Tanjung Papuma - Menikmati Pantai Terindah Jawa Timur

Loading...
Tanjung Papuma Jember. Tanjung Papuma merupakan sebuah pantai yang sangat eksotis sehingga menjadi Tempat Wisata Pantai di Jember yang sangat populer. Pantai Papuma memiliki keindahan pantai yang khas dengan adanya gugusan pulau karang tersebar di sekitar lautnya. Gugusan karang dan tebing yang bisa dinikmati di pantai, juga bisa dinikmati dari atas bukit yang akan menunjukkan pesona keindahan laut lepas Pantai Papuma dan Pantai Malikan.
pantai papuma
Karang Tanjung Papuma
Lokasi wisata Tanjung Papuma yang dikenal juga dengan nama Pasir Putih Malikan terletak di di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, 45 kilometer ke arah selatan Kota Jember. Lokasinya bersebelahan dengan tempat wisata pantai Watu Ulo.

Akses jalan menuju Pantai Papuma Jember ini sudah beraspal. Sebelum masuk lokasi akan melewati hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati. Jalan dari loket masuk ke area wisata Pantai Papuma berbelok-belok dengan turunan yang tidak terlalu tajam dan jalur yang dilalui sedikit rusak. Ketika sampai di lokasi tempat wisata Tanjung Papuma,  akan melewati Klenteng di kiri jalan dan ini adalah salah satu faktor yang menambah daya tarik wisata Pantai Papuma Jember.

Di sebelah kanan dan kiri pantai Papuma ada bukit yang bisa didaki. Dari atas bukit akan tampak beberapa perahu warna-warni yang dibiarkan mengambang di bibir pantai, diatas lautan biru serta hamparan pasir yang putih menggoda.
pantai papuma
Pantai Papuma dari Bukit
Menikmati Tanjung Papuma bisa dilakukan dengan berjalan-jalan ke arah tebing dan karang yang indah di bawah Siti Hinggil. Saat air laut sedang surut, pemandangan sangat indah bila melihat dari sudut pandang ini karena akan terlihat tepat di depan mata batu karang yang diterjang ombak besar. Berjalan-jalan di dataran karang sambil menikmati sapuan ombak laut selatan adalah momen yang sempurna.
Pemandangan tebing, karang yang berpadu dengan deburan ombak membuat pemandangan saat itu harus diabadikan. Namun ingat, untuk mengabadikannya harus sesegera mungkin. Jika tidak, akan ada petugas yang melarang dan tak segan menyuruh pergi karena lokasi tersebut cukup berbahaya (pernah ada korban tenggelam).
pantai papuma
Karang Pantai
Menikmati wisata Tanjung Papuma Jember bisa dilanjutkan dengan naik ke Siti Hinggil. Siti Hinggil adalah sebuah tebing di sisi kanan Tanjung Papuma yang membatasinya dengan Pantai Malikan. Untuk ke Siti Hinggil harus berjalan naik melalui tangga hingga ke gasebo yang ada di atas tebing. Diperlukan waktu kurang dari 15 menit untuk sampai ke Siti Hinggil.

Dari Siti Hinggil akan tampak laut lepas Tanjung Papuma dan juga Pantai Malikan yang sangat mempesona dihiasi gugusan karang-karang besar yang diterjang ombak. Pemandangan birunya pantai yang dibatasi hijaunya perbukitan sangat menyejukkan mata hingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.
siti hinggil dan pantai malikan
Siti Hinggil
pantai malikan
View Pantai Malikan dari Siti Hinggil
Beberapa gasebo dibangun di sekitar tempat wisata Pantai Papuma untuk beristirahat atau menikmati makan siang yang juga dijual di sekitar pantai. Ada beberapa wahana bermain di sekitar pantai, kamar mandi, mushola, penginapan dan juga kantor pengelola. Banyaknya pohon yang membuat suasana teduh akan membuat suasana menjadi nyaman. Kadang terlihat beberapa monyet yang berlarian mencari makan atau cuma sekedar nongkrong. Jadi, bercengkerama dengan teman baru ini mungkin cukup menarik minat.

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Tanjung Papuma - Menikmati Pantai Terindah Jawa Timur"

  1. Pemandangannya bagus. Tapi kok baru denger ya pantai tanjung papuma.

    ReplyDelete