Pulau Menjangan – Wall Diving Terbaik Bali Barat

loading...
Pulau Menjangan Bali Barat. Ingin wisata menikmati keindahan pantai yang memanjakan mata ditambah pesona bawah laut yang tak kalah indahnya? dan semua itu berbaur dengan adat budaya yang juga bisa disaksikan? kunjungilah Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan merupakan tempat wisata di Bali  yang wajib dikunjungi untuk pecinta diving. Pulau Menjangan terletak di Taman Nasional Bali Barat, perbatasan antara Jembrana dan Buleleng. Pulau yang dikenal sebagai wall diving terbaik di Bali Barat ini memiliki taman bawah laut yang penuh warna.
pulau menjangan
Pulau Menjangan
Cara untuk sampai ke Pulau Menjangan, bisa menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat di pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Teluk Terima atau naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang. Selain itu dari Banyuwangi (Watu Dodol) bisa menggunakan perahu yang juga melayani wisata ke Pulau Tabuhan.

Wisata ke pulau Menjangan dengan perahu membutuhkan waktu sekitar 40 menit sampai dengan 1 jam tergantung cuaca dan berat muatan. Berlayar menuju Pulau Menjangan, beberapa spot menarik akan nampak, mulai karang laut hingga megahnya pura Ganesha di atas tebing Pulau Menjangan Bali. 
Diving di Pulau Menjangan Bali sangat mengasikkan karena suhu air lautnya tidak terlalu dingin, jadi meski berlama-lama tidak akan jadi masalah. Selain spot di tengah laut, ada spot kedua di dekat dermaga dengan air yang lebih jernih. Terumbu karang dan palung laut bisa terlihat jelas dari permukaan. Biota laut berupa ikan-ikan yang ada di dekat dermaga juga lebih berwarna. 

Anda akan menjumpai ikan nemo,bulu babi, bintang laut dan biota laut lainnya. Anda bisa melihat ikan nemo dengan warna khas'nya sedang bersembunyi di balik rumput laut yang indah. Anda juga bisa memberi makan ikan secara langsung sekaligus merasakan sensasi asyiknya ketika ikan-ikan kecil berwarna warni berlalu lalang di sekitar anda untuk mengambil makanan. Ini menjadi pengalaman menarik wisata di Pulau Menjangan Bali yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk penikmat adrenalin, spot di dekat dermaga Pulau Menjangan Bali yang tidak terlalu dalam ini berbatasan langsung dengan palung laut. Anda bisa mengapung di atas palung yang dalam sambil merasakan sensasi berada di atas jurang.
Gapura Masuk
ikan nemo pulau menjangan
Ikan Nemo
diving pulau menjangan bali
Taman Bawah Laut Pulau Menjangan
diving pulau menjangan
Snorkeling
Selain menikmati keindahan alam bawah laut Bali, ada juga wisata spiritual yang bisa dikunjungi. Pura Agung Pingit Klenting Sari dengan Patung Sang Hyang Ganesha setinggi 15 meter berdiri kokoh di ujung pulau yang terdapat juga Pagoda Agung Dewi Kwan Im. Setiap  hari purnama atau hari raya Hindu lain, warga di Desa Pejarakan yang tinggal di sekitar Pulau Menjangan Bali selalu melakukan sembayang di pura. 

Untuk menuju ke pura, perahu akan berhenti di dermaga dengan jembatan yang cukup panjang, setelah itu harus naik berjalan kaki menembus pulau ke lokasi pura. Kondisi jalan sudah terpaving sebagian dengan baik. Suasana sakral dan sunyi akan anda temui di tempat ibadah di Bali ini. Jika ingin memasuki area pura, maka harus menggunakan sarung khas Bali.
pulau menjangan
Dermaga ke Pura
pura pulau menjangan
Pura Agung dan Ganesha
Sebagai pulau tidak berpenghuni dan minim akomodasi, bawalah bekal makan dan minum yang cukup, obat, sunblock dan kebutuhan lainnya. Siapkan alat pendukung penyelaman yang bisa disewa di Menjangan Resort sebelum wisata ke Pulau Menjangan Bali.

Baca Juga : 
Tanah Lot dengan Sunset yang Mempesona
Pulau Penyu Tanjung Benoa - Pulau Menawan Nusa Dua Bali

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "Pulau Menjangan – Wall Diving Terbaik Bali Barat"

  1. mantep bnget gan jadi pengin kesitu nih, ,

    ReplyDelete
  2. wah liat pict nya keren banget tuh buat diving :D

    ReplyDelete
  3. wih keren banget tuh gan, jadi ingin berwisata ke situ deh sama teman-teman ku.

    ReplyDelete