Air Terjun Lawean Kawisari - Tirai Tersembunyi di Kaki Gunung Kawi

Air Terjun Lawean Kawisari. Wisata air terjun di Blitar memang tidak sepopuler wisata pantai'nya. Air Terjun Lawean Kawisari merupakan air terjun yang cukup tersembunyi di area Perkebunan Banaran. Air terjun ini bukan lah tempat wisata, namun keindahan yang ditawarkan di dalamnya menjadikan air terjun ini dicari oleh para petualang. 

air terjun lawean kawisari
Air Terjun Lawean Kawisari
Air Terjun Lawean Kawisari terletak di kaki Gunung Kawi sisi barat tepatnya di wilayah Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rute menuju ke lokasi air terjun cukup mudah namun harus bertanya pada warga sekitar karena lokasinya yang cukup tersembunyi.Lebih baik gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang cukup sempit, sulit dan berbatu terjal.

Rutenya dari Kota Wlingi ambil arah utara mengikuti petunjuk arah ke Pasar Semen. Sampai pertigaan, ambil arah ke kanan menuju ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Ikuti rute hingga memasuki hutan pinus sampai memasuki pos Perkebunan Banaran. Berhentilah di pos untuk perijinan (di pos ini bisa bertanya dimana lokasi Air Terjun Lawean Kawesari). Lanjutkan perjalanan mengikuti jalan yang masih berbatu. Setelah menemukan pertigaan di sebelah kiri menjorok ke bawah, itu adalah jalur ke lokasi Air Terjun Lawean Kawesari.

Di tengah jalur,ada bangunan di kanan jalan sebagai tempat penyimpanan hasil perkebunan dan itu menunjukkan lokasi Air Terjun Lawean Kawisari sudah dekat. Air Terjun Lawean Kawisari ada di sebelah kanan. Kendaraan bisa diparkir di sisi jalan dekat air terjun yang sudah nampak dari kejauhan. Selanjutnya cukup berjalan di jalan setapak untuk menuju lokasi Air Terjun Lawean Kawisari.
Air Terjun Utama
Air Terjun Lawean Kawisari merupakan sumber mata air untuk warga dan perkebunan. Hal ini dapat dilihat dari adanya pipa-pipa air dan bak penampungan air di dekat air terjun. Di area air terjun, cukup gelap karena rimbunnya pepohonan tinggi yang menaungi air terjun. Lokasi yang sunyi, sejuk dan segar membuat lokasi ini serasa air terjun pribadi. Aliran air yang dingin tentu membuat siapa saja ingin bermain air, tapi perlu dicatat bahwa tidak ada fasilitas apapun di tengah hutan yang lebat ini, khususnya tempat untuk berganti pakaian.

Air terjun Lawean Kawesari memiliki beberapa aliran air yang lebar, sehingga menjadikannya tampak seperti tirai-tirai air terjun yang indah. Lokasinya berada di sisi hutan lebat yang teduh dan sejuk. Air terjun ini masih sangat alami dan bersih sehingga perlu dijaga kebersihannya ketika mengunjungi Air Terjun Lawean Kawisari ini.

Tips Mengunjungi Air Terjun Lawean Kawesari :
  1. Gunakan kendaraan roda 2 dan lebih baik tidak membawa beban berat atau dinaiki sendiri.
  2. Berhati-hatilah menyusuri jalur terjal berbatu di sepanjang perjalanan.
  3. Tanyalah penduduk sekitar jika tidak tau lokasi air terjun.
  4. Perhatikan cuaca ketika mengunjungi air terjun karena tidak ada tempat berteduh di sekitar lokasi air terjun.
  5. Berhati-hatilan karena jalan sangat licin dan becek khususnya ketika musim hujan.
  6. Gunakan sandal anti selip.

Share :

Facebook Twitter Google+

8 Responses to "Air Terjun Lawean Kawisari - Tirai Tersembunyi di Kaki Gunung Kawi"

  1. keren ni tempat , pengen kesana, apa ini masih satu jalur dengan arah ke rambut monte min ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya satu jalur,, bedanya belokan perkebunan, kalau ke rambut monte lanjut belok, kalau lawean lurus masuk perkebunan

      Delete
    2. oh yang gerbang perkebunan pinggir jalan itu ya ,itu masuknya jauh kah ???

      Delete
    3. ok terima kasih atas informasinya

      Delete