Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl via Jolotundo

Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo. Gunung Penanggungan adalah gunung api yang sedang istirahat yang ada di Jawa Timur. Terletak di dua kebupaten yaitu Pasuruan dan Mojokerto. Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo merupakan jalur yang lebih panjang dibanding pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng dan memiliki keunikan yaitu adanya berbagai situs sejarah di sepanjang jalur pendakian.
Gunung Penanggungan
Pendakian melalui Jolotundo terletak di Trawas, Mojokerto, terpaut sekitar 30 menit dari pos pendakian Tamiajeng. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju ke tempat wisata petirtaan Jolotundo atau jika dari pos pendakian Tamiajeng bisa memakai jasa ojek ke pendakian via Jolotundo. 

Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo memang sangat menarik dengan adanya situs purbakala di sepanjang jalur pendakian. Jalur ini, selain menarik minat para pendaki, juga menarik minat para arkeolog maupun sejarawan untuk menguak Sejarah dan Ratusan Situs Purbakala di Gunung Penanggungan. Amazing !

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo awalnya berupa tangga di sebelah selatan mushola sebelum gapura masuk candi Jolotundo, yang akan mengantar ke kaki hutan gunung. Jalan setapak cukup jelas dengan vegetasi yang rapat. Setelah melalui vegetasi yang rapat,akan disuguhi pemandangan alam terbuka dimana gunung Bekel terlihat jelas di sebelah kiri. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk berjumpa dengan Candi Bayi yang merupakan candi pertama yang ditemui ketika pendakian melalui Jolotundo.
candi bayi
Candi Bayi
Setelah itu mengambil jalur kiri melewati bekas jalur lahar dan dilanjutkan dengan jalur menanjak menembus hutan yang lumayan rapat namun banyak bonus. Pemandangan bukit Gajah Mungkur yang menyegarkan mata akan mengobati rasa lelah. Setelah berjalan sekitar 1 jam akan sampai di candi ke-2 yaitu Candi Putri, candi yang terbesar di antara semua candi di jalur Jolotundo. Di lokasi ini bisa mendirikan 2 tenda.
candi putri
Candi Putri
Mengikuti jalur setapak lagi sekitar 20 menit akan sampai di Candi Pura, candi yang sudah tidak tertata rapi namun cukup besar. Dari Candi Pura menuju Candi Gentong jaraknya tidak jauh dan bisa ditempuh sekitar 15 menit. Terdapat sebuah bangunan candi kecil bersebelahan dengan sebuah gentong dari batu yang cukup besar.
candi pura
Candi Pura
candi gentong
Candi Gentong
Di akhir jalur akan menjumpai Candi Sinta yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Candi Sinta adalah candi terakhir dimana terdapat makam di sebelahnya.
candi sinta
Candi Sinta
Jalur akan semakin menanjak selepas dari Candi terakhir. Pepohonan mulai jarang karena mendekati batas vegetasi. Sampai di batas vegetasi, seperti jalur yang lain, perjalanan menuju puncak dengan jalur yang sangat terjal dan terus menanjak hingga akhirnya sampai di Lapangan. Di lapangan, puncak gunung sudah terlihat jelas, ada sebuah candi petilasan hanoman, Disini para pendaki biasanya mendirikan tenda sebelum menuju puncak.
Puncak Penanggungan dari Lapangan
Dari Lapangan ke Puncak Gunung Penanggungan dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dan akan disuguhi pemandangan kota Pasuruan, Sidoarjo hingga Surabaya, Mojokerto dan pemandangan daerah trawas dengan background Gunung Arjuno - Welirang.
puncak penanggungan
"Tim Sar" di Puncak Gunung Penanggungan
Itinerary pendakian gunung Penanggungan via Jolotundo :
Pos Perijinan - Candi Bayi : 1 jam
Candi Bayi - Candi Putri : 1 jam
Candi Putri - Candi Pura : 20 menit
Candi Pura - Candi Gentong : 15 menit
Candi Gentong - Candi Sinta : 10 menit
Candi Sinta - Lapangan : 1,5 jam
Lapangan - Puncak : 10 menit

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl via Jolotundo"

  1. Mau tanya,kalau dari balongbendo ke jolotundo,paleng cepet lewat mana ya?

    ReplyDelete

Welcome....!!!