Bukit Sekapuk Gresik - Eksotisme Bukit Kapur Kota Pudak

Bukit Kapur Sekapuk Gresik. Banyak yang berfikir kalau Gresik hanya salah satu kota industri yang memiliki puluhan pabrik. Gresik memiliki lokasi pertambangan untuk memajukan sektor perindustriannya. Lokasi pertambangan tidak selalu terdengar panas dan berdebu. Tambang kapur di Gresik menghasilkan tempat unik yang membuatnya cukup dikenal di kalangan wisatawan. Keindahan tempat pertambangan ini pun meluap dan menjadi salah satu destinasi tempat wisata, Bukit Kapur Sekapuk namanya.
Bukit Kapur Sekapuk
Meski Bukit Jaddih Madura sedang booming karena memiliki bukti kapur yang indah, Gresik juga tidak ketinggalan. Bukit Kapur Sekapuk atau lebih dikenal dengan nama Gunung Kapuk berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung pangkah, Kabupaten Gresik. Dari Pantai Delegan, petunjuk arah ke Bukit Kapur Sekapuk sudah jelas, tapi rute yang sedikit membingungkan akan memerlukan bantuan masyarakat sekitar. Atau bisa mengikutiku rute ini :
  1. Dari arah Timur : Kota Gresik - Arah jalur pantura Lamongan - Ujung Pangkah - Desa Sekapuk - Gunung Kapur Sekapuk
  2. Dari arah Barat : Lamongan - PAciran - Arah jalur pantura Gresik - Ujung Pangkah - Desa Sekapuk - Gunung Kapur Sekapuk 
Gugusan pegunungan kapur ini terhampar mulai dari Desa Sekapuk hingga Kecamatan Panceng, cukup panjang. Tempat ini bukanlah tempat wisata resmi, tapi karena uniknya bentuk tambang kapur di dalamnya, membuat tempat ini dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung ke Gresik.
Salah Satu Lokasi Sekapuk
Mengunjungi Bukit Kapur Sekapuk Gresik cocoknya adalah siang hari, karena tidak ada truk-truk beroprasi. Kondisi jalannya tidak bersahabat, jadi jika ingin menyusuri Bukit Kapur Sekapuk, gunakan kendaraan roda 2. 

Area Bukit Kapur Sekapuk sangat luas, beberapa spot menarik bisa dikunjungi sembari mengelilingi area pertambangan. Bekas aktivitas galian tambang membentuk tebing-tebing dang lorong-lorong kapur. Lubang kotak-kotak yang menembus gunung adalah tempat penambang membuat batu bata kapur yang kebanyakan tidak menggunakan mesin, tapi gergaji.

Bergeser ke deretan bukit kapur yang lain, ada bangunan yang terbentuk karena tambang menghasilkan sebuah  tempat seperti istana yunani kuno. Pilar-pilar kapur yang tinggi menjulang dengan daerah berumput di pucuknya sangat indah dipandang mata.
Pilar Bukit Kapur
Cheers...
Pemandangan alam di sekitar Bukit Kapur Sekapuk sangat indah. Tempat ini seakan-akan seperti sebuah tempat pedalaman kuno yang menarik. Area ini cukup luas dan menyisakan bekas-bekas tambang dengan beragam bentuk menarik jika mau berkeliling.

Meski bukan tempat wisata, siapapun tetap akan berwisata. Yah.. kapan lagi mencoba sensasi berada di dalam kastil kapur yang unik ini?

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Bukit Sekapuk Gresik - Eksotisme Bukit Kapur Kota Pudak "

  1. Bagus tempatnya gan. Itu kapurny masih alami belum d keruk alat berat?

    Mampir jg ya kesini www.catatantraveling.us

    ReplyDelete

Welcome....!!!