Aura Mistis dan Sunset Romantis Pantai Parangtritis

Loading...
Pantai Parangtritis Jogja. Jika wisata ke Jogja, wajib ke pantai Parangtritis!. Pantai Parangtritis adalah tempat wisata di Jogja yang sangat terkenal. Pantai ini dipenuhi pasir vulkanik hitam yang berkilau di bawah sinar matahari. Di Parangtritis, wisatawan bisa bermain-main dengan berbagai wahana di area pantai, hingga menikmati lautan bintang ditemani suara gemuruh ombak khas pantai selatan yang lekat dengan legenda Ratu Kidul.
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Tempat wisata di Jogja ini sangat mudah diakses. Terletak 27 km selatan Jogjakarta, rute menuju pantai Parangtritis bisa diakses kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang beroperasi hingga pukul 17.00. Dari Jogja dapat dicapai dalam dua cara yaitu melalui desa Kretek atau Imogiri dan desa Siluk.

Konon penamaan Parangtritis bermula dari seorang bernama Dipokusumo yang merupakan pelarian dari Kerajaan Majapahit datang untuk melakukan semedi. Dia melihat tetesan air yang mengalir dari batu karang dan menamakannya Parangtritis dari kata parang (batu) dan tumaritis (tetesan air).
pantai parangtritis jogya
Nama Pantai
Ada banyak mitos tentang tempat wisata di Jogja ini. Menurut legenda, Pantai Parangtritis adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, Ratu dari pantai selatan yang dikenal dengan pakaiannya yang berwarna hijau, untuk itu pengunjung dilarang mengenakan baju warna hijau. 

Pantai Parangtritis merupakan salah satu tempat melakukan upacara Laburan dari Keraton JogjaSelain itu Pantai Parangtritis diyakini sebagai perwujudan dari kesatuan Trimurti yang  terdiri dari Gunung Merapi, Keraton Jogja dan Parangtritis. Pantai ini juga diyakini sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dan Sunan Kalijaga setelah selesai bertapa.

Penduduk disekitar pantai terus menghormati kekuatan dari Ratu Pantai Selatan. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, pengunjung maupun nelayan setempat melakukan upacara ritual di Pantai Parangtritis yang diwarnai dengan pelarungan sesajen dan kembang warna warni ke laut. Puncak ritual adalah pada malam 1 Suro.

Dengan ombaknya yang lumayan besar, merasakan air laut menyentuh kaki disertai udara pantai yang sejuk adalah pengalaman yang luar biasa bagi siapapun yang mengunjungi tempat wisata di Jogja ini. Tebing batu menjulang tinggi berdiri dramatis di tepi pantai beserta beberapa bukit yang hijau tumbuh subur di sekeliling pantai.

Cobalah naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai untuk melihat seluruh area Pantai Parangtritis hingga ke batas cakrawala. Di Sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi yaitu Candi Gembirawati, berjalan beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Pengunjung bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter.
pantai parangtritis jogja
Garis Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis bagaikan surga bermain bagi siapapun yang datang. Garis pantai yang panjang seolah tanpa batas dan landai tanpa karang menjadi panggung atraksi yang menyenangkan. Beberapa hal yang menarik di tempat wisata Pantai Parangtritis Jogja yaitu :
  1. Paralayang : Menikmati Pantai Parangtritis dari ketinggian 200 meter bisa menguji nyali pengunjung.
  2. Naik Bendi : Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda roda ini sangat menyenangkan. Bendi akan membawa ke ujung timur Pantai Parangtritis. Pantulan senja yang remang-remang di permukaan laut semakin membangkitkan suasana romantis.
  3. Naik Kuda : Merasakan sensasi koboi pelintas pantai, menaiki kuda dan membawanya keliling pantai adalah pilihan yang tepat. Bisamenggunakan pemandu untuk mengantar berkeliling.
  4. Naik ATV : Banyak persewaan ATV (All-terrain Vehicle). Motor beroda 4 akan melesat di gundukan pasir pantai.
  5. Menikmati Air Terjun Parang Endog : Ada sebuah air terjun di sisi timur pantai, tepat di bibir pantai.
  6. Bermain layang-layang : Angin laut yang kendang membantu layang-layang untuk terbang tinggi sangat menyenangkan
  7. Surfing : Ombak yang ganas merupakan tantangan tersendiri bagi para surfer menaklukkannya.
  8. Menikmati Senja : Pantai Parangtritis adalah spot terbaik menikmati senja di Jogja. Ketika matahari semakin condong ke barat dan semburat jingganya yang indah, pengunjung akan merasakan suasana yang romantis.
bendi pantai parangtritis jogja
Bendi di Kala Senja
ATV Pantai Parangtritis
Berkendara Dengan ATV
Naik Kuda Pantai Parangtritis
Sensasi Berkuda Koboi Pantai
Berhati-hatilah ketika berenang di pantai karena ombak Pantai Parangtritis sangat besar dan pantai yang jarang terdapat karang merupakan daerah rawan, jadi lebih baik tidak berenang terlalu dalam.

Banyak gubuk berjajar di pinggir Pantai Parangtritis yang akan menemani wisata malam dengan sajian ringan seperti jagung bakar yang digelar di pinggir pantai. Tersedia juga puluhan losmen dan penginapan di sekitar lokasi Pantai Parangtritis dengan harga terjangkau. Tentu berlama-lama menikmati suasana romantis dan mistis ini tidak akan membuat wisatawan manapun kuatir. 
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Aura Mistis dan Sunset Romantis Pantai Parangtritis"

Post a Comment