Bersantai di Air Panas Mengeruda - Fenomena Unik dari Gunung Ine Lika

loading...
loading...
Air Panas Mengeruda. Flores, tempat yang identik dengan perbukitan serta memiliki banyak wisata yang sangat menggoda wisatawan hingga pulau ini kadang disebut 'surga yang jatuh ke bumi'. Berbagai wisata alam, wisata adat dan wisata yang unik'pun tersaji di dalamnya. Sebut saja, Mengeruda. Belum terlalu banyak yang tau apa itu Mengeruda. Mengeruda adalah fenomena unik berupa sumber air panas alami dari gunung berapi di Bajawa.
Pemandian Mengeruda
Pemandian Air Panas Mengeruda berada di Desa Piga, Kecamatan Soa, Kota Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Berada sekitar 25 kilometer dari Bajawa.

Menaiki transportasi umum untuk menuju ke objek wisata ini tidak mudah. Dari persimpangan pasar Soa bisa menggunakan ojek hingga pintu masuk wisata. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar karena petunjuk arah masih minim.

Jalan menuju air panas Mengeruda sudah baik. Jalan berliku-liku menembus lebatnya hutan akan menjadi pemandangan di sepanjang perjalanan dan lokasi air panas Mengeruda terpaut sekitar 3 kilometer dari Bhandara Soa.
Gerbang Masuk Wisata
Air panas Mengeruda adalah sumber air panas alami yang berasal dari Gunung Ine Lika (1.559 mdpl) di Bajawa yang merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia. Air panas ini mengandung belerang dan zat vulkanis lain yang berasal dari magma bumi yang menyebabkan panasnya air serta memberikan khasiat menyehatkan. 

Kolam yang cukup lebar dan berbentuk lingkaran ini mempunyai kedalaman sepinggang orang dewasa. Lumut yang tumbuh di dasar bebatuan kolam membuat air kolam tampak berwarna hijau segar dan  bening. Di tengah permukaannya terdapat semburan sumber air panas dari dalam. Kolam air panas ini sangat sesuai untuk berendam santai atau media terapi. Air panas dari kolam ini akan terus mengalir membentuk sungai pendek di sebelah sisinya dan berakhir membentuk air terjun mini yang bercampur dengan aliran sungai lain. Jadi, siapapun bisa memilih lokasi yang tepat untuk menikmati air panas Mengeruda.
Aliran Sungai Air Panas Mengeruda
Aliran Sungai Air Panas
Lelah berendam, beberapa gasebo di sekitar lokasi wisata adalah tempat yang nyaman untuk istirahat. Beberapa toko jajanan ada di depan gerbang masuk, jadi jangan lupa membeli jajanan sebelum masuk ke lokasi wisata. Kondisi kamar mandi yang kurang terawat kadang membuat beberapa pengunjung memilih mengeringkan diri di luar sambil beristirahat menikmati kesejukan udara di lokasi wisata air panas Mengeruda. Dinginnya hawa pegunungan membuat wisata air terjun Mengeruda ini cocok untuk merileks'kan tubuh dan bersantai. 

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Bersantai di Air Panas Mengeruda - Fenomena Unik dari Gunung Ine Lika"

Post a Comment