah kiri Pantai Serang ada sebuah jalan menuju ke bukit dimana ada dua lokasi pantai lagi yang bisa dikunjungi dan masih masuk di area wisata Pantai Serang. Tapi jika terlalu lelah, menikmati pemandangan dari atas bukit juga tidak kalah menarik.
pantai serang blitar
Garis Pantai Serang Blitar
Pantai Serang merupakan tempat penyu-penyu bertelur. Oleh karena itu di lokasi wisata ini juga terdapat tempat konservasi penyu. Konservasi Penyu Pantai Serang didirikan untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap konservasi penyu. Hal ini didukung pemerintah setelah mengadakan Bimtek Konservasi Penyu pada Juni 2014. Tentu saja hal ini menambah daya tarik Pantai Serang Blitar karena pada bulan-bulan tertentu, melepas tukik-tukik ke laut adalah hal yang ditunggu-ditunggu masyarakat sekitar sekaligus pengalaman baru bagi wisatawan. Waow !

Selain kegiatan melepas tukik ke laut, ritual larung saji satu suro juga diadakan di Pantai Serang Blitar ini. Ritual larung saji ini biasanya dihadiri oleh bupati dan para kerabat serta masyarakat sekitar. Puncak dari ritual ini adalah melarung kepala lembu (sesaji) ke tengah laut. Kegiatan larung saji maupun pelepasan tukik adalah momen menarik di Pantai Serang yang tidak boleh dilewatkan. Siapapun bisa menyaksikan momen yang jarang terjadi. Jadi, ketahui jadwalnya dan selamat menunggu waktu.
pantai serang blitar
Waiting for Sunset
Bosan berjalan-jalan di pantai?, bosan selfie?, lelah trekking?, lelah berenang?, bosan menunggu sunset? saatnya mencoba ATV (All-terrain Vehicle). Landai dan panjangnya garis Pantai Serang yang bersih tanpa karang akan membuat motor roda 4 tersebut bisa mengantar nyali berkeliling di area pantai yang luas. Benar-benar Pantai Serang Blitar rasa Pantai Parangtritis Jogja.
pantai serang blitar
Cheers...
Kegiatan lain yang biasanya diadakan di Pantai Serang adalah festifal layang-layang. Berwisata ke Pantai Serang Blitar yang kini kaya akan kegiatan menarik tidak cukup hanya di angan-angan saja. Jadi, masih melirik pesona Pantai Serang Blitar di internet? Let's check it out guys !.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pesona Alam dan Momen Menarik Pantai Serang Blitar"

Post a Comment