Berburu Belimbing Unggul di Agrowisata Belimbing Karangsari - Blitar

Agrowisata Belimbing Karangsari - Blitar. Anda penikmat buah-buahan?, anda gemar buah Belimbing?. Sudah banyak tempat wisata yang ada di Kota Blitar mulai dari agrowisata, wisata alam hingga wisata sejarah. Selain Agrowisata Kampung Coklat, kota Blitar masih menyimpan objek wisata berbasis pertanian yaitu Perkebunan Belimbing. Hal ini pula yang menjadikan Kota Patria sebagai penghasil tanaman buah manis asam ini yang paling digemari.
blimbing karangsari blitar
Belimbing Yang Masih Muda
Perkebunan Belimbing ini terletak di Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Perkebunan seluas 5 Ha dan berdiri di sebuah tanah yang sudah dikembangkan sejak tahun 2008. Belimbing yang ada disini berbeda dengan belimbing pada umumnya. 

Belimbing Karangsari memiliki keistimewaan yaitu ukuran yang lebih besar dari belimbing biasa, warna kuning kemerahan yang mencolok dan rasa yang dominan manis. Penanganan pasca panen seperti pembrongsongan buah di pohon, pembersihan buah, sortasi, grading dan pengemasan telah memberikan nilai tambah dari Belimbing Karangsari.
belimbing blitar
Kawasan Masuk Agrowisata
Pengembangbiakan dilakukan dengan menagkar benih yang berasal dari tanaman yang sudah berusia lebih dari 6 tahun kemudian dikecambah dan ditanam dalam polibag untuk diokulasi dengan pengambilan mata temple dari pohon induk untuk ditempel di bibit tersebut setelah berumus setahun.  Melalui perkembang biakan ini, keunggulan Belimbing dari pohon induk tidak mengalami perubahan.
belimbing blitar
Diantara Belimbing Yang Dibrongsong
Tanaman Belimbing menjadi tanaman wajib oleh setiap warga di sekitar Karangsari, tak heran jika akan menemui pohon Belimbing di setiap rumah jika melewati kawasan Karangsari. Setiap pohon rata-rata menghasilkan lebih dari 0,5 kwintal tiap periode berbuah yaitu selama empat kali dalam setahun. 

Gedung pabrik pengolahan sari buah belimbing ada di depan perkebunan. Selain dijual kemasan per kilogram, buah belimbing juga diolah menjadi dodol, sari buah, manisan, sirup dan juga keripik belimbing.

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Berburu Belimbing Unggul di Agrowisata Belimbing Karangsari - Blitar"