Pendakian Gunung Cikuray 2.821 mdpl via Cilawu (Pemancar) - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Cikuray 2.821 mdpl via Cilawu (Pemancar)

Gunung Cikuray merupakan gunung berbentuk kerucut yang masuk dalam kategori tidak aktif. Dengan ketinggian 2.821 mdpl, Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Gede dan Gunung Pangrango

Gunung Cikuray termasuk salah satu gunung di Kabupaten Garut yang sering dikunjungi para pecinta alam selain Gunung Papandayan.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat Indonesia. Berada di perbatasan Kecamatan Cikajang, Dayeuh Manggung dan Bayongbong. GUnung Cikuray masuk dalam daftar 10 GUnung Tertinggi di Jawa Barat

Ada 4 jalur pendakian Gunung Cikuray, yaitu : 
  1. Jalur pendakian via Cikajang 
  2. Jalur pendakian via Bayongbong 
  3. Jalur pendakian via Cilawu (Dayeuh Manggung) 
  4. Jalur pendakian via Desa Dangiang

Transportasi ke Basecamp Cilawu (Pemancar)

Jalur pendakian Gunung Cikuray via Cilawu dikenal juga dengan jalur pemancar. Cara untuk ke basecamp  bisa dimulai dari Terminal Guntur, Garut. 

Ada beberapa alternatif cara ke basecamp Pemancar, yaitu :
  1. Dari Jakarta : Naik bus jurusan Garut (Primajasa, Karunia Bakti), turun di terminal Guntur.  Lanjut naik angkot tujuan Cilawu, turun di pertigaan Genteng. Lanjut naik ojek sampai pemancar. 
  2. Dari Solo : Naik bus dari Terminal  Tirtonadi jurusan Garut, turun di Terminal Guntur, dilanjutkan seperti di atas.
  3. Dari Surabaya : Naik bus jurusan Garut atau Solo untuk transit, kemudian lanjut seperti rute di atas

Info & Tips :
  • Berangkat dari Jabotabek bisa menaiki semua bus dengan rute dan tujuan Garut, berhenti di Terminal Guntur. 
  • Angkot dengan jurusan Garut - Cilawu berwarna Putih Biru bernomor Angkot 04. 
  • Kebanyakan supir angkot sudah tahu tempat pemberhentian ojek untuk lanjut ke basecamp
  • Jika rombongan, bisa charter angkot di terminal. Tarif negosiasi. 
  • Tarif ojek sekitar Rp.45.000 (negosiasi) yang akan mengantar hingga ke Pos 1 pendakian Gunung Cikuray yang letaknya bersebelahan dengan pemancar. 
  • Sebelum masuk ke area kebun teh, diwajibkan membayar biaya registrasi di kawasan kebun teh dan ini bukanlah biaya registrasi pendakian.
Pendakian via Cilawu adalah jalur pendakian favorit. Selain lebih pendek dari jalur pendakian yang lain, medan tidak terlalu terjal meski sangat menanjak.

Pendakian Gunung Cikuray

Pos 1 - Pos 2

Pos 1 adalah tempat registrasi, dan lokasinya berada di area perkebunan. Di sekitar pos terdapat beberapa warung untuk mengisi perbekalan. 

Pos registrasi buka jam 04.00 - 17.00, jadi mulailah pendakian di sekitar waktu tersebut. Perlu diingat jika tidak ada sumber mata air di jalur pendakian gunung Cikuray via Cilawu ini.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Pos 1

Dari Pos 1, pendakian langsung dilanjutkan menyusuri perkebunan teh dengan jalan menanjak. Sekitar 10 menit, ada beberapa warung di sekitar perkebunan untuk tempat istirahat atau mengisi perbekalan. 

Beberapa warung juga menyediakan kamar mandi umum yang bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah pendakian. Selepas warung, jalur masih menanjak sekitar 50 meter. 

Pendakian dilanjutkan menyusuri sisi gunung sampai pintu hutan. Dari sini, jalur pendakian mulai menanjak ringan hingga sampai Pos 2. Pos 2 berupa lahan datar yang cukup lapang dan teduh untuk istirahat.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Pos 2


Pos 2 - Pos 3

Selepas Pos 2, jalur pendakian didominasi akar-akar pepohonan hingga Pos 3. Waktu yang ditempuh juga lumayan lama. Pos 3 berupa lahan luas yang bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda, dan lokasi ini cocok untuk camp.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Trek yang Mendominasi Pendakian

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Pos 3


Pos 3 - Pos 4

Jalur pendakian masih berupa tanjakan dengan akar-akar pohon sebagai rintangannya, hingga Pos 4. Pos 4 - 2.050 mdpl, lebih sempit dibandingkan Pos 3, tapi masih bisa dipakai untuk mendirikan tenda, asal tidak banyak

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Pos 4

Pos 4 - Pos 5

Pos 4 dan pos 5 tidak terpaut jauh, merupakan jalur antar pos yang paling singkat. Medan yang dilalui masih sama berupa tanjakan yang dipenuhi akar-akar pohon. Pos 5 berada di ketinggian 2.275 mdpl.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Pos 5


Pos 5 - Pos 6

Jalur pendakian Gunung Cikuray menuju Pos 6 lebih menanjak dan masih berupa trek tanah yang didominasi akar-akar pepohonan. Di sekitar jalur menuju pos 6 juga terdapat beberapa tempat untuk mendirikan tenda. Pos 6 berada di ketinggian 2.550 mdpl.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Pos 6


Pos 6 - Pos 7

Selepas pos 6, jalur pendakian lebih sempit dengan trek yang masih sama. Di sepanjang jalur ada petunjuk arah ke jalur pemancar dan ke Dangiang. Pos 7 adalah lokasi camp yang sangat cocok untuk menanti sunrise di puncak Gunung Cikuray, karena lokasinya dekat dengan puncak.

Pos 7 - Puncak

Menuju puncak, vegetasi mulai terbuka pertanda sudah sampai di dekat Puncak Gunung Cikuray. Puncak Gunung Cikuray berupa lahan datar yang tidak begitu luas. Beberapa pendaki kadang camp di puncak, walaupun sudah ada larangan camp di puncak utama.

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Sunrise Gunung Cikuray
Ada sebuah bangunan berukuran 2,5 x 2,5 m yang menjadi pertanda Puncak Gunung Cikuray. Dari Puncak, tampak bayangan Gunung Cikuray yang berbentuk kerucut sempurna di depan Gunung Papandayan. 

Tips Pendakian Gunung Cikuray :

  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  2. Disarankan naik ojek menuju ke Pos 1 karena jalur yang terjal. Jangan lupa mencatat nomor tukang ojek untuk penjemputan. 
  3. Pos registrasi pendakian buka mulai jam 04.00-17.00, diluar waktu tersebut bisa menunggu hingga pos dibuka kembali. 
  4. Tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian Gunung Cikuray via Cilawu, jadi lengkapi logistik khususnya air di warung yang ada di area kebun teh. 
  5. Setiap pos di Gunung Cikuray bisa digunakan untuk camp. Jika hari libur, lokasi camp biasanya penuh sampai di puncak. Mendaki lebih awal bisa menjadi solusi. 
  6. Tidak disarankan untuk camp di puncak karena area terbuka yang rawan badai. Sebagai gantinya, ada shelter beton yang bisa digunakan sebagai pengganti tenda. 
  7. Meski sudah ada peringatan dan larangan yang jelas terbaca, jangan buta huruf untuk tetap melakukan vandalisme di area puncak Gunung Cikuray.
Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu
Puncak Gunung Cikuray

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Cikuray :

Pos 1 - Pos 2 : 1 jam
Pos 2 - Pos 3 : 2 jam 50 menit
Pos 3 - Pos 4 : 1 jam
Pos 4 - Pos 5 : 25 menit
Pos 5 - Pos 6 : 30 menit
Pos 6 - Pos 7 : 1 jam
Pos 7 - Puncak : 15 menit

Informasi Gunung Cikuray via Pemancar :

  • Tinggi : 2.821 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano tipe B
  • Wilayah : Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • Pengelolaan : Perum Perhutani KPH Garut
  • Puncak : Puncak Cikuray
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Pos 3, Pos 7
  • Durasi Pendakian Normal : 2 hari
  • View Gunung :  Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Galunggung.
  • Wisata Sekitar : 
  • Lokasi Basecamp Pemancar: Dangiang, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat  (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Pemancar : 083 814 714 773
  • Simaksi : Rp.10.000 (PT Perkebunan Nusantara), Rp.15.000 (Perijinan Pendakian)