Candi Borobudur - Sejarah Mahakarya Abad 9

loading...
loading...
Candi Borobudur. Siapa yang tidak mengenal Borobudur?, yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia?. Borobudur merupakan objek wisata berupa candi Budha terbesar di Indonesia sekaligus merupakan kuil dan monumen Budha terbesar di dunia. Keunikan dan sejarah yang menjadi daya tarik Candi Borobudur masih melekat di kalangan wisatawan. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena memiliki warisan sejarah yang luar biasa. Namun taukah bahwa Candi Borobudur yang megah ini adalah sebuah mahakarya pada jamannya?.
candi borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Letaknya 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km sebelah barat Surakarta, 40 km di barat laut Yogyakarta, 15 km ke arah selatan kota Magelang. Letak Candi Borobudur di atas Bukit Menoreh yang dikelilingi oleh gunung yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain untuk berziarah umat Budha, Borobudur menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri. Candi Borobudur menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat penganut Budha di Indonesia khususnya saat perayaan Waisak.


Sejarah Candi Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur cukup misterius karena pada abad ke 7, manusia belum mengenal perhitungan arsitektur yang tinggi tapi Candi Borobudur dibangun dengan perhitungan arsitektur yang canggih. Banyak ilmuwan yang meneliti pembangunan Borobudur namun belum ada yang berhasil mengungkap sejarah pembangunan Candi Borobudur.
Sejarah Candi Borobudur
Candi Borobudur Masa Lalu
Didasari oleh penemuan suatu tulisan singkat yang dipahatkan pada pigura asli relief kaki candi (Karwa Wibhangga), Candi Borobudur diperkirakan didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi saat pemerintahan wangsa Syailendra. Tulisan itu menggunakan huruf palawa yang digunakan pada abad 8 M.

Sebuah Prasasti yang menceritakan sedikit tentang sejarah Borobudur. Bernama Prasasti Sri Kahulunan tahun 842 M menyebutkan "Kawulan i Bhumi Sambhara". Bhumi Sambara diduga nama lain dari Borobudur dan merupakan tempat untuk pemujaan. Tahun 1365 M, kitab Negarakertagama juga sedikit menyebut kata "Budur".
Baca : Candi Prambanan - Sejarah dan Legenda yang Menakjubkan
Diduga Candi Borobudur dirancang oleh arsitek pada masa itu bernama Gunadharma dan pembangunannya selesai ketika Dinasti Syailendra dengan Rajanya Samaratungga memerintah. Abad 8 merupakan abad kejayaan Wangsa Syailendra yang merupakan Wangsa kerajaan Budha. Ditemukannya candi-candi kecil di kaki dan lereng gunung yang mengitari Candi Borobudur, ditarik kesimpulan bahwa sejarah Candi Borobudur adalah dibangun oleh Wangsa Syailendra pada abad 8 M.


Candi Borobudur Warisan Dunia

Candi borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujursangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah Stupa utama sebagai puncaknya. Terdapat beberapa stupa yang terdapat patung Budha di setiap tingkatnya yang seluruhnya berjumlah 72. Bangunan megah ini dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.
bagian candi borobudur
Penampang Borobudur
Tiket Candi Borobudur untuk wisatawan domestik Rp.25.000. Wisata Candi Borobudur dibuka pada pukul 06.00 - 17.00. Untuk masuk ke kawasan objek wisata, wisatawan diwajibkan memakai sarung batik yang sudah disediakan. Menikmati Candi Borobudur tidak hanya berjalan naik ke tingkat teratas dan menyusuri lorongnya, Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset membuat keindahan lebih terasa dan menciptakan perasaan damai.

Selain bangunan candi yang megah ada sebuah musium di Borobudur yang  patut dikunjungi. Disebut Musium Karmawibhangga, ini merupakan musium arkeologi di sebelah utara Candi Borobudur. Musium ini menampilkan gambar relief Candi Borobudur yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa balok batu yang terlepas dan temuan artefak arkeologi di sekitar Borobudur. Terdapat juga Museum Samudra Raksa yang menampilkan Kapak Borobudur. Wisatawan tidak dipungut biaya apapun karena sudah termasuk dalam harga tiket.
Musium Karmawibhangga
Musium Karmawibhangga
Dalam sebuah musium Borobudur ada tayangan vidio meletusnya Gunung Merapi tahun 2010 yang memorak porandakan Jogja termasuk Candi Borobudur. Selain itu di musium ada juga jas terbesar sekitar 10 meter lebih tingginya, ada juga manusia kerdil, barang-barang kuno, kapal, dan lain sebagainya. Di sepanjang jalan menuju ke Candi Borobudur maupun jalan keluar area, akan melewati pasar-pasar yang menjual berbagai oleh-oleh khas Jawa Tengah dan juga aksesoris Candi Borobudur.
bioskop mini meletusnya gunung merapi
Bioskop Mini Vidio Meletusnya Merapi 2010
Selain Berkunjung ke Candi Borobudur, wisatawan pasti tidak akan menyayangkan untuk berkunjung ke Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sebagai tandingan Borobudur pada masanya.



loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

6 Responses to "Candi Borobudur - Sejarah Mahakarya Abad 9"

  1. Replies
    1. saya jg heran,, belum ada sekolah bisa buat bangunan megah gitu gan :D

      Delete
  2. Perbedaan manusia jaman sekarang dan manusia jaman dulu: kalo orang jaman dulu sedikit ilmu tapi banyak bekerja keras, sedangkan manusia jaman sekarang banyak ilmu tapi sedikit kerja keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, orang jaman sekarang memang harus belajar dari orang jaman dulu... heheh :D

      Delete
  3. ane pernah denger klo candi borobudur tuh peninggalan nabi sulaiman, itu bener apa gk, gan ?

    ReplyDelete
  4. Indonesia memiliki Candi Borobudur yg termasuk 7 keajaiban dunia. Kita bangga sbg bangsa Indonesia yg sudah memiliki peradaban yg tinggi sejak masa lampau. Terima kasih untuk artikelnya, ini sangat bermanfaat dan kita jadi lebih mengetahui tentang candi Borobudur lbh mendalam.

    ReplyDelete