Pantai Krakal - Mengintip Pesona Alam dan Biota Laut Gunung Kidul

Pantai Krakal Gunung Kidul. Gunung Kidul memiliki wisata pantai yang beragam dan menarik. Berbagai pantai indah ditawarkan disini, salah satunya adalah Pantai Krakal. Pantai Krakal termasuk pantai menawan bertekstur landai dengan hamparan pasir putih dengan panjang lebih dari 5 kilometer. Dalam keadaan pasang-surut'pun, Pantai Krakal tetap menyajikan pesona yang sangat menarik. What is that?, tentu saja selain ombak ganas ketika pasangnya, Pantai KRakal merupakan surga biota laut yang bisa dilihat ketika surut. Wanna try to see it?
pantai krakal
Pantai Krakal
Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi pantai sudah bagus dengan kontur tanah naik turun dan berkelok-kelok. Rute menuju Pantai Krakal juga sudah cukup jelas terpampang di sepanjang perjalanan. 

Untuk masuk ke kawasan pantai, wajib membayar tiket di pos restribusi sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke pantai-pantai di Gunung Kidul. Jalan yang berkelok-kelok melintasi bukit-bukit kapur akan menuntun sampai ke pintu masuk Pantai Krakal.

Tulisan 'Pantai Krakal' akan menyambut ketika sampai di bibir pantai. Di sebelah kanan bukit juga terpampang tulisan 'Welcome to Krakal' yang didesain layaknya Holywood. Sebagian hamparan pasir putih yang panjang dihiasi batu karang yang berpadu dengan kencangnya gulungan ombak. Air lautnya yang jernih membuat wisatawan bisa melihat banyaknya ikan warna-warni berlalu lalang di batu karang.
pantai krakal
Hamparan Karang Pantai Krakal Ketika Surut
Beberapa jenis ikan yang menarik di pantai Krakal Gunung Kidul adalah ikan kepe-kepe atau butterflyfish, damselfish, dan sekelompok ikan warna warni lainnya. Jika air laut surut, tampak karang-karang yang diselimuti rumput laut hijau. Biota laut selain ikan warna-warni sangat mudah ditemukan, seperti siput dan beberapa spesies cacing laut. Lebih baik gunakan alas kaki ketika menyusuri deretan batu karang ini karena cukup tajam dan licin. Low tide is the best time to see marine plants.
Meski banyak batu karang di dasar pantainya, lokasi Pantai Krakal Gunung Kidul juga menjadi tujuan wisatawan pecinta selancar untuk menjajal ombak reef break yang cukup menantang. Jika tidak ingin berselancar, menikmati pesona pantai bisa juga dilakukan dengan berteduh di bawah gasebo yang banyak berjajar di bibir pantai sambil menikmati sajian menu khas Jogja maupun seafood
Pantai Krakal
Gasebo di Pinggir Pantai
Still bored?, cobalah menyusuri garis Pantai Krakal untuk mengeksplorasi batu-batu karang yang menyembul ke permukaan sambil melihat nelayan yang asyik memancing. Garis pantai yang panjang menyuguhkan berbagai spot menarik untuk hunting foto. 
pantai krakal
Sisi Lain Pantai Krakal
Fasilitas di Pantai Krakal Gunung Kidul sudah cukup lengkap. Selain lokasi parkir yang luas dan banyaknya gasebo di pinggir pantai, tersedia warung makan, kamar mandi umum dan hotel di area wisata. Dengan adanya fasilitas yang memadai, wisatawan bisa berlama-lama di pantai Krakal sembari menunggu sunset yang sayang untuk dilewatkan. How the beutiful destination man!

Baca Juga :

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Krakal - Mengintip Pesona Alam dan Biota Laut Gunung Kidul"

Post a Comment

Welcome....!!!