Eksotisme Alam dan Legenda Unik Telaga Warna Dieng

loading...
loading...
Telaga Warna Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu wisata yang menarik ketika berada di Jawa Tengah. Telaga Warna adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal dan merupakan wisata andalan di Wonosobo karena memiliki keunikan serta keindahan alam yang luar biasa.Telaga Warna Dieng yang berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl dengan luas 39,60 Ha, merupakan bekas letusan Gunung Purba Dieng ratusan tahun lalu yang kini sudah tidak aktif.
telaga warna
Telaga Warna Dieng
Telaga Warna berada di wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 144 km dari Yogyakarta bisa menggunakan jalur menuju Magelang - Wonosobo, lalu dilanjutkan dengan minibus jurusan Wonosobo - Garung - Dieng. Setelah itu bisa menggunakan jasa ojek.

Telaga Warna Dieng dengan permukaan air yang tenang memiliki keunikan dimana warna air telaganya kadang bisa berubah warna dari kehijauan, kekuningan, kebiruan dan berwarna warni. Hal itu disebabkan karena kandungan sulfur yang cukup tinggi di dalam telaga. Sehingga ketika surut, akan nampak bekas air di permukaan berwarna putih. 

Berjalan-jalan santai di sekitar telaga atau bersantai menikmati heningnya suasana telaga adalah hal yang bisa dilakukan. Namun, menikmati Telaga Warna Dieng akan lebih terasa jika naik ke salah satu bukit yang mengelilingi Telaga Warna. Udara sejuk dan bersih ditambah pemandangan Telaga Warna berhias kabut putih akan sangat memikat mata. Telaga warna yang bersanding dengan Telaga Pengilon yang bening berlatar pegunungan hijau akan membuat siapapun enggan beranjak.
telaga warna
Telaga Warna dan Telaga Pengilon
Meski Telaga Warna bersebelahan dengan Telaga Pengilon (arti:cermin), air di Telaga Pengilon ini sangat bening dan bersih tanpa ada campuran belerang, sangat berbeda dengan Telaga Warna. Selain berbeda kondisi airnya, perbedaan kedua  telaga ini adalah akses ke tepi telaga. Menikmati Telaga Warna dari tepian memang sangat mudah, namun tidak dengan Telaga Pengilon. Jika ingin mendekati Telaga Pengilon harus menyusuri rerumputan tinggi hingga sampai ke pinggir telaga, ditandai dengan tanah yang mulai gembur. 
telaga pengilon
Telaga Pengilon
Selain Telaga Warna dan Telaga Pengilon, beberapa candi bercorak hindu dan gua berjajar di tepian telaga. Candi dan gua-gua ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi karena mengandung beberapa filosofi menarik. 

Berikut adalah gua-gua beserta legenda yang ada di sekitar Telaga Warna Dieng :

1. Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati

Gua Semar memiliki ruang sekitar 4 meter persegi  yang sering digunakan untuk bertapa. Gua ini konon dijaga oleh Eyang Semar sehingga dinamakan Gua Semar. Gua ini pernah menjadi tempat bertapa para raja Jawa dan pemimpin negara Indonesia. Tahun 1974, Soeharto (mantan presiden RI ke-2) juga bertapa di gua ini.
gua semar
Gua Semar


2. Gua Sumur Eyang Kumalasari 

Di dalam gua ini terdapat sebuah kolam kecil yang airnya sangat jernih dan dingin sehingga disebut Gua Sumur. Airnya yang dikenal dengan  nama Tirta Prawitasari dipercaya mempunyai tuah dan dijaga oleh Eyang Kumolosari. Air dari gua ini sering dimanfaatkan umat Hindu dari Pulau Bali untuk upacara muspe atau mabakti. Selain itu air ini dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit menjadi halus. 
telaga warna
Goa Sumur


3. Gua Jaran Resi Kendaliseto

Dulu menjadi tempat bertapa Resi Kendaliseto. Terdapat legenda yang menceritakan bahwa dulu suatu hari hujan turun sangat deras dan seekor kuda kebingungan mencari tempat berteduh. Dia berlari kesana kemari sampai akhirnyamenemukan sebuah lobang besar dan masuk ke dalamnya. Saat keluar keesokan harinya sudah dalam keadaan bunting. Sekarang ada sebagian orang yang percaya gua ini bisa membantu kaum wanita yang ingin mempunyai keturunan dengan bersemedi di dalamnya.
gua jaran
Gua Jaran


4. Batu Tulis Eyang Purbo Waseso 

Merupakan batu besar di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Bentuknya menyerupai wajah manusia. Konon, bila orang tua yang anaknya belum bisa membaca atau menulis bisa memohon di tempat batu ini berada, maka si anak akan segera bisa membaca dan menulis. 
batu tulis
Batu Tulis
Pesona keindahan alam ditambah dengan wisata sejarah di Telaga Warna Dieng sangat menarik untuk dikunjungi. Telaga Warna merupakan tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan di area Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Prau

Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng tidak cukup jika dilakukan sehari saja. Masih ada beberapa lokasi unik di tempat wisata Dataran Tinggi Dieng seperti Kawah Sikidang yang letupannya bisa dilihat secara langsung, Pencandian Arjuna dan the Golden Sunrise di Gunung Prau dan sebagainya yang semuanya sangat menggoda.  Ada beberapa homestay yang bisa disewa di sekitar lokasi wisata Telaga Warna Dieng dengan harga terjangkau yang akan membuat liburan mengexplore Dataran Tinggi Dieng semakin lengkap, memuaskan dan sempurna.

Baca Juga : 

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Eksotisme Alam dan Legenda Unik Telaga Warna Dieng"

Post a Comment