Pantai Jolosutro - Merasakan Dasyatnya Ombak Mistik Pantai Selatan

Pantai Jolosutro BlitarPantai Jolosutro termasuk salah satu Wisata Pantai di Blitar yang cukup populer. Berada di sebuah teluk yang diapit oleh perbukitan, Pantai Jolosutro memberikan nuansa tenang, nyaman dan panorama yang sangat indah karena mempunyai ombak besar yang dipadu dengan bukit-bukit karang serta pasir hitamnya.
Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar.
Akses jalan menuju lokasi Wisata Pantai Jolosutro sudah beraspal dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Menuju ke lokasi juga tidak cukup sulit karena petunjuk  ke lokasi sudah cukup jelas. Hamparan bukit cantik yang hijau akan tersaji di sepanjang perjalanan. 

Beberapa warung dan papan peringatan untuk pengunjung akan menyambut ketika sampai di lokasi. Pengunjung tidak diperkenankan untuk mandi di laut karena ombak pasang sangat besar, selain itu wajib menjaga kelestarian pantai. 
Gerbang Masuk Area Pantai
Mendekati garis pantai, suara deburan ombak yang ganas mulai bersahut-sahutan menyapa. Panorama alam yang masih alami dengan bukit batu yang mengelilinginya akan membuat siapapun berdecak kagum. 
Pesona Pantai Jolosutro
Keasrian yang masih terjaga dikelilingi pepohonan sejuk di pinggir pantai akan mengundang siapapun menyusuri pasir hitam di sepanjang garis Pantai Jolosutro. Selain ombaknya yang dasyat, Pantai Jolosutro sangat dikenal dengan pasir hitamnya yang eksotis. 
Pantai Jolosutro bagian barat dibatasi oleh bukit batu. Jika air laut tidak sedang pasang, menyusuri garis pantainya yang panjang akan menjadi keasyikan tersendiri. Bukit batu yang indah akan menggiring hingga di bagian barat. Namun jika laut pasang maka harus menyiapkan cukup tenaga untuk mendaki melewati bukit batu hingga sampai ke Pantai Jolosutro bagian barat. Sedikit berpetualang membelah bukit, bisa menyaksikan panorama pantai yang sangat indah dari atas. 
Bagian Barat Pantai Jolosutro dari Atas Bukit
Bukit Batu Pembatas ketika Surut
Di bagian barat, panorama yang ditawarkan tidak kalah indahnya. Pantai yang landai, dikelilingi pepohonan teduh serta ombak besar dan panjang menjadi sajian utama ketika menyusurinya. Di ujung, bukit batu yang berdiri kokoh menjadi pembatas pantai Jolosutro. Dari atas bukit batu ini, rasa lelah memandang laut selatan tak akan terasa. Hempasan ombak pantai Jolosutro akan semakin menunjukkan kegagahannya. 
Garis Pantai Jolosutro
Selain menjadi tempat wisata, Pantai Jolosutro juga menjadi salah satu tempat yang dikeramatkan. Pantai ini selalu dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul sehingga Pantai Jolosutro tergolong cukup mistis dan menjadi salah satu lokasi ritual yang sakral. 
Di lokasi Pantai Jolosutro tak jarang diadakan upacara adat seperti larung sesaji.
Karena pesona keindahannya, pantai yang mempunyai panorama indah dan daya magis ini'pun menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Jolosutro - Merasakan Dasyatnya Ombak Mistik Pantai Selatan"

Post a Comment