Pantai Kondang Merak dengan Panorama Mempesona

Pantai Kondang Merak. Nama Kondang Merak mungkin asing terdengar di telinga para wisatawan, namun bagi para pecinta pantai, Kondang Merak adalah Wisata Pantai di Malang selatan yang sangat menarik minat. Pantai ini dinamakan Kondang Merak karena memiliki muara yang merupakan pertemuan air tawar dan air laut, dimana dulu banyak dihuni burung merak yang kini sudah tidak ada lagi. Pantai tenang dengan keindahan yang masih alami ini merupakan salah tujuan bagi para pecinta pantai untuk sekedar berwisata maupun camping.
pantai kondang merak
Pantai Kondang Merak
Lokasi Pantai Kondang Merak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ada dua cara menuju Pantai Kondang Merak Malang dengan rute sebagai berikut :
  1. Terminal Arjosari – Turen – Gondang Legi – Bantur – Kondang Merak
  2. Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Kondang Merak
Arah ke Pantai Kondang Merak sama dengan arah menuju ke Pantai Balekambang. Ikuti saja arah ke Pantai Balaikambang sampai menemukan pertigaan dengan arah yang sudah jelas dimana jika lurus menuju ke Pantai Balekambang dan ke kiri menuju ke Pantai Bajul Mati. Dari pertigaan ini, petualangan di jalan makadam akan dimulai.

Jalur makadam dan tanah yang sempit dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan semak lebat menandakan bahwa Pantai Kondang Merak sudah dekat. Jika musim penghujan tiba perlu diwaspadai karena banyak kubangan lumpur di sekitar jalan terjal ini. Membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit menyusuri jalan makadam sebelum sampai di lokasi wisata pantai. Setelah registrasi dan memilih lokasi parkir yang nyaman, menikmati pesona Wisata Pantai di Malang ini bisa dimulai.
pantai kondang merak
Mendung Menghiasi Sore
Area pantai Kondang Merak sangat luas dan teduh karena dikelilingi pepohonan besar. Dari pos penarikan tiket, di sebelah kiri terdiri dari rumah-rumah penduduk yang berprofesi sebagai nelayan dan juga kamar mandi umum yang disewakan cuma-cuma. Jika kearah kanan, ada tanah luas yang lapang dan cocok untuk mendirikan tenda bagi yang suka camping.
pantai kondang merak
Garis Pantai
Pantai Kondang Merak sangat tenang dan indah dengan pemandangan yang menggoda. Bukit-bukit karang besar menyembul dari dalam lautan membentang seperti batas pantai di sejauh mata memandang. Bukan termasuk laut lepas, pantainya tidak terlalu dalam dan gelombang ombak tidak besar karena terpecah dengan keberadaan batu karang, cocok digunakan untuk snorkeling maupun berenang. Karena laut yang tidak dalam dan nyaris tanpa ombak, berjalan dari pantai ke pulau karang yang ada di tengah laut'pun bisa dengan mudah dilakukan.


pantai kondang merak
Memandang Karang Pembatas

Pasir putih kecoklatan dan pepohonan di pinggir pantai membuat suasana nyaman. Di tepi pantai bisa ditemukan kerang, terumbu karang bersama ikan-ikan kecil yang bersembunyi didalamnya. Karena medan di area pantai yang menantang, di pantai ini kadang digunakan untuk kegiatan offroad maupun camping ceria. 
pantai kondang merak
Kegiatan Offroad
Di sekitar Pantai Kondang Merak ada warung makan yang menyediakan ikan segar hasil tangkapan nelayan, bisa untuk oleh-oleh maupun dibakar sendiri sambil menikmati suasana malam pantai. 


Tips Wisata ke Pantai Kondang Merak :
  1. Pastikan kondisi cuaca sebelum berwisata karena jalan yang terjal cukup sulit ketika musim hujan.
  2. Air yang tenang cocok untuk berenang, jadi jangan lupa membawa pakaian ganti dan peralatan mandi.
  3. Jika bermalam, banyak serangga kecil yang jika menggigit di kulit akan merah dan gatal. Lotion nyamuk maupun minyak tidak akan berfungsi jadi lebih baik tidur di dalam tenda dan menutup rapat tubuh.
  4. Meski banyak kamar mandi umum, air bersih di kamar mandi umum juga tidak memiliki stok banyak, waspadai jika banyak wisatawan yang bermalam disana dan lebih baik mandi pagi-pagi sebelum air habis.

pantai kondang merak
Cheers...

Baca Juga :
Pantai Krakal - Mengintip Pesona Alam dan Biota Laut Gunung Kidul

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Kondang Merak dengan Panorama Mempesona"

Post a Comment

Welcome....!!!