Kesejukan Air Terjun Alap-Alap di Pegunungan Arjuna-Welirang

loading...
loading...
Air Terjun Alap-Alap di Pegunungan Arjuna-Welirang. Air terjun paling populer di lereng  pengunungan Arjuno - Welirang mungkin hanya Air Terjun Kakek Bodo. Namun, ada air terjun tersembunyi lainnya yang sangat menarik untuk dicoba. Bisa ditempuh dengan jalan kaki dari tempat wsata Air Terjun Kakek Bodo, Air Terjun Alap-alap cukup diminati para petualang. Bagi sebagian orang mungkin jarang mendengar nama air terjun Alap-alap, meski letaknya tidak jauh di atas Air Terjun Kakek Bodo. Air Terjun Alap-Alap diambil dari nama burung pemangsa di hutan dan letaknya cukup tersembunyi di lereng pengunungan Arjuno - Welirang.
air terjun alap-alap
Air Terjun Alap-Alap
Air Terjun Alap-Alap berada di Desa Pencalukan, Kecamatan Prigen, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 3 kilometer dari pintu masuk wisata Air Terjun Kakek Bodo. Kendaraan bisa diparkir di tempat parkir wisata Air Terjun Kakek Bodo atau bagi yang membawa roda 2 bisa naik sampai di area bumi perkemahan Kakek Bodo. 

Meski tidak dibuka untuk umum, Air Terjun Alap-Alap bisa dijangkau dengan trekking sekitar 1 jam dari bumi perkemahan Kakek Bodo. Dimulai dari jalan kaki menelusuri area bumi perkemahan dan jalur hutan yang berkelok, naik dan turun tanjakan becek merupakan hal yang menarik bagi para petualang.
bumi perkemahan kakek bodo
Bumi Perkemahan Kakek Bodo
air terjun alap-alap
Trekking Menuju Air Terjun Alap-Alap
Jalur trekking tidak terlalu berat, hanya dibutuhkan stamina yang prima. Di tengah jalan menuju Air Terjun Alap-Alap ada papan penunjuk arah bertuliskan batas lokasi perkemahan. Melanjutkan perjalanan, akan banyak dijumpai pipa-pipa air minum yang merupakan salah satu penunjuk menuju lokasi Air Terjun Alap-Alap.

Mendekati lokasi akan terdengar gemericik air yang merupakan aliran dari Air Terjun Alap-Alap. Bebatuan besar menjadi pembatas aliran air dari lokasi air terjun. Untuk menuju ke air terjun utama, harus memanjat bebatuan besar yang terjal setinggi sekitar 10 meter yang membutuhkan kewaspadaan dan konsentrasi.
air terjun alap-alap
Aliran Sungai Air Terjun
Air Terjun Alap-Alap Ketika Surut
Sesampainya di atas, sebuah air terjun dengan tinggi sekitar 40 meter jelas terpampang di tebing-tebing tinggi yang mengelilingi area kolam. Air Terjun Alap-Alap memiliki tiga tingkatan yang membuat suara gemuruh di tengah kesunyian hutan. Dinginnya air berpadu dengan kesejukan suasana pegunungan menambah daya tarik dari air terjun ini. 

Di bawah air terjun kadang bisa terlihat pelangi yang cukup memanjakan mata untuk menikmatinya. Jika musim kemarau tiba, debit air terjun tidak terlalu banyak, jadi lebih baik datang ketika musim penghujan.


loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kesejukan Air Terjun Alap-Alap di Pegunungan Arjuna-Welirang"

Post a Comment