Pendakian Gunung Merbabu 3.142 mdpl via Wekas - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Merbabu 3.142 mdpl via Wekas

Gunung Merbabu sangat terkenal di kalangan pendaki dan pecinta alam Indonesia. Selain mudah diakses dengan medan yang tidak terlalu berat, pemandangan di sepanjang jalur pendakian sangat indah dan cukup memanjakan mata untuk menikmati sunrise maupun sunset

Gunung api bertipe strato berketinggian 3.142 mdpl ini bersebelahan dengan Gunung Merapi, kadang pendaki melakukan pendakian kedua gunung tersebut. Istilah populernya adalah 2M.

pendakian gunung merbabu via wekas
Gunung Merbabu masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara.

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Merbabu, yaitu :
  6. Jalur Pendakian via Suwanting
  7. Jalur Pendakian via Grenden

Transportasi ke basecamp Wekas

Wekas merupakan desa terakhir menuju puncak. Memiliki jalur pendakian medium dengan pemandangan alam tak kalah indah dengan jalur pendakian yang lain.

Ada beberapa alternatif cara ke basecamp Wekas, yaitu :
  1. Dari Surabaya : Naik bus dari Terminal Bungurasih tujuan Magelang. Dari Magelang bisa naik mini bus atau angkot  yang bisa mengantar langsung ke basecamp.
  2. Dari Solo : Naik bus dari Terminal Tirtonadi jurusan Semarang, turun di Pasar Sapi Salatiga. Oper mini bus jurusan Salatiga - Magelang, turun di Pasar Kaponan. Kemudian carter mobil bak sayuran ke Desa Wekas.
  3. Dari Jakarta : Bisa menggunakan bus langsung tujuan Magelang atau kereta api tujuan Semarang. Dari Semarang mencari bus tujuan Magelang dan dilanjutkan seperti cara diatas.
  4. Dari Yogya : Bisa naik bus jurusan Yogya - Semarang, turun di Magelang. Oper minibus jurusan Magelang - Salatiga, turun Pasar Kaponan dan  carter mobil bak sayuran ke Desa Wekas. Jika naik kereta, turun di Stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu. Kemudian ke terminal dan melanjutkan cara seperti di atas.

Info & Tips :
  • Naik kereta dari Yogya agak rumit, sebaiknya naik bus.
  • Mini bus di Terminal Magelang beroperasi sekitar jam 9'an menuju Wekas. Jika hari libur, bus tidak ada dan harus carter angkot.
  • Tarif angkot sekitar Rp.200.000/mobil, tetap dengan negosiasi.

Peta Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Peta Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Wekas merupakan jalur terpendek dan terdapat banyak sekali sumber air sehingga jarang pendaki menjumpai trek datar yang membentang.

Pendakian Gunung Merbabu

Basecamp - Pos 1

Dari basecamp menuju pos 1 Gunung Merbabu akan melalui jalur makadam menanjak melewati rumah warga dan ladang penduduk.

Tak jauh selepas pemukiman dan area sebelum masuk hutan, akan menjumpai makam yang dipercaya sebagai makam seseorang yang menemukan kampung tersebut. Kemudian trek mulai berupa tanah padat akan terus menanjak hingga ke pos 1.

Pos 1 - Pos 2

Selepas pos 1 menuju pos 2 jalur masih terus menanjak dengan trek yang sama. Di sepanjang jalur pendakian terdapat pipa-pipa air. Pos 2 merupakan tempat terbuka dan datar yang mampu menampung banyak tenda. Tak salah jika Pos 2 disebut juga dengan camping ground.

Pemandangan di Sekitar Pos 2
Di area pos 2 ada jalur buntu yang menuju ke sebuah sungai yang dijadikan sumber air bagi masyarakat sekitar Wekas dan sekitarnya. Sumber air di tempat ini mengikuti pipa-pipa air menyusuri tepian jurang ke arah sungai bawah kawah.

Pos 2 - Persimpangan

Jalur selepas pos 2 berupa bebatuan bercampur tanah menanjak berkelok-kelok hingga akhirnya sampai di area datar sempit yang dulunya disebut Pos 3. Naik ke atas lagi, akan sampai di persimpangan pemancar yang menjadi titik pertemuan dari jalur Thekelan dan Cunthel.
Dari persimpangan ini jika ke kanan akan terus pada jalur pendakian ke puncak. Sedangkan ke kiri akan bertemu tower pemancar. Di area ini ada beberapa lokasi datar yang bisa digunakan untuk camp. Areanya memang terbuka, sehingga rawan badai dan angin malam.

Persimpangan - Puncak Gunung Merbabu

Selanjutnya jalur pendakian Gunung Merbabu dilanjutkan dengan melewati pos helipad. Di sepanjang area ini, tampak kawah Gunung Merbabu yang berwarna keputihan. Di sebelah kanan dekat kawah terdapat mata air. Tapi harus bisa bedakan mana air minum dan mana air belerang.

Kemudian pendakian Gunung Merbabu dilanjutkan naik turun perbukitan kecil yang akrab disebut dengan punggungan sapi. Selanjutnya, tantangan berlanjut juga saat melewati jembatan setan.

Trek menuju Puncak Merbabu

Jembatan Setan

Selepas Jembatan Setan, Pendakian ke puncak Gunung Merbabu dilanjutkan dengan melewati punggungan trek terbuka dengan pemandangan lembah yang indah hingga sampai di persimpangan puncak.

Dari persimpangan, bisa memilih jika ke kanan menuju Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi. Sedangkan ke kiri menuju Puncak Syarif. Kebanyakan Kenteng Songo memang didahulukan.

Menuju ke puncak Kenteng Songo, trek cukup terjal. Akan bertemu persimpangan lagi, jika ke kiri (ke bawah) jalur lebih landai, jika ke kanan, jalur cukup menanjak. Terserah mau pilih yang mana...

puncak kenteng songo
Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu

Gunung Merapi dari Puncak Kenteng Songo

Puncak Syarif Gunung Merbabu

Di puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu akan tampak jelas Gunung Merapi yang gagah menantang. Di arah barat tampak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang selalu menemani di sepanjang jalur pendakian via Wekas.

Sementara di kejauhan ke arah timur tampak Gunung Lawu dengan puncaknya yang memanjang. Dari puncak, pendaki bisa memilih jalur jika ingin turun melalui jalur lain.

Tips Pendakian Gunung Merbabu via Wekas :

1. Merupakan jalur pendakian Gunung Merbabu yang pendek, siapkan fisik dan tenaga untuk trek yang full menanjak.
  2. Simaksi Pendakian Gunung Merbabu bisa dilakukan secara online
  3. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  4. Dari basecamp hingga Pos 2 ada pipa-pipa air. Jangan melubangi pipa-pipa air tanpa menutupnya kembali karena air untuk kebutuhan penduduk di kaki gunung.
  5. Pos 2 adalah tempat camp yang strategis karena ada sumber air, tempat yang luas dengan bonus landscape tebing yang menarik.
  6. Waspadalah dengan banyaknya kera abu-abu di sekitar Pos 2. Meski strategis untuk camp, tidak menutup kemungkinan kera-kera bisa mengganggu dengan mencuri logistik.
  7. Camp di area tower maupun area terbuka di sepanjang bibir kawah juga merupakan tempat yang cocok, tapi tidak terlindung dari angin kencang. Jadi kondisikan cuaca.
  8. Gunakan tali jika tidak yakin atau ragu melintasi jembatan setan.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu :

Informasi Gunung Merbabu via Wekas :

• Tinggi : 3.142 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano
  • Wilayah : Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang.
  • Pengelolaan : Taman Nasional Gunung Merbabu
  • Letusan Terakhir : 1797
  • Puncak : Puncak Kenteng Songo, Puncak Syarif, Puncak Trianggulasi.
  • Nama Kawah : Kawah Condrodimuko
  • Sumber Mata Air : Pet Bocor, Kop-kopan, Pondokan.
  • Camp Ideal : Pos 2.
  • Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari.
  • View Gunung :  Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Lawu.
  • Wisata Sekitar :
  • Lokasi Basecamp Wekas : Kedakan, Kenalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah 56193 (Map : Klik Disini)