Pantai Gondomayit - Pesona Tersembunyi Blitar Selatan

loading...
Pantai Pasir Putih Pasetran Gondomayit. Gondomayit, mendengar nama pantai ini sudah membuat merinding karena namanya yang seram. Kenapa dinamakan Gondomayit?. Dalam bahasa jawa, Gondo berarti 'bau' dan mayit yang berarti 'mayat'. Konon, dahulu di lokasi tersebut banyak ditemukan banyak jenazah di jaman penjajahan. Namun, tempat wisata pantai ini tidak seseram namanya. Banyak wisatawan yang tertarik dengan Pantai Pasetran Gondomayit. Bukan saja karena namanya yang seram maupun kemistisan tempatnya, pesona alam dan keindahan Tempat Wisata Pantai di Blitar ini'pun mengundang para wisatawan untuk menengoknya.
pantai gondomayit
Pantai Pasetran Gondomayit
Tempat Wisata Pantai Pasetran Gondomayit terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur Kecamatan Wonotirto Desa Tambak Rejo. Pantai ini juga disebut Pantai Pasir Putih. Untuk menuju ke lokasi, hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari kota Blitar dengan jalan beraspal yang berbelok-belok. Jika sedang beruntung (datang di pagi hari), maka tidak perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 6.000.

Untuk menuju ke Pantai Pasetran Gondomayit, dari Pantai Tambakrejo berjalan menyeberang sungai kecil yang mengalir ke laut lalu menaiki bukit untuk ke seberang. Jika tidak mau lelah, bisa menyewa perahu untuk menuju ke Pantai Pasetran Gondomayit, tapi jarang sekali ada pengunjung yang menyewa perahu karena berjalan menyeberangi bukit lebih mengasikkan. Treknya berupa tanah padat dan dikelilingi pepohonan dan perdu, cukup santai dan tidak melelahkan. Anda juga bisa mengikuti petunjuk arah ke kiri di pertigaan sebelum Pantai Tambakrejo untuk langsung menuju ke lokasi.

Di pertengahan bukit terlihat laut lepas, laut selatan. Perjalanan belum selesai, butuh naik satu tanjakan lagi untuk ke pos. Memang hanya ada 1 pos di puncak bukit, lebih tepatnya adalah sebuah gubuk kecil untuk beristirahat yang menyediakan makanan dan minuman ketika di hari libur.
pantai pasir putih gondomayit
Gubuk di Atas Bukit
Dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyeberangi bukit menuju tempat wisata ini. Jika musim hujan, jalan becek cukup menghambat perjalanan sehingga waktu menyusuri bukit lebih lama. Sampainya menuruni bukit, tampak Pantai Pasetran Gondomayit yang indah, luas dan ombak panjangnya yang bergemuruh menyapu pantai.
pantai gondomayit
Pantai dan Bukit Pasetran Gondomayit
Air laut di Pantai Gondomayit sangat bening, mengundang wisatawan untuk terjun menikmati sejuk air dan hempasan ombaknya. Bibir pantai yang tidak cukup dalam membuat bentuk ombak memanjang yang sangat indah. Pengunjung bisa terus berjalan menelusuri pantai ke arah bukit tebing yang di depan karena ada pantai dengan karang hijau di balik bukit. 

Di atas bukit ada sebuah pesanggrahan yang dibuat dan dipercaya masyarakat sekitar sebagai persinggahan Ratu Laut Kidul dan tempat inilah yang disebut Pasetran Gondomayit dan di sekitar area bukit inilah tercium bau mayat seperti nama pantainya.
Vidio Pantai Pasetran Gondomayit klik disini.
pasetran gondomayit
Pasetran Gondomayit
pantai gondomayit
Lokasi di Sebelah Bukit Gondomayit
Lebih baik sedia payung atau topi karena lokasi tempat wisata pantai Pasetran Gondomayit sangat panas ketika siang hari dengan minimnya pohon atau tempat untuk berteduh.  Kamar mandi umum sudah dibangun di sekitar pantai untuk fasilitas pengunjung. Jika hari libur ada warung di sekitar pantai yang menjual makanan dan minuman, jadi tidak perlu kawatir untuk menikmati salah satu Wisata Pantai di Blitar ini.

Baca Juga :
Pantai Umbul Waru - Pantai Selatan Berhias Air Terjun
Pantai Pangi - Pantai Sunyi Nan Romantis

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Gondomayit - Pesona Tersembunyi Blitar Selatan"

Post a Comment