Candi Borobudur, Candi Megah Mahakarya Abad 9 - Manusia Lembah

Candi Borobudur, Candi Megah Mahakarya Abad 9

Candi Borobudur. Siapa yang tidak mengenal Borobudur?, yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia?. Borobudur merupakan objek wisata berupa candi Budha terbesar di Indonesia sekaligus merupakan kuil dan monumen Budha terbesar di dunia. 

Keunikan dan sejarah yang menjadi daya tarik Candi Borobudur masih melekat di kalangan wisatawan. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena memiliki warisan sejarah yang luar biasa. Namun tahukah bahwa Candi Borobudur yang megah ini adalah sebuah mahakarya pada jamannya?.

candi borobudur

Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Letaknya 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km sebelah barat Surakarta, 40 km di barat laut Yogyakarta, 15 km ke arah selatan kota Magelang. Letak Candi Borobudur di atas Bukit Menoreh yang dikelilingi oleh gunung yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain untuk berziarah umat Budha, Borobudur menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri. Candi Borobudur menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat penganut Budha di Indonesia khususnya saat perayaan Waisak.

Sejarah Candi Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur cukup misterius karena pada abad ke 7, manusia belum mengenal perhitungan arsitektur yang tinggi tapi Candi Borobudur dibangun dengan perhitungan arsitektur yang canggih. Banyak ilmuwan yang meneliti pembangunan Borobudur namun belum ada yang berhasil mengungkap sejarah pembangunan Candi Borobudur.

Sejarah Candi Borobudur
Candi Borobudur Masa Lalu
Didasari oleh penemuan suatu tulisan singkat yang dipahatkan pada pigura asli relief kaki candi (Karwa Wibhangga), Candi Borobudur diperkirakan didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi saat pemerintahan wangsa Syailendra. Tulisan itu menggunakan huruf pallawa yang digunakan pada abad 8 M.

Sebuah Prasasti yang menceritakan sedikit tentang sejarah Borobudur. Bernama Prasasti Sri Kahulunan tahun 842 M menyebutkan "Kawulan i Bhumi Sambhara". Bhumi Sambhara diduga nama lain dari Borobudur dan merupakan tempat untuk pemujaan. Tahun 1365 M, kitab Negarakertagama juga sedikit menyebut kata "Budur".

Diduga Candi Borobudur dirancang oleh arsitek pada masa itu bernama Gunadarma dan pembangunannya selesai ketika Dinasti Syailendra dengan Rajanya Samaratungga memerintah. Abad 8 merupakan abad kejayaan Wangsa Syailendra yang merupakan Wangsa kerajaan Budha.

Ditemukannya candi-candi kecil di kaki dan lereng gunung yang mengitari Candi Borobudur, ditarik kesimpulan bahwa sejarah Candi Borobudur adalah dibangun oleh Wangsa Syailendra pada abad 8 M.

Candi Borobudur Warisan Dunia

Candi borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujursangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah Stupa utama sebagai puncaknya. Terdapat beberapa stupa yang terdapat patung Budha di setiap tingkatnya yang seluruhnya berjumlah 72. Bangunan megah ini dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.


bagian candi borobudur
Penampang Borobudur
Menikmati Candi Borobudur tidak hanya berjalan naik ke tingkat teratas dan menyusuri lorongnya, Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset membuat keindahan lebih terasa dan menciptakan perasaan damai.

Selain bangunan candi yang megah ada sebuah museum di Borobudur yang patut dikunjungi. Disebut Museum Karmawibhangga, ini merupakan museum arkeologi di sebelah utara Candi Borobudur.

Musium Karmawibhangga
Museum Karmawibhangga
Museum ini menampilkan gambar relief Candi Borobudur yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa balok batu yang terlepas dan temuan artefak arkeologi di sekitar Borobudur. Terdapat juga Museum Samudra Raksa yang menampilkan Kapak Borobudur. Wisatawan tidak dipungut biaya apapun karena sudah termasuk dalam harga tiket.

Dalam sebuah museum Borobudur ada tayangan video meletusnya Gunung Merapi tahun 2010 yang memporak porandakan Jogja termasuk Candi Borobudur. Selain itu di museum ada juga jas terbesar sekitar 10 meter lebih tingginya, ada juga manusia kerdil, barang-barang kuno, kapal, dan lain sebagainya.

Di sepanjang jalan menuju ke Candi Borobudur maupun jalan keluar area, akan melewati pasar-pasar yang menjual berbagai oleh-oleh khas Jawa Tengah dan juga aksesoris Candi Borobudur.

bioskop mini meletusnya gunung merapi
Bioskop Mini Video Meletusnya Merapi 2010
Selain Berkunjung ke Candi Borobudur, wisatawan pasti tidak akan menyayangkan untuk berkunjung ke Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sebagai tandingan Borobudur pada masanya.