Makam Bung Karno – Wisata Ziarah,Sejarah dan Edukasi

loading...
loading...
Makam Bung Karno Blitar. Siapa yang tak mengenal Soekarno? Bapak Proklamator, Presiden pertama Republik Indonesia yang dikenal sebagai penyambung lidah rakyat dan telah berperan penting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia di masa penjajah?. 

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya. Soekarno meninggal tanggal 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Kota Blitar, Jawa Timur. Kawasan Makam Bung Karno yang menjadi andalan Kota Blitar ini dilengkapi dengan Museum dan Perpustakaan Nasional yang ada dalam satu kawasan. Perpustakaan Nasional terletak tepat sebelah selatan Makam Bung Karno di Jl. Kalasan, Kelurahan Bendogerit, Blitar.
perpustakaan bung karno
Kawasan Museum Bung Karno

Perpustakaan Nasional


Perpustakaan Bung Karno diresmikan pada tanggal 3 Juli 2004 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Ketika masuk, anda akan disambut dengan halaman perpustakaan yang dihiasi tiang-tiang besar. Ada patung Bung Karno diantara perpustakaan dan museum sedangkan di depan tampak ujung bangunan makam Bung Karno dari kejauhan. 

Dinding relief di kawasan wisata makam Bung Karno Blitar berisi perjalanan hidup Bung Karno sejak masa muda, masa perjuangan dan masa tua membentang di tepi kolam yang memanjang dari perpustakaan ke arah makam.
Baca : Candi Penataran - Kompleks Candi Termegah dan Terluas di Jawa Timur

Ada berbagai jenis koleksi buku di perpustakaan ini. Di gedung A Timur diantaranya : Koleksi khusus Bung Karno, Koleksi Referensi, Koleksi terbitan berkala, Koleksi umum, Koleksi IDAYU. Sedangkan di Gedung B yang ada di utara museum ada Koleksi Anak dan Remaja. Ruang perpustakaan yang nyaman dan suasana tenang merupakan daya tarik tersendiri bagi pelajar maupun mahasiswa di Blitar untuk meluangkan waktu mengunjungi perpustakaan.

perpustakaan bung karno
Patung Bung Karno di Antara Perpustakaan dan Museum

Museum Bung Karno dan Lukisan Hidup


Museum Bung Karno ada di gedung A Barat, berdampingan dengan perpustakaan. Di dalam museum terpajang benda-benda peninggalan Bung Karno sejak kecil hingga akhir hayatnya. Ada juga koleksi seperti lukisan Bung Karno, peninggalan Bung Karno, uang seri Bung Karno tahun 1964, serial lukisan dan foto-foto Bung Karno. 

Salah satu lukisan Bung Karno di dalam museum terkenal dengan sebuah misteri. Lukisan ini dari depan tampak biasa-biasa saja namun jika diperhatikan dengan seksama, atau dilihat dari samping, lukisan ini bergerak, berdenyut-denyut dengan sendirinya tepat di bagian jantungnya seolah hidup. Hal ini tak jarang membuat wisatawan bertanya-tanya serta mencari hal lebih jelas tentang sosok proklamator kebanggaan bangsa ini.

museum bung karno
Koleksi Foto
museum bung karno
Lukisan Hidup
Sebelum berjalan melintasi kolam menuju ke makam Bung Karno, ada tangga ke kanan setelah perpustakaan di Gedung B yang akan membawa kita ke Gong Perdamaian, sebuah Gong ukuran raksasa dengan gambar bola dunia di bagian tengah yang dikelilingi simbol-simbol agama dan dikelilingi bendera 116 negara. Gong perdamaian dunia yang ada ini ditetapkan masyarakat internasional yang tergabung dalam World Peace Gong sebagai sarana persaudaraan dan pemersatu umat manusia. 
gong perdamaian
Gong Perdamaian Dunia

Makam Bung Karno

Makam Bung Karno Blitar didesain dengan arsitektur khas Jawa yaitu bangunan Joglo. Bergaya Jawa Timur yang dikombinasi dengan gerbang candi Bentar. Selain itu di kompleks makam dilengkapi dengan Gapura Agung, Masjid dan Bangsal. Lokasi makam dan Museum Bung Karno cukup dekat dari pusat kota. Papan penunjuk arah cukup jelas untuk menuju ke lokasi karena merupakan wisata unggulan Kota Blitar. Mendekati kawasan makam pengunjung akan disambut dengan banyaknya kios di sepanjang jalan yang menjual cinderamata khas Makam Bung Karno. 

Kawasan Makam Bung Karno Blitar tidak pernah sepi dari pengunjung yang berziarah. Peziarah saling bergantian memanjatkan doa karena ruangan yang cukup sempit namun semua pengunjung sepertinya menjaga sikap untuk tetap tenang dan tidak membuat gaduh. Ada berbagai penjual bunga untuk ditabur di atas makam. 

Untuk keluar makam, jalannya berbeda dengan jalan masuk. Anda diwajibkan melewati pintu keluar di belakang kompleks, melewati pasar kerajinan dan oleh-oleh yang cukup panjang sebelum sampai di pintu keluar. Lokasi ziarah selain makam Bung Karno yang bisa dikunjungi di Blitar yaitu makam Adipati Aryo yang merupakan pendiri kota Blitar dan juga Pasanggrahan Djojodigdan, tokoh perjuangan yang makamnya dikenal dengan makam gantung.
makam bung karno
Makam Bung Karno

Istana Gebang  

Selain itu wisata tentang seni budaya bisa dilihat di rumah masa kecil Bung Karno, Istana Gebang. Rumah ini berada di Jl. Sultan Agung Blitar, sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno. Bagi anda yang ingin melanjutkan wisata ke ke Istana Gebang, ada becak khusus yang akan mengantar anda dari makam  ke Istana Gebang maupun sebaliknya. 

Di area Istana Gebang setiap tanggal 6 Juni diselenggarakan haul dan kesenian yang selalu didatangi banyak pengunjung. Acara tahunan yang selalu digelar adalah Grebeg Pancasila. Di dalam Istana Gebang terdapat peninggalan-peninggalan Bung Karno seperti perabotan rumah yang artistik, hingga mobil Bung Karno.
istana gebang
Istana Gebang
Baca Juga :
Keunikan Air Terjun Gua Luweng yang Menyejukkan Mata
Manisnya Berwisata ke Kampung Coklat Blitar

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Makam Bung Karno – Wisata Ziarah,Sejarah dan Edukasi"

Post a Comment