Air Terjun Madakaripura yang Mempesona

Air Terjun Madakaripura. Selain pemandangan lautan pasir dan awan Gunung Bromo, ada sebuah air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, bernama air terjun Madakaripura. Di tempat ini konon patih Gajah Mada menghilang secara fisik dan spiritual atau moksa dari muka bumi, untuk itulah terdapat patung Gajah Mada di kawasan wisata ini. Air terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi bila berpergian ke Probolinggo.
air terjun madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo, rute menuju air terjun Madakaripura bisa dicapai dari Malang atau Probolinggo. Arah nya sama dengan rute wisata ke Gunung Bromo  dan ada petunjuk untuk menuju ke lokasi air terjun ketika hendak ke arah Gunung Bromo. Bisa juga menaiki bus ke arah Tongas lalu sesampainya di pertigaan Tongas, harus melanjutkan perjalanan dengan angkot.

Sampai di lokasi air terjun pengunjung akan disambut dengan patung Gajah Mada yang sedang bertapa. Warung makan banyak berjajar di sekitar lokasi parkir untuk mengisi tenaga sebelum berjalan menuju lokasi air terjun Madakaripura.
patung gajah mada air terjun madakaripura
Patung Gajah Mada
Perjalanan menuju air terjun Madakaripura akan disuguhi pemandangan alam yang memanjakan mata. Pengunjung akan turun untuk menyeberangi sungai yang penuh bebatuan dan melalui jalan setapak yang rapi sebelum menyeberang sungai lagi untuk berpindah jalur. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20 menit di antara pepohonan perbukitan.

Air terjun Madakaripura membentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh tebingnya seperti hujan. Bahkan ada yang mengucur deras membentuk air terjun lagi. Ketika akan sampai di air terjun, banyak yang akan menawarakan sewa jas hujan dan payung karena untuk melintasi jalur menuju air terjun utama,pengunjung akan melewati derasnya air terjun lain dari atas tebing. Pengunjung akan melewati sungai dari aliran air terjun dan ketika sampai di air terjun utama, kelelahan akan terbayar dengan cantiknya pemandangan air terjun Madakaripura.
jalur air terjun madakaripura
Jalur Sungai Berbatu
air terjun madakaripura
Air Terjun Utama

Air terjun utama berdiri melingkar, sehingga pengunjung akan seperti ada di dalam botol. Siraman air terjun lain berada di antara tebing-tebing hijau yang menjulang seakan-akan membentuk tirai di seluruh bidang tebingnya.

Dengan ketinggian 200 meter, air terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi ke-2 di Indonesia. Selain itu air terjun Madakaripura merupakan air terjun abadi karena memiliki aliran air yang tidak pernah berhenti mesti di musim kemarau.

Menurut penduduk sekitar yang beragama Hindu, air terjun Madakaripura masih dianggap sebagai air suci. Penduduk tengger menggunakan air terjun untuk prosesi upacara Mendhak Tirta yang dilakukan tiap tahun.

Beberapa tips untuk berwisata ke air terjun Madakaripura :
  1. Untuk perkir sepeda motor sebaiknyabilang pada tukang parkir untuk tidak mencuci motor. Tukang parkir akan mencuci motor tanpa persetujuan dan akan menarik biaya ketika pulang
  2. Jika ada penduduk yang menawarkan ongkos pemandu, buatlah kesepakatan untuk ongkos’nya.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal karena perjalanan menuju air terjun Madakaripura akan melintasi sungai bebatuan.
  4. Bawalah baju ganti untuk berjaga-jaga karena cipratan air terjun yang deras tak segan-segan membuat pengunjung basah kuyup
  5. Bawa juga jas hujan atau payung sendiri agar tidak perlu menyewa di sekitar lokasi kecuali memang ingin basah kuyup ria.
  6. Lebih baik tidak berkunjung ketika musim hujan karena daerah ini rawan longsor.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Air Terjun Madakaripura yang Mempesona "

Post a Comment