Pendakian Gunung Cikuray 2.821 mdpl via Cilawu

loading...
loading...
Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu. Gunung Cikuray merupakan gunung kerucut yang masuk dalam kategori gunung tidak aktif. Dengan ketinggian 2.821 mdpl, Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Gunung Cikuray juga termasuk salah satu gunung di Kabupaten Garut yang sering dikunjungi para pecinta alam selain Gunung Papandayan.
pendakian gunung cikuray
Gunung Cikuray
Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat Indonesia. Berada di perbatasan Kecamatan Cikajang, Dayeuh Manggung dan Bayongbong. Ada 3 jalur pendakian Gunung Cikuray yang bisa dilalui yaitu :
  1. Jalur pendakian via Cikajang
  2. Jalur pendakian via Bayongbong
  3. Jalur pendakian via Cilawu (Dayeuh Manggung)
Jalur pendakian Gunung Cikuray via Cikajang adalah jalur panjang yang lebih mudah didaki. Sedangkan jalur Bayongbong dengan trek lebih pendek namun curam dan terjal. Pendakian via Cilawu adalah jalur pendakian favorit, karena selain pendek, medan tidak terlalu terjal meski sangat menanjak.

Jalur pendakian Gunung Cikuray via Cilawu yang dikenal juga dengan jalur pemancar bisa dimulai dari terminal Guntur, Garut. Kemudian naik angkot tujuan Cilawu. Perjalanan sekitar hampir 1 jam, supir angkot akan menurunkan  di jalan masuk menuju perkebunan. 

Selanjutnya,  bisa naik ojek dengan tarif sekitar Rp 35.000 (negoisasi) yang akan mengantar hingga ke Pos 1 pendakian Gunung Cikuray yang letaknya bersebelahan dengan pemancar. Sebelum masuk ke area kebun teh, diwajibkan membayar biaya registrasi ke kawasan kebun teh dan ini bukanlah biaya registrasi pendakian.

Pos 1 - Pos 2

Pos 1 adalah tempat registrasi sebelum melakukan pendakian dan lokasinya berada di area perkebunan. Di sekitar Pos ini terdapat warung untuk mengisi perbekalan. Pos registrasi ini buka jam 04.00 - 17.00, jadi mulailah pendakian di sekitar waktu tersebut. Perlu diingat jika tidak ada sumber mata air di jalur pendakian gunung Cikuray via Cilawu ini.
pendakian gunung cikuray
Pos 1
Perjalanan langsung dilanjutkan menyusuri perkebunan teh dengan jalan yang menanjak. Sekitar 10 menit, ada beberapa warung yang tersedia di sekitar perkebunan untuk tempat istirahat sejenak. Di warung ini pula juga tersedia kamar mandi umum yang bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah pendakian. 
Selepas warung, jalur akan menanjak sekitar 50 meter. Setelah itu pendakian dilanjutkan dengan berjalan menyusuri sisi gunung sampai masuk ke pintu hutan. Dari sini jalur mulai menanjak ringan hingga sampai ke Pos 2. Pos 2 berupa lahan datar yang cukup luas untuk beristirahat.
pendakian gunung cikuray
Pos 2

Pos 2 - Pos 3

Jalur pendakian Gunung Cikuray yang dilalui selepas Pos 2 masih menanjak dan didominasi akar-akar pepohonan hutan hingga Pos 3.Waktu yang ditempuh juga lumayan lama. Pos 3 berupa lahan luas yang bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda dan lokasi ini cocok untuk camp.
pendakian gunung cikuray
Trek yang Mendominasi Pendakian
pendakian gunung cikuray
Pos 3

Pos 3 - Pos 4

Jalur masih tetap berupa tanjakan dengan akar-akar pohon sebagai rintangannya. Pos 4 dengan ketinggian 2.050 mdpl, lebih sempit jika dibandingkan pos 3, tapi bisa dipakai untuk mendirikan tenda.
Baca Juga : 
pendakian gunung cikuray
Pos 4

Pos 4 - Pos 5

Pos 4 dan pos 5 tidak terpaut jauh dan merupakan jalur antar pos yang paling singkat. Medan yang dilalui masih sama berupa tanjakan yang dipenuhi akar-akar pohon. Pos 5 berada di ketinggian 2.275 mdpl.
pendakian gunung cikuray
Pos 5

Pos 5 - Pos 6

Jalur pendakian Gunung Cikuray yang dilalui menuju Pos 6 lebih menanjak dan masih berupa trek tanah yang didominasi akar-akar pepohonan. Pos 6 berada di ketinggian 2.550 mdpl dan di sekitar jalur menuju pos 6 terdapat beberapa tempat cukup luas untuk mendirikan tenda.
pendakian gunung cikuray
Pos 6

 Pos 6 - Pos 7

Selepas pos 6, jalur pendakian Gunung Cikuray lebih sempit dengan trek yang masih sama. Di sepanjang jalur akan ada petunjuk arah ke jalur pemancar dan ke Dangiang. Pos 7 adalah lokasi camp yang sangat cocok untuk menanti sunrise di puncak Gunung Cikuray karena lokasinya dan dekat dengan puncak.

Pos 7 - Puncak

Menuju puncak, vegetasi mulai terbuka pertanda sudah sampai di Puncak Gunung Cikuray. Puncak Gunung Cikuray berupa lahan datar yang tidak cukup luas namun beberapa pendaki kadang camp di puncak walaupun sudah ada peringatan untuk dilarang camp di puncak utama. 
puncak gunung cikuray
Sunrise Gunung Cikuray
Ada sebuah bangunan berukuran sekitar 2,5 x 2,5 m yang menjadi pertanda Puncak Gunung Cikuray. Dari Puncak, akan nampak bayangan Gunung Cikuray yang berbentuk kerucut sempurna di depan Gunung Papandayan. 

Tips Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu :
  1. Disarankan naik ojek menuju ke Pos 1 karena jalur yang terjal. Jangan lupa mencatat nomor tukang ojek untuk penjemputan. 
  2. Pos registrasi pendakian buka mulai jam 04.00-17.00, diluar waktu tersebut bisa menunggu hingga pos dibuka kembali. 
  3. Tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian Gunung Cikuray via Cilawu, jadi lengkapi logistik khususnya air di warung yang ada di area kebun teh.
  4. Setiap pos di Gunung Cikuray bisa digunakan untuk camp. Jika hari libur, lokasi camp biasanya penuh sampai di puncak. Mendaki lebih awal bisa menjadi solusi.
  5. Tidak disarankan untuk camp di puncak karena area terbuka yang rawan badai. Sebagai gantinya, ada shelter beton yang bisa digunakan sebagai pengganti tenda.
  6. Meski sudah ada peringatan dan larangan yang jelas terbaca, jangan buta huruf untuk tetap melakukan vandalisme di area puncak Gunung Cikuray.
puncak gunung cikuray
Puncak Gunung Cikuray

Itenerary Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu :
Pos 1 - Pos 2 : 1 jam
Pos 2 - Pos 3 : 2 jam 50 menit
Pos 3 - Pos 4 : 1 jam
Pos 4 - Pos 5 : 25 menit
Pos 5 - Pos 6 : 30 menit
Pos 6 - Pos 7 : 1 jam
Pos 7 - Puncak : 15 menit

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Pendakian Gunung Cikuray 2.821 mdpl via Cilawu"

  1. Hmm gx mau cri altrnatif jlur lain gan.ane dngar cikurai merupakan hulu sungai yang mngalir ke daerah banjar wangi dan brakhir d bermuara d pantai slatan. Ane rsa bgi yg suka berpetualang ini bisa jadi jalur alternatif bru dngn dmulai na menemukan hlu sungai n kmudian buka jalur bru mnuju pncak.

    ReplyDelete