Pagoda Avalokitesvara - Kemegahan Pagoda Tertinggi di Indonesia

Loading...
Pagoda Avalokitesvara - Pagoda Tertinggi di Indonesia. Bukan hanya tiongkok yang memiliki banyak pagoda megah. Meski tidak sebanyak di Tiongkok, Indonesia memiliki pagoda megah yang dikhususnya untuk penganut agama Budha dan terbuka untuk para wisatawan. Pagoda merupakan salah satu simbol bagi penganut Budha tentu jarang ditemui di Indonesia. Pagoda Avalokistesvara adalah pagoda tertinggi dan termegah di Indonesia dengan 7 tingkat dengan tinggi mencapai 45 meter. Keunikan dari pagoda yang ada di Vihara Buddhagaya Watugong ini tentu selalu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Semarang.
pagoda avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara terletak di Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tidak sulit untuk mengunjungi Vihara Buddhagaya karena letaknya yang persis di sisi jalan utama.
Rute menuju Pagoda Avalokitesvara dari Solo naik bus tujuan Semarang dan waktu tempuh tidak sampai 2 jam, akan terlihat pucuk Pagoda di jalan utama sebelah kanan jalan, tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. 
pagoda avalokitesvara
Gerbang masuk Vihara Buddhagaya
Ketika masuk, suasana Tionghoa akan terasa, keunikan bangunan khas China tampak menarik. Patung Dewi Kuan Im dan Budha menjadi ciri khas di area Vihara. Bangunan yang dihiasi pita-pita merah dan pahatan tulisan China membuat seolah-olah pengunjung ada di China.
Baca : Lawang Sewu Semarang - Sejarah kelam Dibalik Seribu Pintu
Di teras dibangun patung-patung dewi Kuan Im yang mengelilingi pagoda utama.Pengunjung bisa berdoa kepada Patung Dewi Kuan Im di dalam pagoda Avalokitesvara.Ada patung Dewi Kuan Im yang membawa anak laki-laki, anak perempuan dan juga yang membawa teratai. Untuk berdoa bisa membeli dupa yang disediakan, ada berbagai ukuran besar dan kecil dan biasanya membeli 3 batang untuk dibakar dan digunakan untuk berdoa. Setelah berdoa maka dupa tersebut ditancapkan di tempat yang disediakan di depan Pagoda Avalokitesvara.
patung dewi kuan im pagoda avalokitesvara
Berdoa kepada Dewi Kuan Im
Umat Budha biasanya melakukan ritual Tjiam Shi didalam pagoda Avalokitesvara ini. Namun tak ada larangan untuk kita mencoba ritual tersebut. Tjiam Shi semacam ramalan yang terkenal di kalangan umat Budha, berisi tentang segala hal, nasip, keuntungan, jodoh dan sebagainya. Untuk mencoba Tjiam Shi  harus meminta ijin pada Dewi Kuan Im yaitu dengan melempar kayu pendek yang menyerupai dadu di depan Patung Dewi Kuan Im, jika muncul gambar yang diinginkan maka Ritual diijinkan. 

Pada pelataran pagoda Avalokitesvara dapat dilihat patung Sidharta Gautama duduk di bawah pohon Bodhi yang rindang. Sedangkan di belakang ada tempat Patung Budha Tidur, sebuah tempat yang tidak sembarangan orang diijinkan untuk mendekati tempatnya karena tempat itu memang harus sunyi dan Patung Budha tidur sendiri cukup besar dan panjang sekitar  5 meter lebih. Lebih baik ijin kepada petugas jika ingin ke tempat Budha Tidur yang kemungkinan besar tidak diijinkan, jangan langsung nyelonong ke lokasi dan berfoto jika tidak ingin dimarahi petugas.
patung budha tidur di pagoda avalokitesvara
Lokasi Patung Budha Tidur
Selain itu ada beberapa patung-patung khas cina yang dipasang, seperti patung siput berukuran besar, tempat pembakaran dengan desain botol cina jaman dahulu, bahkan akan dibangun patung Budha setinggi 36 meter di lokasi Vihara Buddhagaya.

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Pagoda Avalokitesvara - Kemegahan Pagoda Tertinggi di Indonesia"