Menikmati Ganasnya Ombak Pantai Bajul Mati Malang

Loading...
Pantai Bajul Mati Malang. Pantai Bajul Mati yang berarti “Buaya Mati” merupakan salah satu Wisata Pantai di Malang yang sangat populer. Pantai bernama unik inipun juga dimulai dengan adanya fenomena unik. Pantai Bajul Mati berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang bisa mengambil ke arah Turen dan berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing. Lokasinya searah dengan Pantai Tamban dan Pantai Sendang Biru.
pantai bajul mati
Pantai Bajul Mati
Terdapat pertigaan dengan plakat petunjuk arah ke kanan menuju Pantai Bajul Mati. Bisa juga melalui jalur menuju Pantai Balekambang, sampai pada perempatan jika lurus akan menuju Balekambang,dan ke kiri ke Bajul Mati. Pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Goa China yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Rute ke wisata Pantai Bajul Mati sudah beraspal namun berkelok-kelok karena melewati pegunungan. Sebelum memasuki pantai ini ada sebuah jembatan sepanjang 90 meter berbentuk setengah lingkaran melintang di atas sungai yang lebar dengan desain yang sangat artistik. Dari jembatan ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 10 menit. 
pantai bajul mati
Jembatan Artistik
Selain Pulau Sempu, Pantai Bajul Mati juga menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin mengexplore Wisata Pantai Malang Selatan. Pantai ini dinamakan Bajul Mati karena konon, saat ditemukan pertama kali pada tahun 1890-an ditemukan seekor buaya yang mati. Ada juga yang mengatakan karena di pantai ini terdapat batu karang panjang yang bentuknya mirip seekor buaya. Mungkin sempat terpikir berapa banyak buaya yang mati untuk membuat pantai ini dinamakan Bajul Mati.


Suara ombak yang keras akan terdengar ketika mendekati lokasi pantai Bajul Mati. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan batu karang yang menawan. Tergolong pantai selatan, ombak di pantai Bajul Mati sangat besar. Struktur pantainya curam dan dalam sehingga pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di area pantai. Namun, di sebelah barat ada sebuah muara sungai yang bisa digunakan untuk bermain air dengan leluasa, dikelilingi bukit karang sehingga seperti membentuk sebuah danau. 
pantai bajul mati
Muara Sungai Kehijauan
Aliran air di muara pantai Bajul Mati sangat tenang dan berwarna kehijauan, dibatasi oleh bukit karang. Sedangkan di sebelah timur pantai, ada sebuah gua bernama Goa Wil yang berada di bawah bukit karang. Goa ini lebih tepat disebut batu karang karena tidak ada lubang yang menjorok ke dalam seperti layaknya Goa. Jika berkunjung pada hari tertentu, bisa sekalian menikmati upacara adat Grebeg Kopat.
pantai bajul mati
Garis Pantai

Area pantai sangat panas di siang hari ditambah minimnya pepohonan besar di sekitar pantai. Ada beberapa gasebo untuk berteduh ketika panas sangat menyengat di siang hari dan beberapa warung kedil di sekitar pantai yang menjual makanan dan minuman seperti kelapa muda yang cocok dinikmati sambil mendengar suara deburan ombak pantai selatan yang ganas.

Baca juga :

Taman Nasional Situbondo - Mengeksplore Africa Van Java
Keindahan Segara Anakan Pulau Sempu

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Menikmati Ganasnya Ombak Pantai Bajul Mati Malang"

Post a Comment