Kesejukan Air Terjun Dolo di Lereng Gunung Willis

Air Terjun Dolo di Lereng Gunung Willis. Air terjun Dolo pasti tidak asing di telinga masyarakat Jawa Timur khususnya di daerah Kediri. Air terjun Dolo adalah salah satu wisata air terjun di Kediri yang terkenal dengan pesona indah mulai dari perjalanan hingga ke lokasi, ditambah udara sekitar yang sejuk karena berada di bagian timur lereng Gunung Willis tidak pernah sepi akan pengunjung. 
air terjun Dolo
Air Terjun Dolo
Air terjun berketinggian 1.800 mdpl ini terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Kediri, Jawa Timur. Rute menuju air terjun Dolo dapat ditempuh 2 jam dari Pare atau dari pusat kota menuju ke arah barat melalui Pohsarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melewati Desa Selopanggung sebelum sampai di pintu gerbang kawasan wisata Besuki. Jalan menuju ke lokasi berliku-liku menanjak dengan pemandangan alam pegunungan dan indah.

Berada 1.800 mdpl membuat wisata ini cukup terjaga dari kebisingan dan polusi pusat kota. Lokasi yang berada di tengah kawasan hutan pegunungan menambah sejuk kawasan air terjun. Setelah sampai di tempat parkir yang luas, perjalanan menuju air terjun Dolo dilanjutkan dengan jalan kaki. Pengunjung diharuskan menuruni ratusan anak tangga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer yang cukup menguras tenaga. 
Baca : Pendakian Gunung Willis via Kediri
Sepanjang perjalanan menyusuri tangga sampai ke lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang masih alami, suara hewan alam kadang terdengar bercampur dengan gemericik air terjun yang semakin mengundang. Namun pengunjung tidak perlu kuatir, ada beberapa gasebo yang menjual makanan dan minuman di lintasan tangga-tangga tersebut untuk beristirahat jika  kelelahan.
rute menuju air terjun dolo
Tangga yang Membelah Hutan
air terjun Dolo Kediri
Air Terjun Dolo di Tengah Hutan Pegunungan
Sesampainya di bawah, tepatnya di lokasi Air Terjun Dolo ,pengunjung akan dimanjakan dengan suara gemericik air terjun yang tumpahan airnya menjadi 3 bagian dimana yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya 2-5 meter.

Untuk mengunjungi wisata air terjun Dolo lebih baik perhatikan cuaca, karena disaat musim penghujan, udara akan semakin dingin dan jalan menuju lokasi cukup licin. Jika sampai di lokasi air terjun dan cuaca hujan, akan menyulitkan pengunjung saat melintasi  tangga-tangga tersebut.

Beberapa fasilitas sudah ada di lokasi wisata Air Terjun Dolo seperti warung makan, mushala,camping ground, beberapa villa yang tidak jauh dari lokasi dan tempat olah raga seperti lari pagi dan mendaki. Jalur ke Air Terjun Dolo juga merupakan jalur pendakian ke Gunung Willis.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kesejukan Air Terjun Dolo di Lereng Gunung Willis"

Post a Comment