7 Pantai Menawan di Blitar yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai di Blitar. Kota Blitar terkenal sebagai Kota Proklamator karena disinilah Presiden Republik Indonesia pertama di makamkan. Makam Bung Karno menjadi destinasi wisata andalan di Kota Blitar sehingga tak jarang berbagai pengunjung dari dalam dan luar kota berziarah di area wisata Makam. Selain wisata ziarah, kota Blitar juga memiliki wisata pantai dengan panorama indah dan sayang dilewatkan.

Berbagai wisata pantai di Blitar mungkin belum cukup dikenal karena akses yang tidak mudah walaupun ada beberapa yang lambat laun mulai bisa diakses. Berikut adalah wisata pantai di Blitar yang populer dengan pesona alam yang indah.

1. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo adalah wisata pantai di Blitar Selatan yang paling populer sehingga selalu dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain akses yang mudah ditempuh, tempat ini sudah resmi menjadi tempat wisata. Pantai yang terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Wonotirto ini memiliki pemandangan yang indah. Merupakan dermaga perahu-perahu nelayan, pengunjung bisa menyaksikan kegiatan nelayan di pagi hari ketika hendak ke laut mencari ikan.
pantai tambakrejo
Pantai Tambakrejo

2. Pantai Pasetran Gondomayit

Pantai Pasetran Gondomayit searah dengan Pantai Tambakrejo. Pengunjung bisa melewati jalur mendaki melewati bukit dari Pantai Tambakrejo dimana akan disuguhi pemandangan samudra pantai selatan yang sangat indah dan sayang jika dilewatkan.
Di Pantai Gondomayit ini terdapat sebuah persinggahan di atas bukit karang yang dipercaya warga sekitar sebagai persinggahan Ratu Laut Kidul dan di sekitar tempat ini pula berbau mayat, sesuai dengan namanya.
pantai pasetran gondomayit
Pantai Pasetran Gondomayit

3. Pantai Pangi

Pantai Pangi terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai Pangi tidak cukup luas, namun sangat tepat untuk berlibur karena pemandanganya yang menawan dihiasi dengan batu karang hijau indah yang tampak ketika air surut. Pertemuan sungai dan laut di pantai ini menjadikan pantai ini  tempat yang menarik untuk berlibur bersama keluarga.
pantai pangi
Pantai Pangi

4. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo terletak di desa Sumbersih, kecamatan Panggungrejo. Pantai ini terbagi menjadi tiga yaitu Pantai peh Pulo Wedi Ombo, Peh Pulo Wedi Ciut dan Peh Pulo Wedi Kembar. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan akses yang sulit menjadikan lokasi ini jarang dikunjungi wisatawan. 
Di pantai ini terdapat karang menyerupai bukit yang mirip pulau-pulau kecil di tengah laut sehingga kadang pantai ini disebut sebagai Raja Ampatnya Blitar.
pantai peh pulo
Pantai Peh Pulo

5. Pantai Serang

Pantai Serang terletak di desa Serang, kecamatan Panggungrejo, bertetangga dengan Pantai Peh Pulo. Selain Pantai Tambakrejo, Pantai Serang juga dipakai untuk ritual Larung Saji di tanggal 1 suro. Wisata Pantai Serang memiliki hamparan pasir putih luas yang landai dengan ombak yang tidak begitu deras membuat pantai ini cocok untuk bermain air, mandi maupun berjemur. Perpaduan antara pantai dan perbukitan tidak akan membuat pengunjung kecewa ketika berkunjung ke wisata pantai di Blitar ini.
pantai serang
Pantai Serang

6. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro terletak di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, kabupaten Blitar. Pantai ini terletak di sebuah teluk kecil yang diapit perbukitan dengan garis pantai yang panjang berpasir hitam. Pantai ini juga memiliki pasir hitam seperti Pantai Pasur yang juga ada di Blitar Selatan.

Ombak di pantai ini cukup besar dan tidak diperkenankan untuk mandi. Selain pemandangan air kebiruan berpadu dengan pasir hitam yang halus, pemandangan yang dinantikan oleh wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini adalah pesona matahari terbenam yang sangat eksotis dipandang mata.
pantai serang
Pantai Jolosutro

7. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru terletak di desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini dibatasi tebing dan cukup sempit sehingga jika laut pasang, pengunjung tidak bisa turun menikmati pantai ini. Jalan yang sulit diakses membuat pantai Umbul Waru jarang dikunjungi wisatawan.
Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun yang mengalir dari sungai di atas tebing yang membuat keindahan tersendiri. Waktu yang tepat berkunjung di pantai ini adalah ketika ombak surut.
pantai umbul waru
Pantai Umbul Waru
Itu adalah 7 wisata pantai yang populer di Blitar dengan keindahan yang mempesona yang cocok untuk berlibur dan berpetualang. Jadi, siapa bilang Kota Blitar tidak mempunyai wisata alam yang menarik?

Baca : 
Bukit Love - Mengukir Cinta di Karimun Jawa
De Karanganjar Koffieplantage - Tempat 'Ngopi' Unik di Blitar Anti Mainstream
Gili Labak Madura - Eksotisme Tersembunyi Pulau Garam

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "7 Pantai Menawan di Blitar yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Welcome....!!!